Ajak anak belajar bahasa asing sejak dini dengan 5 aktivitas ini

Jessica,
0
belajar bahasa asing

Menurut penelitian, masa-masa paling baik untuk belajar bahasa adalah di awal masa kanak-kanak, yakni sejak anak mulai dapat bicara hingga 11-12 tahun. Di usia ini, anak mulai mengembangkan kemampuan berbahasa seiring tumbuh dan berkembangnya otak. Karena itu, belajar bahasa asing di usia ini dapat dilakukan dengan lebih mudah. Tidak mengherankan pula jika semakin banyak sekolah yang menggunakan bahasa asing sebagai media pengajarannya.

Tertarik mengajak si buah hati belajar bahasa asing? Kini, dengan hadirnya internet dan berbagai sumber daya pembelajaran, Anda tidak perlu mengirim anak ke tempat kursus. Belajar bahasa asing di rumah juga dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas berikut ini. Tak hanya seru, dengan belajar bahasa asing di rumah, Anda dapat lebih mendekatkan diri pada anak dan bahkan ikut belajar kembali. Apa saja aktivitas menarik yang dapat dilakukan untuk belajar bahasa asing? Simak artikel berikut ini.

Mendongeng

belajar bahasa asing

pixabay.com

Dongeng sebelum tidur adalah salah satu kegiatan yang dapat mendekatkan Anda dengan anak. Anak juga akan lebih menyukai dongeng berbahasa asing yang di telinga mereka terdengar lebih menarik. Dongeng klasik seperti Cinderella dapat Anda temukan di internet, dan buku dongeng berbahasa asing pun dapat dibeli di toko buku terdekat.

Bermain peran

belajar bahasa asing

pixabay.com

Permainan peran disukai oleh anak karena permainan ini menuntut banyak interaksi dengan lawan main. Karena itu pula, permainan peran sangat cocok untuk belajar bahasa asing bersama anak. Ajak anak bermain sebagai penjaga toko, bajak laut, atau tokoh favoritnya dalam bahasa asing. Ia pasti akan sangat senang. Serunya lagi, permainan perang bisa jadi hanya memerlukan sedikit alat. Menggunakan mainan yang sudah ada di rumah pun bisa Anda lakukan, yang terpenting adalah imajinasi.

Membaca buku bersama

belajar bahasa asing

pixabay.com

Biasanya, anak mewarisi hobi dari orang tuanya. Karenanya, pastikan Anda mewariskan hobi yang positif, seperti membaca buku. Ajak anak memilih buku kesukaannya di toko buku selagi Anda memilih buku favorit untuk dibaca. Jadwalkan waktu membaca bersama di akhir pekan, dan diskusikan buku yang telah dibaca bersama-sama. Kebiasaan baik anak membaca buku dijamin akan terus ia bawa hingga anak beranjak dewasa.

Bermain kartu flashcard

belajar bahasa asing

pixabay.com

Kartu flashcard berisi kosa kata bahasa asing bisa didapatkan di toko buku terdekat, berikut panduan cara menggunakannya. Ajak anak bermain hapalan, dan pandulah ia menghapal kosa kata yang bisa jadi sulit. Jika Anda mengajarkan anak bahasa asing dengan tulisan non-Latin, seperti bahasa Arab atau Tiongkok, kartu ini merupakan opsi paling efektif untuk mengajarkan anak cara membaca. Setiap kartu biasanya berisi satu karakter atau kata, juga maknanya. Tak heran jika mahasiswa sastra asing sekalipun menggunakan flash card untuk belajar.

Membiasakan diri berbahasa asing

belajar bahasa asing

pixabay.com

Menyebut “mommy” dan “daddy” saja tidaklah cukup untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing anak. Anda harus berusaha menggunakan bahasa asing saat berkomunikasi dengan anak. Mungkin upaya Anda akan terdengar lucu karena Anda belum terbiasa berbahasa asing sehari-hari. Namun, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba sekarang juga. Siapa tahu, selain kemampuan bahasa asing anak yang meningkat, Anda pun mulai percaya diri berbahasa asing dalam berbagai kesempatan.

Berikut adalah tips-tips untuk membantu anak belajar bahasa asing. Tertarik mencoba salah satunya akhir minggu ini?

Be the first to write a comment.

Your feedback