Tidak Harus Ikut Kursus! Inilah 5 Cara Mudah Berbicara Bahasa Inggris

Jessica,
0
Berbicara Bahasa Inggris

Ada fakta yang perlu dipertanyakan tentang kemampuan berbicara Bahasa Inggris (speaking English) masyarakat Indonesia. Sadarkah Anda bahwa mayoritas orang Indonesia itu belajar Bahasa Inggris di sekolah selama 6-12 tahun (terhitung dari SD sampai SMA)? Namun, mengapa tak banyak orang Indonesia fasih berbicara Bahasa Inggris? Jawabannya tidak lain hanyalah kurang berlatih.

Selain itu, sebagian besar masyarakat Indonesia belajar Bahasa Inggris dengan cenderung teoretis dan kurang praktis. Padahal, bahasa adalah kebiasaan. Agar bahasa dapat menjadi kebiasaan, maka perlu diasah terus menerus.  Maka dari itu, kami bagikan beberapa tips praktis lancar berbicara Bahasa Inggris bahkan tanpa perlu ikut kursus.

1. Berbicaralah pada Diri Sendiri (Talk to Yourself)

Berbicara Bahasa Inggris

pixabay.com

Mungkin sebagian dari Anda menganggap trik ini sebagai hal yang abnormal. Namun, tahukah Anda, ternyata berlatih dengan diri sendiri merupakan cara efektif menguasai speaking english. Misalnya, Anda sedang kepanasan dan Anda lakukan talk to yourself  Oh my god, this is so hot, I need a glass of ice tea”. “The building is so awesome, I hope that one day I could work there“. Cara ini akan membiasakan diri anda untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

2. Belajarlah dari Kesalahan

Tidak Harus Ikut Kursus! Inilah 5 Cara Mudah Berbicara Bahasa Inggris

pixabay.com

Karena status Bahasa Inggris di Indonesia adalah sebagai bahasa asing, maka wajar jika banyak orang Indonesia yang melakukan kesalahan. Mungkin ketika Anda melakukan kesalahan berbahasa Inggris, Anda akan merasa malu jika dikoreksi. Contohnya Anda melafalkan peace atau piece dengan pelafalan yang sama. Memang salah, tapi bukan jadi masalah. Dari kesalahan tersebut, Anda bisa secara bertahap memperbaiki level speaking english Anda.

3. Imitasi (Meniru)

 Berbicara Bahasa Inggris

pixabay.com

Belajar bahasa tidaklah sama seperti belajar matematika. Anda bisa meniru bagaimana bule melafalkan kata demi kata dalam Bahasa Inggris. Anda juga bisa melihat film barat yang notabene berbahasa Inggris dengan subtitle Inggris juga. Dari situ, Anda belajar cara melafalkan kata dalam Bahasa Inggris dengan benar. Selain itu, Anda bisa melihat beragam video belajar Bahasa Inggris di internet yang tentunya akan meningkatkan kemampuan Anda.

Dari proses imitasi ini, Anda juga akan sekaligus belajar grammar. Mengapa? Karena Anda akan mengetahui pola kalimat dalam Bahasa Inggris. Hal ini tentunya dapat terjadi apabila Anda sering mendengarkan pembicaraan dalam Bahasa Inggris. Contoh ada kalimat present tenseI have a number of books” (saya memiliki banyak buku). Anda bisa mengganti subject atau objectnya dengan susunan kalimat yang sama menjadi “We have a number of pens” (kami memiliki banyak pena).

4. Pelajari Istilah Bahasa Inggris dari Benda-Benda Terdekat Anda

Berbicara Bahasa Inggris

pixabay.com

Ketika Anda belajar Bahasa Inggris di sekolah maupun tempat kursus, pasti ada sesi guru mengajak murid untuk menghafalkan istilah Bahasa Inggris dari benda-benda sekitar. Nah, di sini kami juga merekomendasikan Anda untuk mengikuti kiat tersebut. Anda bisa menghafalkan  istilah  kipas angin, sabun, panci, wajan, meja, dan sebagainya. Cara ini akan memperkaya kosakata Anda dalam Bahasa Inggris.

5. Pergi ke Luar Negeri

Berbicara Bahasa Inggris

pixabay.com

Jika Anda ingin lebih fasih, cobalah berkunjung atau tinggal di tempat yang mewajibkan Anda berbicara Bahasa Inggris. Anda bisa pergi ke luar negeri. Tidak perlu terlalu jauh, cukup pergi ke negara tetangga Indonesia yang mayoritas penduduknya berbahasa Inggris, contohnya Singapura. Ketika Anda di Singapura, mau tidak mau Anda harus berbicara Bahasa Inggris. Kalau tidak begitu, tidak akan ada yg memahami ucapan Anda.

Intensitas belajar itu lebih baik daripada lamanya belajar. Maka dari itu, luangkan waktu setidaknya satu sampai dua jam sehari untuk melatih keterampilan Bahasa Inggris Anda.

Be the first to write a comment.

Your feedback