Jurus Jitu Membuat Anak Suka Membaca Buku

Jessica,
0
Source - pixabay

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat memberikan banyak perubahan di berbagai sisi kehidupan. Salah satu contoh nyata, kemudahan menonton video atau memainkan game di dunia maya sedikit banyak memberikan dampak pada minat baca anak terhadap buku. Padahal, setiap orang tua tentu menginginkan anaknya suka membaca dan menjadi anak yang pintar. Lalu bagaimanakah cara agar anak suka membaca di tengah era modern saat ini? Berikut tipsnya.

Jadikan Membaca menjadi Aktivitas yang Menyenangkan

Source - pixabay

Source – pixabay

Membaca merupakan aktivitas yang sangat penting untuk persiapan anak dalam memasuki usia sekolah. Agar si kecil menyukai aktivitas membaca, jadikan waktu membaca sebagai saat yang menyenangkan.

Saat anak Anda masih balita, Anda bisa duduk membacakan cerita yang disukainya dalam suasana yang hangat. Setelah selesai membaca, sebaiknya tanyakan kepada anak bagaimana kesan atau pendapatnya terhadap buku atau cerita yang baru saja dibaca. Jika aktivitas membaca menjadi kebiasaan yang menyenangkan, kelak si kecil akan menyukai aktivitas membaca dengan sendirinya.

Lakukan Kegiatan Membaca secara Teratur

Agar si kecil memiliki kebiasaan membaca yang baik nantinya, Anda perlu melatihnya sejak dini. Biasakan membaca buku di waktu-waktu tertentu, misalkan sebelum tidur. Durasinya tidak perlu lama, cukup 10 hingga 15 menit. Namun, Anda perlu melakukannya secara teratur untuk menanamkan kecintaan membaca pada anak.

Gunakan Alat Peraga saat Membaca

Source - vestudio

Source – vestudio

Anak menyukai aktivitas yang mengasyikkan, seru, dan tidak membosankan. Agar anak tidak bosan saat membaca, Anda bisa menggunakan alat peraga dalam menyampaikan cerita. Hal ini dapat membangkitkan imajinasi anak sekaligus menjadikan kegiatan membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Pilih Buku yang sesuai dengan Usia Anak

Dalam memilih buku, sesuaikan dengan usia anak. Anda sebaiknya menghindari jenis buku yang belum sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Memberikan buku atau membacakan cerita yang terlalu berat terhadap anak dapat membuat anak bingung dan enggan dengan aktivitas membaca.

Orang Tua ikut Terlibat dalam Kegiatan Membaca

Source - alodokter

Source – alodokter

Saat anak sudah mulai bisa membaca, orang tua sebaiknya tetap ikut serta dalam kegiatan membaca. Hal ini akan membuat anak merasa senang dengan kehadiran Anda. Setelah seharian sibuk bekerja, waktu membaca juga bisa menjadi waktu kebersamaan Anda dengan si buah hati.

Jangan Memaksa Anak untuk Membaca

Jangan sekali-kali memaksa anak untuk membaca, apalagi membentaknya. Hal ini dapat menimbulkan trauma dan menyebabkan anak menjadi benci terhadap aktivitas membaca. Untuk anak yang sulit diajak membaca, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan anak buku yang disukainya, menyediakan tempat membaca yang nyaman, dan temani aktivitasnya

Berikan Hadiah Buku

Source - pixabay

Source – pixabay

Jika biasanya Anda memberikan si kecil hadiah berupa mainan, cokelat, atau boneka, sesekali berikan dia hadiah sebuah buku. Hal ini dapat memberikan wawasan pada anak bahwa buku merupakan hal yang istimewa sehingga dia sedikit demi sedikit akan belajar menyukai buku dan aktivitas membaca.

Ajak Membaca Ebook

Tidak bisa dimungkiri, anak-anak zaman sekarang sudah sangat familier dengan penggunaan gadget. Terkadang gadget ini pula yang menjadikan anak menjadi malas membaca.

Anda bisa memanfaatkan gadget untuk membuat anak suka membaca dengan mengunduh aplikasi buku digital atau mengunduh ebook agar bisa dibaca oleh anak Anda. Dengan demikian, si anak akan mendapatkan kesan bahwa membaca merupakan aktivitas yang keren dan tidak kuno. Tentu saja hal ini akan berdampak pada kecintaannya terhadap kegiatan membaca.

Jelaskan Pentingnya Membaca

Source - pixabay

Source – pixabay

Hal yang tidak kalah penting untuk membuat anak suka membaca adalah memberikan pengertian bahwa membaca sangat penting bagi masa depannya. Dengan mengerti pentingnya kegiatan membaca, maka anak akan mau membaca tanpa perlu dipaksa.

Bagaimana, membuat anak suka membaca ternyata cukup mudah kan? Mari membiasakan membaca pada anak sejak dini.

Be the first to write a comment.

Your feedback