Ternyata Ini Penyebab Kulit Kering Pada Bayi

Vana Vana,
0
Kulit Bayi Kering

Bercak putih di tubuh bayi terkadang menjadi salah satu tanda bahwa bayi kita mengalami kulit kering, bayi seringkali menghadapi kondisi ini, terutama di wajah karena kulit-nya lebih sensitive daripada orang dewasa.

Kondisi tersebut sering terjadi karena ada berbagai faktor, beberapa di antaranya merupakan bentuk penyesuaian diri dengan lingkungan di luar rahim si ibu sebelum si bayi lahir, reaksi terhadap alergen dalam produk atau pakaian, atau juga masalah kesehatan.

Namun, alangkah baiknya jika Anda mengetahui penyebab kulit kering pada bayi juga agar Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan cara yang tepat, dan berikut adalah beberapa penyebab kulit kering pada bayi:

  • Terkena Air Berlebih

Saat anak Anda mandi terlalu lama, kandungan minyak alami di kulit akan menjadi kurang, terutama bila dimandikan memakai air hangat, risiko kulit kering dan mengelupas tentu saja bisa lebih tinggi.

Untuk itu, hindari penggunaan sabun yang kandungannya terlalu keras dan kuat, karena tentu saja bisa membuat kulit yang akan semakin kering, batasilah waktu mandi bayi paling lama 15 menit.

Setelah itu, perhatikan handuk yang sering dipakai untuk mengeringkan tubuh bayi, keringkan kulit bayi dengan menepuk lembut wajah mereka dengan handuk yang halus, hindari menggosok dengan handuk agar tidak ada gesekan dan meminimalkan risiko kulit mengelupas.

Setelah mandi, gunakan pelembab kulit agar tidak kering, parents juga bisa mengondisikan kondisi kulit si kecil sedang kering.

 

  • Kondisi Normal Bayi Baru Lahir

Ketika bayi baru lahir, normal terjadi bila kulit bayi baru lahir terlihat kering dan terkelupas, kondisi ini tentu saja bisa terjadi selama satu atau dua minggu setelah lahir.

Di dalam rahim, lapisan vernix yang bentuknya seperti lilin menutupi kulit janin, hal tersebut merupakan mekanisme alami untuk melindunginya dari cairan ketuban, justru membiarkan lapisan kulit tersebut berada di kulit bayi agar bayi bisa beradaptasi.

Tetapi, bayi premature sering memiliki vernix yang tentu saja lebih sedikit dibandingkan bayi normal, dan bila si kulit kecil kering dan mengelupas karena ini, jangan khawatir karena dokter biasanya tidak memberikan saran untuk perawatan khusus karena hal tersebut akan hilang dengan sendirinya.

 

  • Memakai Lotion Berbahan Alkohol

Menggunakan lotion untuk membuat kulit lembap tentu saja sangat penting namun Anda harus tetap memperhatikan kandungan yang ada ya, baca label kemasan sebelum membeli dan perhatikan dengan jelas cara memakai lotion tersebut.

Hindari membeli lotion bayi yang tentu saja memiliki kandungan alkohol, bahan satu tersebut bisa membuat kulit kering dan tentu saja akan membuat kulit si kecil kehilangan kelembapan secara perlahan.

 

  • Dehidrasi

Salah satu penyebab yang wajib diwaspadai untuk setiap orang tua adalah kondisi dehidrasi pada bayi, apalagi ketika bayi tersebut baru lahir, dehidrasi ini lebih rentan terjadi ketika bayi ada di dalam maupun di luar rumah, dan pastikan si kecil mendapatkan ASI yang cukup sesuai anjuran maupun memakai pelembab yang tepat.

 

  • Eksim

Bila si kecil mulai merasakan gatal dengan kondisi kulit kering, Anda bisa mewaspadai eksim, para ahli sejauh ini belum benar-benar bisa menyampaikan alasan mengapa kondisi eksim bisa terjadi pada bayi, tetapi pada beberapa kasus,  bisa dikarenakan kondisi dermatitis atopic.

 

  • Ichthyosis

Menurut penlitian di Amerika, ada lebih dari 20 jenis ichthyosis yang bisa membuat kulit mengelupas dan kering pada bayi, kondisi tersebut akan lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak.

Kondisi tersebut ditAndai dengan kondisi kulit yang bersisik dengan parah, dan Anda bisa mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter jika anak Anda mengalami kondisi tersebut.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback