Belajar Coding Sejak Dini?

Charles,
0
Belajar Coding Sejak Dini

Di era seperti ini, anak-anak mana yang tidak kenal dengan gadget, handphone, komputer, maupun laptop. Hal ini memang menjadi hal yang lumrah, dimana di saat seperti ini, semua hal selalu berhubungan tentang teknologi, dan itu yang membuat sangat penting bagi kita sebagai orang tua untuk mengajar anak kita mengenai hal hal tersebut, dan tidak ada salahnya bagi orang tua untuk membiarkan anak mereka belajar coding.

Coding sendiri sempat dibahas oleh CEO Apple, Tim Cook yang mengatakan saat ini memang sangat diperlukan pembelajaran membuat program untuk komputer sejak dini.

Karena di masa yang akan mendatang, programming tentu saja dibutuhkan di seluruh dunia, termasuk negara Indonesia dimana kita sedang menuju ke industri 4.0.

Tetapi sebagai orang tua terkadang kita terpikir apakah perlu anak kita ajarkan koding sejak anak kita masih kecil, anak-anak sendiri sebenarnya memang perlu belajar dari kecil, untuk mengetahui dasar-dasar dan hal hal logika lainnya yang membuat mereka terbiasa dengan komputer, teknologi dan tentu juga bahasa tentang program tersebut.

Selain bisa mengajari anak tentang menjadi programmer, hal lain yang tentu saja akan berguna adalah dimana anak anda akan terbiasa mengenai komputer, hal itu juga tentu saja akan membuat anak anda akan siap ketika diri mereka harus memakai komputer maupun gadget yang ada pada mereka.

Lagipula sejauh ini tidak ada batasan untuk belajar coding dimana tentu saja setiap tempat les maupun di sekolah tentu akan menyesuaikan dengan umur anak-anak. Coding sendiri sudah mulai diajarkan di sekolah dasar, dan itu akan membuat anak anda akan mudah mengerti ketika hal tersebut sudah ada di sekolah anak anda, untuk belajar coding sendiri tidak ada syarat khusus, terutama ketika anak anda sudah bisa membaca, memiliki minat dengan games, dan juga sudah mengerti mengenai gadget, maka anak anda sudah bisa mulai belajar untuk coding, dan anda sendiri tidak perlu risau jika anak anda tidak pandai matematika untuk bisa belajar, karena tentu saja semua hal tersebut akan dia dapatkan secara bertahap seiring dengan pelajaran yang dirinya ambil.

Selain untuk menyiapkan persiapan anak anda bisa menjadi programmer, ternyata ada manfaat lain mengenai coding, manfaat seperti mengasah kreativitas si anak dimana anak akan mencoba membuat suatu aplikasi maupun games yang dirinya akan buat sendiri, dan tentu saja anak anda akan membuat aplikasi tersebut menjadi karya yang kreatif dan juga inovatif sesuai dengan sisi kreativitas anak anda.

Selain itu, ada juga yang bisa menjadi pemecah masalah, tentu saja setiap aplikasi yang dibuat oleh anak anda mungkin memiliki masalah ataupun permasalahan dan hal itu akan membuat anak anda harus memecahkan sendiri masalah yang mereka dapatkan, dan tentu saja manfaat lainnya adalah anak anda akan terbiasa memakai teknologi.

Teknologi yang anak anda pakai tentu saja akan mengikuti perkembangan zaman dimana setiap ada hal terbaru maka anak anda juga akan mengetahuinya, dan tentu hal itu akan menjadi nilai plus bagi anak anda dan juga anda sebagai orang tua karena tidak perlu mengajari anak anda agar terbiasa dengan teknologi yang selalu menjadi hal yang baru.

Yang perlu di ingat oleh setiap orang tua, bahasa program ataupun coding saat ini tentu saja menjadi salah satu hal yang menjadi nilai tambah bagi anak anda untuk dapat bersaing di era industri 4.0 nantinya, karena pada era tersebut, penggunaan teknologi secara digital di segala sektor akan menggunakan teknologi, hal itu juga sudah mulai terlihat dari sekarang dimana saat ini sudah banyak merchant maupun tempat yang sudah memakai cashless dan lebih menghindar dari uang tunai, dan juga selain itu akan membuat anak anda berpikir secara logis dan juga sistematis, tentu saja hal itu akan membuat anak-anak menjadi lebih kreatif.

Saat ini, coding sendiri memang menjadi salah satu pekerjaan yang cukup dicari, dan tidak ada salahnya bagi anda untuk mempersiapkan anak anda agar dapat bersiap menghadapi industri 4.0, terutama apabila anak anda sudah mulai senang dengan teknologi, gadget, maupun segala sesuatu yang berhubungan tentang internet, karena itu bisa menjadi nilai plus untuk anda agar dengan mudah mengajarkan berbagai hal baru kepada anak anda, itu untuk menjadi bekal nantinya untuk anak anda, karena anak anda juga mendapatkan soft skills yang bisa menjadi salah satu proses tumbuh kembang anak anda nantinya di kemudian hari.

Anda sendiri saat ini sudah bisa belajar coding tersebut secara online maupun offline, jika anda berada di daerah Tangerang, maka anda juga bisa mencoba tempat les di Binary Kiddo yang berada di Gedung Educenter, dan jika anda di luar daerah Tangerang, anda juga tetap bisa les di Binary Kiddo secara online, mungkin hal tersebut lebih mudah jika anda berada di luar Tangerang dan ingin mengajarkan anak anda coding di tempat yang tepat dan tentu saja terbaik di bidang-nya.

Be the first to write a comment.

Your feedback