5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Luar Kota

Jessica,
0
Kuliah di Luar Kota

Tanpa terasa masa-masa SMA terlewati sudah. Sebagian dari teman-temanmu mungkin melanjutkan kuliah di luar kota maupun di dalam kota. Bagi sebagian orang, kuliah di perantauan menjadi salah satu impian bagi pelajar SMA karena kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dengan bertualang ke kota baru.

Kuliah di luar kota memang terdengar menyenangkan, apalagi bila diterima di perguruan tinggi favorit. Tetapi ada pula yang menganggap kuliah di luar kota itu menyeramkan karena kamu harus bisa mengurus dirimu sendiri. Tak hanya jauh dari keluarga, namun juga jauh dari teman-teman dekatmu sewaktu sekolah dulu.

Tapi ternyata ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum kuliah di luar kota, lho. Apa saja itu? Nah, Berikut ini akan dipaparkan tentang hal-hal yang harus diketahui sebelum kamu menjadi anak rantau.

Kamu Akan Merindukan Rumah

Kuliah di Luar Kota

pixabay.com

Bila kamu kuliah di luar kota, tentu kamu akan jauh dari rumah dan keluargamu. Meskipun terkadang kamu bertengkar dan merasa sebal kepada orang tua, kakak, ataupun adik, namun pada saat kamu merantau inilah kamu akan merindukan keberadaan mereka.

Seiring berkembangnya teknologi, kamu bisa memanfaatkan fitur video call untuk menghubungi keluarga di rumah dan mengobati rasa rindu kepada mereka. Jika video call belum juga mengatasi kangen, sempatkanlah waktu ketika libur panjang atau long weekend untuk pulang ke rumah.

Kamu Akan Belajar Mengelola Keuangan

Kuliah di Luar Kota

pixabay.com

Ketika memutuskan untuk kuliah di luar kota, maka kamu harus mulai belajar mengatur keuanganmu sendiri. Setiap awal atau akhir bulan, orangtuamu akan mengirimkan sejumlah uang untuk keperluan kuliah maupun keperluan sehari-hari.

Bagaimana caranya supaya uang yang diberikan orangtua tersebut tidak habis sebelum waktunya? Salah satu kuncinya adalah usahakan untuk tidak boros. Kamu harus mengurangi kebiasaan jalan-jalan ke mall untuk belanja, makan atau nonton karena harus punya uang simpanan untuk membayar kos atau keperluan sehari-hari seperti membeli sabun atau sampo. Apakah kamu sanggup?

Kamu Akan Belajar Mandiri dan Bertanggung Jawab

Kuliah di Luar Kota

pixabay.com

Menjadi anak rantau di kota lain tentunya mengharuskan kamu untuk menjadi seorang yang lebih mandiri dan bertanggung jawab karena kamu jauh dari orangtua. Jadi kamu harus bisa mengandalkan dirimu sendiri untuk melakukan segala-galanya.

Misalnya saja ketika kamu sedang ada permasalahan sehari-hari, kamu harus berusaha menyelesaikan permasalahanmu sendiri secara mandiri. Jika kamu kesulitan, kamu tetap dapat minta tolong atau bercerita kepada orangtuamu. Tetapi ingat, jangan merepotkan orang lain.

Mungkin Kamu Akan Mengalami Gegar Budaya

Kuliah di Luar Kota

pixabay.com

Meskipun masih dalam satu negara, kamu akan tetap mengalami yang namanya culture shock atau gegar budaya. Mengapa demikian? Sebab akan ada beberapa perbedaan menyangkut budaya maupun kebiasaan masyarakat di sana yang berbeda dengan orang-orang di kota asalmu. Nah, yang dapat kamu lakukan adalah beradaptasi dan saling menghargai. Lambat laun jika sudah tinggal agak lama di sana, kamu juga akan mulai terbiasa dengan budaya maupun kebiasaan mereka.

Kamu Akan Banyak Menjelajahi Tempat Baru

Kuliah di Luar Kota

pixabay.com

Bisa dikatakan bahwa ini merupakan hal terbaik ketika memutuskan untuk kuliah di luar kota, terutama bila kamu seorang yang berjiwa petualang. Sebab, kamu akan banyak menemukan tempat-tempat menarik seperti objek wisata, museum, dan sebagainya yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Seolah kamu sedang pergi berlibur namun dalam waktu yang lama. Betul, tidak?

Awalnya mungkin terasa sulit saat kamu harus meninggalkan rumah dan teman-teman terdekat untuk melanjutkan kuliah di luar kota. Tapi jika keputusanmu sudah bulat, jangan menyerah kepada keadaan. Kamu pasti bisa menjadi anak rantau yang mandiri.

Sewaktu lulus nanti, kamu akan menyadari betapa menyenangkannya berkuliah di luar kota karena akan selalu ada pengalaman menarik yang mewarnai hari-harimu.

Be the first to write a comment.

Your feedback