Ini Tips Memilih Tempat Kursus untuk Anak

Ris,
0
tips-memilih-tempat-kursus-untuk-anak-educenter

 

Kursus biasanya dibutuhkan oleh anak-anak yang kerap tertinggal mengikuti pelajaran di sekolah. Di samping itu, ada pula kelas tambahan untuk keterampilan anak yang tidak bisa didapatkan di sekolahnya. Meskipun tempat kursus merupakan lembaga pendidikan sekunder, Anda sebagai orangtua tidak boleh sembarangan memilih untuk anak. Salah-salah malah anak merasa tertekan dan uang yang dikeluarkan malah menjadi sia-sia.

Ini dia tips memilih tempat kursus yang tepat untuk anak!

 

Tidak terbuai harga murah

 

Ada banyak tempat kursus yang mengumbar promo harga murah. Tapi, apakah kualitasnya terjamin dan benar-benar sepadan dengan harga tersebut? Atau malah harga murah tersebut hanya jebakan semata?

 

Lokasi yang strategis

 

Via Pixabay

 

Pada umumnya anak-anak mengikuti kursus 1-3 hari seminggu. Pastikan lokasinya strategis. Dengan demikian anak-anak tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga percuma untuk pulang-pergi. Terlalu lama di jalan hanya akan membuat anak kelelahan dan tidak bisa konsentrasi belajar.

Lokasi tempat kursus yang strategis bukan hanya dekat dari rumah. Tapi juga memiliki banyak akses jalan alternatif, bebas macet, bebas banjir, dan memiliki akses transportasi umum.

 

Cermati reputasi dan kredibilitas

 

Sama halnya seperti saat Anda memilih sekolah untuk anak. Memilih tempat kursus juga perlu pertimbangan terkait reputasi dan kredibilitas. Cermati kedua hal ini dari pendapat orangtua murid yang lain, serta testimonial yang tersebar di dunia maya. Tempat kursus yang memiliki reputasi dan kredibilitas baik akan mengutamakan kualitas pendidikan para muridnya. Anda juga bisa melihat kedua hal ini dari banyaknya jumlah murid dan cabang yang tersebar di banyak tempat.

 

Ketahui metode pembelajaran dan uji coba

 

Biasanya tempat kursus pelajaran sekolah, menggunakan metode pembelajaran yang sedikit berbeda. Baik itu dari segi belajar mengajar atau metode memecahkan suatu soal. Ketahui metode pembelajaran tersebut dan pertimbangkan apakah sesuai dengan kebutuhan dan minat anak.

Beberapa tempat kursus juga menawarkan program uji coba gratis yang sangat sayang untuk dilewatkan. Gunakan penawaran tersebut untuk menilai apakah tempat kursus tersebut berkualitas dan tepat untuk anak Anda.

Pertimbangkan juga jumlah murid dalam satu kelas. Semakin sedikit jumlahnya, anak semakin mudah berkonsentrasi dan bertanya kepada guru.

 

Kompetensi para guru

 

Via Pixabay

 

Kompetensi para guru dapat dilihat dari pengalaman dan prestasi yang dimilikinya. Misalnya untuk tempat kursus bahasa asing, akan lebih baik jika pengajar memiliki sertifikasi bahasa atau malah merupakan seorang native speaker.

Misalnya lagi untuk tempat kursus menari atau ballet, apakah sang guru sudah lama berkecimpung di bidangnya? Apakah kerap mengikuti lomba dan menang? Lalu, bagaimana prestasi anak didiknya?

 

Orangtua juga dilibatkan

 

Tujuan orangtua mengikutkan anak pada sebuah lembaga kursus tentunya untuk mendapatkan peningkatan prestasi anak. Pilihlah tempat kursus yang turut melibatkan orangtua dalam prosesnya. Dalam artian, orangtua mendapatkan report terkait perkembangan anak.

Melalui report ini, orangtua kemudian bisa menilai apakah tempat kursus ini memiliki pengaruh baik bagi anak. Lalu, orangtua dapat memahami kebutuhan anak termasuk arah bakat dan minat mereka.

 

Fasilitas mumpuni

 

Di era serba teknologi, sudah sepantasnya kalau tempat kursus juga menerapkan teknologi untuk memudahkan kegiatan belajar. Misalnya saja menyediakan akses report secara online, pembelajaran online, pembagian materi yang praktis.

 

Keamanan dan kenyamanan

 

Berikutnya ada faktor eksternal, yakni keamanan dan kenyamanan. Sebuah tempat kursus harus aman sehingga orangtua bisa meninggalkan anaknya belajar dengan hati tenang. Kondisi ruangan juga wajib nyaman agar anak lebih konsentrasi saat belajar.

Aspek keamanan dan kenyamanan ini dapat Anda temukan di tempat-tempat kursus yang ada di Gedung EduCenter. Lokasinya berada di BSD City dengan keamanan dan fasilitas yang lengkap. Beberapa tenant edukasi yang ada di EduCenter diantaranya KUMON (kursus matematika dan bahasa Inggris), Flamingo Studio (Les Ballet, Dance, Musical Theatre), Calculus (bimbel SD, SMP, SMA, TOEFL, IELTS), Apple Tree Pre-school, UIC College (kuliah jurusan IT, graphic design, sound design, fashion design), FlyBest Flight Academy (sekolah penerbangan), dan lainnya. Sambil menunggu, orangtua bisa mampir ke cafe / food court atau sekedar menikmati treatment di dental atau salon.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease