Bisa Jadi Inspirasimu, Ini 5 Rahasia Sukses Bos Amazon Jeff Bezos

Jessica,
0
Rahasia Sukses Bos Amazon

Kesuksesan Jeff Bezos membangun Amazon sebagai perusahaan retail terbesar di dunia patut jadi inspirasi siapa pun. Alih-alih merasa puas dengan kariernya di Wall Street, lulusan Universitas Princeton ini malah memilih untuk membangun bisnisnya sendiri. Meski awalnya tidak mudah, kini Amazon berhasil merajai pasar e-commerce dunia. Nah, berikut adalah rahasia sukses bos Amazon yang patut Anda ketahui.

Jangan Mengesampingkan Passion Anda

Rahasia Sukses Bos Amazon

flickr.com

Rahasia sukses bos Amazon yang pertama adalah Bezos tidak pernah mengesampingkan passion-nya. Menurut pandangannya, kebanyakan wirausahawan muda hanya mengedepankan intelektual dan malah mengesampingkan passion mereka. Alhasil, para wirausahawan muda pun sering kesulitan atau butuh waktu lama untuk menemukan ide bisnis yang sangat menarik dan mampu memotivasi mereka.

Oleh karena itu, Bezos menyarankan kepada para wirausahawan muda untuk berpikir layaknya anak-anak jika terkait dengan passion. Anak-anak, menurut Bezos, sangat pandai dalam menemukan gairah hidup mereka. Bezos sendiri selalu menerapkan konsep berpikir ini karena itu dapat membantunya untuk meningkatkan kreativitas di tempat kerja dan juga membuat hidupnya terasa lebih menyenangkan.

Jadilah Panutan Bagi Pesaing Anda

Rahasia Sukses Bos Amazon

flickr.com

Menjadi pribadi yang memberi efek positif bagi orang lain merupakan rahasia sukses bos Amazon. “Pelajaran yang dipetik adalah, ketika kita terus-menerus jadi panutan bagi orang lain (pesaing), saat itulah Anda tahu telah melakukan sesuatu yang benar,” kata Bezos dalam sebuah wawancara dengan Four Peaks, sebuah acara bincang interaktif yang diadakan oleh Universitas Washington.

Dalam wawancara tersebut, pria kelahiran 12 Januari 1964 ini juga menyampaikan bahwa fokus Amazon selalu pada kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, raksasa e-commerce ini terus bereksperimen untuk menemukan apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan mereka.

Jangan Mengikuti Tren

Rahasia Sukses Bos Amazon

wikipedia.org

Bezos memiliki sebuah prinsip yang membuatnya berhasil sampai di posisi sekarang. Menurut pria yang pernah bekerja sebagai analis keuangan tersebut, seorang wirausahawan tidak boleh mengikuti tren. Ini tentunya adalah salah satu rahasia bos Amazon yang patut Anda cermati.

Jadi, ketika Anda tertarik untuk membangun sebuah startup, hindari terbawa tren yang dilakukan semua orang pada saat itu. Sebaliknya, menurut Bezos, seseorang harus membuat sesuatu yang sangat berbeda dan benar-benar menarik minatnya. Dengan begitu, Anda akan memiliki nilai lebih di mata para pelanggan.

Jadilah Berani dan Jangan Takut Gagal

Rahasia Sukses Bos Amazon

flickr.com

Rahasia sukses bos Amazon juga bersumber pada sikap Bezos yang berani mengambil tantangan dan tidak pernah takut gagal. Saat diwawancarai oleh Business Insider, pria yang mendirikan Amazon pada tahun 1994 itu mengatakan bahwa semua perusahaan harus berani mengambil risiko.

Bezos juga menyarankan agar para pengusaha terus-menerus bereksperimen dan mau menerima kegagalan dengan hati yang lapang. Pola pikir inilah yang bikin Bezos berani mengakuisisi maskapai Blue Origin dan perusahaan media Washington Post. Taruhan berani itu kini membuat kedua bisnis tersebut lahir sebagai perusahaan bernilai multi-miliar dolar.

Temukan Keseimbangan dalam Bekerja

Rahasia Sukses Bos Amazon

flickr.com

Rahasia sukses bos Amazon yang selanjutnya adalah bagaimana menemukan suatu keseimbangan dalam bekerja. Untuk menemukan keseimbangan tersebut, suami dari MacKenzie Bezos ini selalu berusaha untuk menemukan makna, sisi menarik, dan manfaat dari apa yang dikerjakannya.

Menemukan sebuah makna dari suatu pekerjaan sangat penting bagi Bezos karena itu dapat membantu seseorang menjadi atasan yang lebih baik. Selain itu, pola pikir ini juga membuat seseorang selalu pulang kerja dengan hati gembira.

Meraih kesuksesan tentu tidak mudah, tetapi mempertahankannya akan jauh lebih sulit. Jadi, semoga ulasan tentang rahasia sukses bos Amazon ini bisa memberi inspirasi untuk Anda!

Be the first to write a comment.

Your feedback