Yuk, Ajarkan Disiplin pada Anak Sejak Dini

0
34
Disiplin
Disiplin

Semua orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh dengan baik. Nah, salah satu ciri anak yang tumbuh baik yaitu menunjukkan sikap disiplin tinggi. Memiliki kemampuan kontrol diri yang tinggi akan membuat seseorang bijak dalam bertindak, termasuk anak-anak.

Mengajarkan disiplin pada anak memang gampang-gampang susah. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena sikap tersebut dapat diajarkan dengan cara yang sederhana. Yuk, lakukan 5 cara berikut ini untuk mengajarkan anak agar disiplin sejak dini.

  1. Mulai dari Hari Kecil

Batita
Batita – Pixabay

Salah satu cara mengajarkan disiplin pada anak adalah mulai memberikan tanggung jawab yang mudah dan sederhana untuk dilakukan hingga mereka berhasil melakukannya. Selanjutnya, Anda bisa mencoba hal lain dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

  1. Membuat Aturan dengan Jelas

Aturan untuk Anak
Aturan untuk Anak – Pixabay

Buatlah peraturan yang jelas saat berusaha mengajarkan disiplin pada anak. Saat si kecil melakukan kesalahan, Anda bisa langsung memperingatkannya. Beda halnya jika tidak ada peraturan jelas, anak tidak akan mengetahui hal-hal keliru yang dilakukannya.

  1. Menunjukkan Sikap Positif

Sikap Positif
Sikap Positif – Pixabay

Bunda, ingatlah bahwa mengkritik anak adalah kegiatan yang akan membuang-buang waktu. Sebab, hal tersebut dapat membuat kepercayaan diri mereka menjadi luntur. Sebaliknya, para orang tua bisa memberikan pujian dan menunjukkan sikap positif saat mereka melakukan sesuatu.

  1. Menjadi Contoh

Jadi Contoh
Jadi Contoh – Pixabay

Jangan salahkan si kecil jika belum disiplin kalau Anda tidak melakukan hal yang dicontohkan kepadanya. Anak-anak cenderung belajar dari apa yang mereka lihat, terutama dari orang tuanya. Jika Anda ingin mengajarkan disiplin pada anak, jadilah contoh yang baik untuk mereka. Pastikan anak melihat orang tuanya melakukan apa yang diajarkan pada anaknya. Dengan demikian, mereka akan berpikir bahwa tindakan tersebut baik untuk dilakukan.

  1. Berani Mengatakan Tidak

Katakan Tidak
Katakan Tidak – Pixabay

Sebagai orang tua, Anda harus konsisten saat mengajarkan disiplin pada anak. Mungkin dalam suatu kondisi, anak cenderung merengek dan membuat hati Anda luluh. Berusahalah untuk tetap berpegang pada apa yang Anda percaya. Saat Anda mengatakan tidak pada anak, pastikan mereka mengetahui alasannya agar mereka mengerti.

  1. Memberikan Anak Suara

Berikan Suara
Berikan Suara – Pixabay

Anak membutuhkan eksistensi saat menetapkan batas. Mereka juga ingin ikut andil untuk memberitahu apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Saat anak-anak membantu Anda dalam membuat peraturan, mereka cenderung akan mematuhinya. Memang, memahami sudut pandang sang buah hati adalah hal yang penting, tapi bukan berarti Anda harus menyetujui dan mengubah semua peraturan. Anda bisa mengatur batas bersama-sama, meskipun beberapa harus ditentukan sendiri.

  1. Memberikan Pujian dan Penghargaan

Beri Penghargaan
Beri Penghargaan – Pixabay

Memberikan pujian saat anak berhasil melakukan sesuatu akan memicunya untuk mengulangi kebiasaan tersebut. Selain pujian, Anda juga bisa memberikan penghargaan agar mereka lebih bersemangat melakukan hal-hal baik.

  1. Tetap Konsisten dengan Peraturan yang Dibuat

Konsisten pada Aturan
Konsisten pada Aturan – Pixabay

Melihat sang buah hati senang pasti akan membuat orang tua bahagia. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat peraturan yang telah dibuat mengendur. Misalnya, saat anak ingin bermain, pastikan kegiatan tersebut tidak melebihi waktu yang telah ditentukan.

  1. Memberi Pengertian Tentang Pentingnya Sikap Disiplin

Disiplin
Disiplin – Pixabay

Sebagai orang tua, Anda perlu memberi pengertian kepada anak tentang pentingnya sikap disiplin. Jangan sampai anak merasa terpaksa dalam menjalankan segala aturan yang telah dibuat. Secara perlahan, jelaskan pentingnya sikap disiplin baik dalam kehidupan saat ini ataupun pada masa mendatang saat dewasa.

Itu dia cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan sikap disiplin pada anak sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here