6 Tips Mudah Menghafal Materi Pelajaran

0
45
Menghafal Dengan Bercerita
Menghafal Dengan Bercerita

Bagi sebagian murid maupun mahasiswa, ujian menjadi salah satu musuh besar yang harus dikalahkan. Agar bisa melaluinya dengan hasil yang maksimal dan memuaskan, yang dibutuhkan hanyalah belajar. Akan tetapi, belajar tidak bisa membuat materi pelajaran langsung terpetakan jelas di kepala. Terlebih untuk pelajaran menghafal. Tak heran jika siswa selalu mencari cara dan tips mudah menghafal agar materi pelajaran mudah diingat.

Apakah kamu termasuk salah satu siswa yang kesulitan mengingat materi pelajaran? Jika iya, coba ikuti 6 tips berikut ini:

Buatlah Key Mapping

Buatlah Key Mapping
Buatlah Key Mapping

Tips mudah menghafal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat key mapping atau peta kunci. Caranya cukup dengan menuliskan poin-poin utama dari materi pelajaran dan menghubungkannya dengan garis seperti peta. Cara ini bisa memudahkanmu menghafal materi yang menggunakan defisini yang panjang dan rumit tanpa perlu berkomat-kamit membaca kata demi kata.

Menghafal dengan Menulis

Menghafal Dengan Menulis
Menghafal Dengan Menulis

Cara lain yang bisa buat kamu lebih mudah menghafal adalah dengan menulis. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menulis, fungsi otak yang terhubung dengan ingatan akan meningkat lebih tajam dibandingkan hanya dengan membaca. Selain itu, saat kamu menulis, tanpa sadar kamu ikut membaca hasil tulisanmu untuk mengoreksi apakah ada salah tulis. Otomatis, otak akan merekam kejadian tersebut dan kamu akan lebih mudah mengingatnya kembali.

Gunakan Jembatan Keledai

Gunakan Jembatan Keledai
Gunakan Jembatan Keledai

“Jembatan keledai” menjadi tips mudah menghafal yang paling banyak digunakan oleh siswa sebagai metode belajar. Jika kamu sulit menghafal istilah-istilah asing, cara ini bisa kamu gunakan. Selain membantumu mengingat, ternyata “jembatan keledai” juga membantumu menjadi lebih kreatif, karena kamu akan menemukan kata-kata pengganti istilah yang menarik dan tentu saja mudah diingat.

Catat Materi Penting

Catat Materi Penting
Catat Materi Penting

Tentunya, tidak semua materi yang ada di buku pelajaran akan keluar pada saat ujian, dan menghafal keseluruhannya hanya akan membuat otak lelah dan kepala pun menjadi pening. Parahnya lagi jika apa yang kamu hafalkan dengan susah payah justru tidak bisa kamu ingat ketika ujian. Oleh karena itu, perkirakan penjelasan mana saja yang mungkin akan menjadi soal ujian. Catat di kertas lain yang bisa kamu bawa ke mana saja dan hafalkan di setiap waktu luang.

Gunakan Gambar

Gunakan Gambar
Gunakan Gambar

Selain menulis, ternyata menggambar juga bisa menjadi tips mudah menghafal materi pelajaran. Jika dengan menulis kamu masih kesulitan untuk mengingat, kamu bisa mencoba cara satu ini. Beberapa peneliti beranggapan semua visual yang ditangkap oleh otak akan lebih mudah diingat. Kamu bisa menggambar sebuah ilustrasi yang menarik dalam setiap materi pelajaran yang akan memudahkanmu dalam mengingatnya.

Menghafal dengan Bercerita

Menghafal Dengan Bercerita
Menghafal Dengan Bercerita

Agar lebih menghemat waktu, biasanya dalam satu hari akan ada dua materi pelajaran yang diujikan. Hal ini berarti akan ada lebih banyak materi yang harus dipelajari dan dihafalkan. Namun, jangan khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan mengarang sebuah cerita yang berhubungan dengan materi yang akan diujikan. Sama seperti jembatan keledai, tips mudah menghafal satu ini bisa membuatmu lebih kreatif, karena untuk membuat cerita diperlukan imajinasi yang tinggi.

Kini, kamu tak perlu lagi cemas saat musim ujian tiba karena tips mudah menghafal di atas akan membantumu menghafal materi pelajaran lebih cepat dan praktis. Ujian pun tak lagi menjadi musuh besar, karena kamu pasti bisa melaluinya dengan maksimal. Aktivitas belajarmu juga pasti akan lebih menyenangkan dan tak menguras pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here