Persiapan Hari Pertama Sekolah

Ris,
0
Persiapan Hari Pertama Sekolah

 

 

Dalam kehidupan selalu ada momen untuk pertama kalinya, termasuk hari pertama sekolah untuk si kecil. Perasaan anak-anak pastinya akan campur aduk antara gelisah, penasaran, senang, hingga takut. Orangtua pun demikian. Ada perasaan was-was apakah anak bisa mengikuti pelajaran, bergaul dengan teman baru, dan sebagainya. Hal ini wajar kok. Tapi, jangan sampai perasaan negatif mendominasi sehingga anak enggan pergi sekolah di hari pertama.

Agar perasaan anak lebih nyaman dan mood-nya bagus, yuk lakukan persiapan hari pertama sekolah berikut ini!

 

Perkenalkan lingkungan sekolah

 

Jauh-jauh hari sebelum anak masuk sekolah hari pertama, perkenalkan lingkungan sekolah terlebih dulu. Beri penjelasan kepada anak kalau nanti mereka akan belajar banyak hal di sekolah ini pada hari Senin hingga Jumat. Selain belajar, informasikan juga kegiatan yang menyenangkan. Misalnya mereka bisa bermain dengan teman dan melakukan aktivitas seru bersama guru.

Bila perlu, ajak anak pada hari sekolah supaya ia bisa menyaksikan kakak kelasnya menggunakan seragam dan beraktivitas sehari-hari.

 

Ajak anak menyiapkan perlengkapan sekolah

 

Pergi ke sekolah tentu tidak sama dengan pergi ke mall. Ada banyak perlengkapan sekolah yang perlu dibawa oleh anak. Hindari menyiapkan perlengkapan sekolah tersebut sendirian. Sebaiknya Anda ajak anak untuk menyiapkan bersama. Dengan demikian, anak akan merasa lebih bersemangat dan bertanggung jawab atas barang-barang yang ia bawa ke sekolah tersebut.

Beberapa perlengkapan sekolah yang perlu disiapkan sebelumnya adalah buku pelajaran, alat tulis, sepatu, seragam, kotak makan, botol minum, dan sebagainya.

 

Grooming sebelum masuk sekolah

 

Via Freepik

 

Persiapan yang satu ini kerap terlupakan oleh para orangtua, yakni grooming. Dengan grooming, terutama pada bagian rambut, tampilan anak-anak menjadi lebih rapi dan bersih. Secara tidak langsung hal ini akan membuat anak lebih percaya diri. Untuk anak laki-laki, cari tahu peraturan sekolah tentang seberapa panjang dan model rambut seperti apa yang diijinkan. Sedangkan untuk anak perempuan, cari tahu peraturan apakah rambut perlu diikat atau apakah diperbolehkan menggunakan poni.

 

Tidur yang cukup

 

Jika pada masa sebelum sekolah anak-anak bebas bermain dan tidur, maka ketika masuk sekolah anak-anak harus lebih disiplin soal waktu. Biasakan anak tidur cukup tiap malam, bahkan Anda mungkin perlu menegaskan jam tidur. Buat perjanjian dengan anak untuk tidur tepat waktu dan bangun di pagi hari pada jam sekian agar tidak terlambat pergi sekolah. Tidur yang cukup juga bisa meningkatkan mood anak, serta membuat tubuhnya terasa lebih bugar sehingga siap menyambut pelajaran di hari pertama sekolah.

 

Tanyakan menu bekal

 

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak pun memiliki menu yang diidamkan. Daripada bekalnya mubazir dan membuat anak tidak semangat makan, lebih baik tanyakan langsung pada mereka tentang menu bekal yang diinginkan. Anak pun akan bersemangat pada jam istirahat dan bisa mengikuti pelajaran hingga selesai. Sebisa mungkin buatkan bekal homemade yang kaya gizi, bukannya makanan instan.

 

Antar anak di hari pertama

 

Memasuki lingkungan yang baru akan menimbulkan perasaan cemas. Apalagi anak-anak belum tahu sistem di sekolah. Maka orangtua wajib mengantarnya ke sekolah di hari pertama. Orangtua bisa bantu arahkan anak mencari di mana ruang kelasnya. Selain itu, orangtua bisa bertemu langsung dengan guru wali kelas. Pada kesempatan ini, beri penjelasan bahwa anak akan dipandu oleh guru tersebut selama berada di lingkungan sekolah. Anak pun akan merasa lebih tenang dan menyadari kalau orangtua tidak meninggalkannya sendiri di sana.

 

Berbagi kontak dengan guru dan orangtua murid

 

Via Freepik

 

Modern ini dunia komunikasi semakin dimudahkan dengan aplikasi chat dan internet. Selagi meninggalkan anak sekolah, kita tidak bisa terus memantau keadaannya. Maka sebaiknya orangtua berbagi kontak dengan guru dan orangtua murid lainnya. Jika ada suatu hal terjadi, Anda bisa saling berkomunikasi.

Itulah ragam persiapan yang perlu Anda lakukan untuk menyambut hari pertama anak sekolah. Anda juga bisa mempersiapkan pertanyaan seputar kegiatan di sekolah hari pertama untuk mengetahui perkembangan anak dan perasaannya.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 935

No votes so far! Be the first to rate this post.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease