Cara Untuk Menghadapi Anak Yang Tidak Mau Ke Sekolah 

Vana Vana,
0
Anak Tidak Mau Sekolah

Anak-anak terkadang memiliki banyak alasan untuk tidak perlu ke sekolah, padahal selain mendapatkan pelajaran di rumah, anak perlu mendapatkan Pendidikan formal, tujuan tersebut adalah agar si kecil memiliki wawasan dan pengetahuan anak jadi lebih luas dan juga menambah pergaulan, sayangnya anak sering ngambek dan tidak mau berangkat ke sekolah.

Ngambek adalah cara mengekspresikan rasa tidak terima anak terhadap sesuatu, misalnya anak Anda tidak mau ke sekolah, saat dibangunkan untuk mandi, si kecil tidak mau bangun dari tempat tidur, jika diperingatkan maka sang anak akan marah dan juga menangis.

Anak yang melakukan tersebut bukanlah hal yang langka, hampir semua orang tua akan mengalami dan kesulitan menghadapinya, bahkan ada orang tua yang menyerah dan mengikuti kemauan anak untuk tidak pergi ke sekolah, dan jika terus dilakukan, maka sang anak akan terus ngambek dan bisa semakin parah, sementara itu cara Anda memaksakan anak ke sekolah juga bisa merusak hubungan Anda dengan si kecil jika dilakukan dengan cara yang salah.

Untuk itu Anda harus mengetahui caranya:

  • Cari Tahu Alasan

Anda harus mencari tahu alasan terutama dimana Anda harus mengetahui mengapa anak Anda tidak ma uke sekolah, apakah sang anak korban bully, atau anak Anda tidak bisa mengikuti pelajaran, maupun anak tidak bisa mengikuti perilaku atau aturan sekolah dengan baik.

Selain itu, anak juga bisa memiliki kecemasan karena si anak mendapatkan didikan yang salah, dan tentu saja biasanya hal tersebut akan membuat sang anak lebih sering cemas di sekolah.

 

  • Bicarakan Empat Mata

Jika memang sang anak masih tidak ma uke sekolah, Anda bisa membicarakan hal tersebut dengan anak Anda, bukan dengan memaksa dan emosi, melainkan dengan sikap yang tenang dan penuh perhatian, menunjukkan Anda sayang dengan mereka, maka mereka akan membuka diri dan berbicara apa yang dirinya rasakan.

Bila yang diceritakan adalah masalah mengenai rasa cemas, maka berikanlah dukungan dan ajari anak Anda untuk tenang, misalnya mengajari atau melakukan Teknik relaksasi secara sederhana Bersama dengan Anda.

Lalu Anda bisa bertanya apa yang Anda bisa lakukan untuk dapat membant using anak, kehadiran Anda kepada si kecil bisa membantu dirinya menghadapi kecemasan yang ia rasakan.

 

  • Ajak Anak Menikmati Sekolah

Anak anak tentu saja selalu menyukai permainan dan Anda bisa mengajak anak Anda bermain di sekolah, cari tahu terlebih dahulu apa yang anak Anda sukai di sekolah, dan jika anak Anda suka dengan sepakbola, maka Anda bisa memasukkan anak Anda ke klub sepakbola atau futsal yang ada di sekolah.

Dengan adanya kegiatan tersebut, waktu di sekolah akan terasa lebih menyenangkan, tidak hanya mengembangkan minat anak pada kegiatan tersebut, sang anak akan memiliki banyak teman dan memperluas pertemanan si kecil yang membuat si kecil akan senang ke sekolah kembali tanpa harus melakukan drama agar dirinya tidak masuk ke sekolah.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback