Patut di coba! 8 Tips Menabung Ala Mahasiswa Kos

Jessica,
1
Menabung Ala Mahasiswa Kos

Sebagai mahasiswa  rantau, kamu mungkin akan merasa kesulitan untuk menabung. Meski begitu, kamu tetap harus mencobanya karena menabung memiliki efek positif bagineraca keuanganmu. Saat ada kebutuhan mendadak, misalnya, kamu tentunya tidak perlu pusing minta orang tua sebab sudah punya simpanan sendiri. Tetapi, caranya bagaimana? Berikut adalah delapan tips menabung ala mahasiswa kos yang patut kamu coba.

Menyisihkan uang dari kiriman bulanan

 

Menabung Ala Mahasiswa Kos

topsimages.com

 

Menabung ala mahasiswa kos bisa kamu mulai dengan langsung memangkas uang sakus etiap bulan. Segera sisihkan uang itu untuk tabunganmu .Jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuanmu. Sedikit atau banyak tidak masalah. Yang terpenting adalah kamu sudah mulai menerapkan kebiasaan baik ini.

Menyusun rencana pengeluaran selama sebulan

Menabung Ala Mahasiswa Kos

uangonline.com

 

Kamu sebaiknya menyusun sebuah rencana pengeluaran untuk satubulan. Susunlah rincian itu serapi dan sedetail mungkin. Dengan demikian, kamu bisa benar-benar mengontrol keuanganmu.Cara ini juga efektif untuk mencegahmu mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak perlu.

Membuka rekening khusus untuk tabungan

Menabung Ala Mahasiswa Kos

Bankrate.com

 

Cara berikutnyauntuk menabung ala mahasiswa kos adalah dengan membuka rekening kedua. Jadi ketika orang tuamu mengirim jatah bulanan, transfer sebagian untuk mengisi rekening tabunganmu. Biasanya, beberapa bank menyediakan program tabungan yang hanya bisa diambil dalam kurun waktu tertentu.Nah, kamu bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk menabung.

Menabung dalam bentuk uang logam

Menabung Ala Mahasiswa Kos

standard.co.uk

 

Kamu mungkin tertarik untuk menabung dalam bentuk uang logam.Pertama, kamu harus memilih dahulu jumlah pecahan uang logam yang ingin ditabung. Misalnya saja, kamu memilih pecahan 500 atau 1000. Maka setiap kali kamu memiliki uang logam dengan pecahan tersebut, segera sisihkan uang itu kedalam celenganmu. Karena jumlah uangnya tidak besar, kamupun tidak akan merasa keberatan untuk menabung.

Membeli sesuai kebutuhan

Menabung Ala Mahasiswa Kos

foodnavigator.com

 

Jika kamu ingin mulai menabung ala mahasiswa kos, berilah garis batas yang tegas pada kebutuhanmu. Contohnya, kamu harus tahu mana yang merupakan kebutuhan primer dan mana yang termasuk kebutuhan sekunder. Jika kamu merasa itu bukan kebutuhan mendesak, sebaiknya jangan dibeli. Utamakanlah kebutuhan yang benar-benar penting, sehingga kamu tidak membuang uang saku dengan percuma.

Rajin membuat catatan pengeluaran setiap hari

Menabung Ala Mahasiswa Kos

blog.prototypr.io

 

Walaupun terlihat sepele, hal ini sangat penting untuk keuanganmu. Dari catatan itu, kamu tentunya bisa mengendalikan pengeluaranmu setiap bulan.Selain bentuknya lebih rinci, catatan itu juga akan membuat kamu lebih berhati-hati saat mengeluarkan uang. Jadi, mulai sekarang biasakanlah untuk mencatat semua pengeluaranmu setiap hari.

Bawa bekal sendiri

Menabung Ala Mahasiswa Kos

moneytalksnews.com

 

Bila tempat kos mumempunyai dapur, kamu bisa memanfaatkannya untuk memasak bekal sendiri. Karena mahasiswa kosbiasanya mudah boros untuk urusan perut, maka adabaiknya untuk belajar menyiapkan bekal sendiri. Dengan demikian, kamu tidak perlu jajan di kampus. Selain itu, memasak sendiri juga lebih hemat, bukan?Keuntungan lain dari memasak sendiri adalah kamu juga bisa menjaga kehigienisan makananmu.

Menetapkan target

Menabung Ala Mahasiswa Kos

Bankrate.com

 

Agar tambah semangat menabung, coba tetapkan sebuah target.Sebagai contoh, kamu menabung dengan target membeli sebuah komputer baru. Dengan memasang target itu, kamu pasti lebih termotivasi untuk menabung. Pun, target tersebut adalah bentuk penghargaan yang kamu tetapkan untuk dirimu sendiri.

Nah, itulah delapan tips menabung ala mahasiswa kos yang patut kamu coba. Menabung tidak hanya membuat kamu memiliki simpanan yang bisa dipakai untuk kondisi darurat, tetapi juga membuat mulebih bijak dalam mengelola uang. Selain itu, kebiasaan baik ini juga akan berdampak pada masadepan keuanganmu kelak. Setelah bekerja dan menghasilkan uang sendiri, kamu pastiakan lebih cerdas dalam mengelola keuangan.

Feedback

  1. niken swastika


    Terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya,
    salam sukses selalu 🙂

Your feedback