Penting untuk Mahasiswa! 7 Tips Membangun Jaringan untuk Bisnis Kamu

Jessica,
1
Membangun Jaringan untuk Bisnis

Sebagai mahasiswa yang baru menekuni dunia bisnis, jaringan atau networking menjadi hal yang sangat penting. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membangun jaringan untuk bisnis kamu, yaitu membantu meningkatkan penjualan, membangun koneksi dan relasi, membantu menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi dalam bisnis kamu, serta menambah ilmu dan wawasan mengenai dunia bisnis.

Namun, pasti banyak di antara kamu yang bertanya bagaimana caranya membangun jaringan untuk bisnis? Apalagi di tambah kamu masih berstatus sebagai mahasiswa. Jangan khawatir! Cek artikel berikut ini untuk mengetahui strateginya.

Mencari Kenalan Sebanyak-banyaknya

Membangun Jaringan untuk Bisnis

blog.kulina.id

 

“Everything starts with a hello..” Begitu juga dengan bisnis. Banyak bisnis yang sukses bermula dari kata halo. Banyak pelaku bisnis yang mencari kenalan sebanyak-banyaknya untuk membangun jaringan yang kuat untuk bisnis. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti seminar atau workshop tentang bisnis ataupun bergabung ke sebuah komunitas pengusaha atau pelaku bisnis. Carilah kenalan dan belajar yang banyak terkait bisnis dari para pebisnis senior.

Curi Ilmu dan Strategi dari Pebisnis Senior

Membangun Jaringan untuk Bisnis

Codeless.co

 

Ketika kamu sudah mendapatkan kenalan dari kalangan pebisnis senior, lakukanlah ATM atau Amati, Tiru, Modifikasi. Kamu bisa menerapkan strategi dari pebisnis senior untuk bisnis kamu. Namun, yang harus kamu ingat adalah meniru di sini bukan berarti kamu mengambil strateginya secara mentah. Kamu harus memodifikasi strategi tersebut untuk disesuaikan dengan bisnis kamu agar bisnis kamu berkembang dengan baik.

Bertukar Kartu Nama

Membangun Jaringan untuk Bisnis

blog.klikprint.co.id

 

Salah satu hal yang biasa dilakukan dalam membangun jaringan untuk bisnis adalah saling bertukar kartu nama. Jika kamu berkesempatan menghadiri acara seminar atau workshop terkait bisnis, pastikan kamu sudah menyiapkan kartu nama. Lalu, jangan pernah lupa untuk saling bertukar kartu nama saat berkenalan dengan rekan bisnis yang baru kamu temui. Walaupun terlihat sederhana, hal ini akan berdampak sangat besar untuk perkembangan bisnis kamu. Dari kartu nama tersebut akan memudahkan orang lain yang akan menghubungi kamu.

Bergabung dengan Komunitas

Membangun Jaringan untuk Bisnis

885thejewel.com

 

Salah satu cara paling mudah membangun jaringan untuk bisnis adalah dengan bergabung ke sebuah perkumpulan atau organisasi. Cara tersebut dinilai efektif karena kamu akan mempunyai peluang untuk mengenal banyak pelaku bisnis dengan latar belakang bisnis yang berbeda-beda. Kamu bisa mencuri banyak ilmu dari pelaku bisnis yang lain.

Banyak Berbagi atau Sharing

Membangun Jaringan untuk Bisnis

empreendedorismoenegocio.com.br

 

Sharing is caring. Pasti banyak di antara kamu yang sering mendengar kalimat tersebut ‘kan? Nah, jika suatu saat kamu sudah sangat menguasai ilmu bisnis dalam satu bidang, jangan pernah malas untuk membaginya kepada sesama rekan bisnis yang masih belajar. Kamu bisa membaginya dalam forum, seminar atau workshop, bahkan media sosial kamu. Dengan banyak berbagi, tentunya kamu akan menambah teman dan jaringan yang bisa memberi keuntungan untuk bisnis kamu.

Manfaatkan Media Sosial

Membangun Jaringan untuk Bisnis

Malesbanget.com

 

Di era serba digital saat ini, sudah saatnya kamu memanfaatkan media sosial untuk membangun jaringan untuk bisnis kamu. Kamu bisa membuka pertemanan yang ada di luar lingkaranmu, namun masih berhubungan dengan bisnis yang kamu geluti.

Saling Memberikan Dukungan Sesama Rekan Bisnis

Membangun Jaringan untuk Bisnis

rosediana.net

 

Dalam dunia bisnis, ada kalanya kamu berada di atas dan ada kalanya kamu berada di bawah. Jika saat ini kamu sedang berada di atas, jangan pernah lupa untuk memberikan dukungan untuk rekan bisnis yang sedang berada di bawah. Masalah dalam bisnis tidak akan mungkin bisa selesai dengan sendirinya. Sediakan waktu luang untuk rekan bisnis kamu yang sedang mengalami masalah. Bentuk dukungan dan perhatian tersebut akan semakin mendekatkan dan memperkuat jaringan bisnis kamu.

Nah, jika kamu ingin membangun jaringan untuk bisnis kamu, mulai dari sekarang ikuti tujuh strategi di atas. Mulailah dengan mencari kenalan sebanyak-banyaknya. Selamat mencoba!

Feedback

  1. Peluang Usaha dari Hobi


    Informasinya Sangat Bermanfaat. Sangat membantu untuk yang ingin mulai menekuni dunia bisnis, maupun yang sudah mulai merintisnya. Terimakasih…

Your feedback