Bagaimana Cara Menjadi Pelajar Sukses? Berikut Tipsnya!

Jessica,
0

Seringkali, kesuksesan datang hanya sebagai konsep di dalam kepala. Untuk merealisasikannya, perlu mental yang lebih dan kapasitas luas untuk menampung kegagalan-kegagalan. Dalam kasus ini, untuk menjadi pelajar sukses, kita harus bertahan pada setiap pertarungan yang menanti. Ronde demi ronde.

Pelajar yang sukses tahu kapan harus fokus pada pelajaran, juga kapan harus mengambil rehat. Manajemen waktu mereka rapi, dengan disiplin yang ketat pada jadwal-jadwal yang disusun sendiri. Ketika waktunya belajar, mereka akan menaruh perhatian penuh. Begitu pun dengan hal lainnya.

Lalu bagaimana cara menjadi pelajar sukses itu sendiri? Berikut tipsnya.

 

Jadikan Pendidikan sebagai Prioritas Utama

Jadikan Pendidikan sebagai Prioritas Utama-maribelajar.blogspot.com

Jadikan Pendidikan sebagai Prioritas Utama-maribelajar.blogspot.com

Logika sederhananya, untuk sukses dalam suatu bidang, kamu harus fokus pada bidang tersebut. Yang lainnya berada di bawah, atau bahkan selingan. Karena itulah, pelajar sukses paham bahwa mengutamakan pendidikan adalah keharusan.

 

Disiplin Diri

Disiplin Diri-belajardulu.blogspot.com

Disiplin Diri-belajardulu.blogspot.com

Salah satu kualitas penting lainnya adalah disiplin. Dengan membiasakan disiplin, berarti kamu menghargai betul waktu yang dijatah setiap harinya. Pelajar yang sukses mampu  mengalkulasi jadwal dan mengelola waktu untuk setiap aktivitas. Dengan melakukan hal yang sama, kamu akan lebih antisipatif terhadap masalah.

 

Bersikap Jujur

Bersikap Jujur-rockingmama.id

Bersikap Jujur-rockingmama.id

Contoh dari sikap tidak jujur adalah menyontek, atau curang, saat ujian. Ketika melakukannya, kamu secara tak sadar telah mengambil jalan pintas dengan rambu larangan. Jika kecurangan itu berjalan mulus, rasa bersalahmu akan memudar untuk melakukan kecurangan-kecurangan berikutnya. Jika ingin menjadi pelajar sukses, jadilah pelajar yang jujur dan memiliki prinsip yang baik.

 

Fokus pada Satu Hal, Hindari Multi-tasking

Fokus pada Satu Hal-wordpress.com

Fokus pada Satu Hal-wordpress.com

Melakukan banyak hal dalam satu waktu akan mendistraksi kita. Pikiran yang bercabang dapat membuat kinerja menjadi kurang maksimal. Misalnya, saat memiliki beberapa tugas, bagilah waktu untuk mengerjakannya secara silih berganti. Bahkan, dalam jeda istirahat, hindari menyentuh pekerjaan lain yang tidak kamu jadwalkan sebelumnya.

 

Hargai Proses

Hargai Proses-smadwiwarna.sch.id

Hargai Proses-smadwiwarna.sch.id

Kamu telah menentukan target, dan standarmu pun meningkat dari yang sebelumnya. Tetapi, setelah berusaha keras, hasil yang didapatkan melenceng dari sasaran. Akhirnya, kamu merasa hanya berkembang sedikit.

Jika hal ini terjadi—alih-alih merasa kecewa—banggalah terhadap apa yang sudah kamu lakukan. Kamu tidak gagal sama sekali, melainkan mengalami keberhasilan yang tertunda. Hal itu semata demi membuatmu paham akan pentingnya proses.

 

Tetaplah Menjadi Diri Sendiri

Tetaplah Menjadi Diri Sendiri-www.inovasee.com

Tetaplah Menjadi Diri Sendiri-www.inovasee.com

Demi menghargai dirimu sendiri, jauhkan keingin untuk menjadi orang lain. Barangkali setelah melihat kesuksesan orang lain, kamu menjadi tergiur melakukan sesuatu dengan cara mereka. Tidak masalah, memang, terinspirasi oleh orang lain. Namun, pada akhirnya, kamu akan paham bahwa mereka juga membuat aturannya sendiri. Aturan-aturan tersebut bisa saja membuatmu tidak nyaman.

 

Jangan Hanya Mendengar, Simaklah!

Jangan Hanya Mendengar-pakuanraya.com

Jangan Hanya Mendengar-pakuanraya.com

Ketika kamu mendengar, kamu belum tentu benar-benar menyerap informasi yang diterima. Sebaliknya, dengan menyimak artinya kamu lebih observatif, peka terhadap hal yang tersampaikan, dan paham mengenai gagasan tersebut. Untuk dapat menyimak dengan baik, latih terus konsentrasimu. Hiduplah di momen yang tengah kamu lewati, singkirkan dulu pikiran tentang masa depan, atau hal-hal lampau.

 

Buat Dirimu Nyaman

Buat Dirimu Nyaman-www.kla.id

Buat Dirimu Nyaman-www.kla.id

Caranya cukup sederhana, tetapi mungkin saja akan sulit dilakukan. Agar kamu merasa nyaman, tanamkan di dalam otak bahwa kamu mencintai apa yang kamu lakukan. Sugesti dirimu sendiri. Selain itu, temukan metode yang cocok bagimu. Agar tidak merasa jenuh, pikirkan juga tentang hal-hal yang bisa kamu lakukan di waktu luang. Dengan merasa nyaman, rintangan dari dalam seperti rasa malas atau keberatan, tidak akan memadamkan antusiasmu.

 

Itulah yang dapat kamu lakukan untuk bisa menjadi pelajar sukses. Selamat mencoba!

Be the first to write a comment.

Your feedback