Tingkatkan Bakat Menggambar Anak dengan 5 Cara Ini, Bunda

Jessica,
0
Bakat Menggambar Anak

Menggambar adalah kegiatan yang penting bagi tumbuh kembang anak Anda. Kegiatan menggambar dapat merangsang fungsi kognitif otak serta mendukung perkembangan fungsi motorik dan pengelolaan emosi anak. Menggambar dapat meningkatkan bakat seni anak serta melatih daya imajinasi dan kreativitas buah hati tercinta. Bakat menggambar anak bisa ditingkatkan melalui berbagai cara lho, Ayah Bunda.

 

Berikut adalah 5 cara yang bisa Ayah Bunda terapkan untuk meningkatkan bakat serta motivasi anak dalam menggambar. Yuk segera intip apa saja caranya.

1. Ikut Les Menggambar

Bakat Menggambar Anak

lesprivate.co.id

Dewasa ini banyak sekali les dan kursus menggambar yang diperuntukkan bagi anak-anak. Les menggambar sendiri sekarang pun banyak macamnya. Ada les menggambar manga, les menggambar sketsa, hingga les menggambar untuk obyek realis.

 

Bunda bisa coba mengikutsertakan si kecil di salah satu les menggambar yang ada di dekat rumah untuk meningkatkan bakat menggambar anak. Sesuaikan les menggambar dengan minatnya, apabila si kecil lebih tertarik menggambar tokoh kartun, maka les menggambar manga bisa jadi pilihan yang baik.

 

2. Siapkan Perlengkapan Menggambar

 Bakat Menggambar Anak

pixabay.com

Ayah bunda bisa menyiapkan berbagai peralatan menggambar di rumah. Tidak usah terlalu mahal, sesuaikan saja dengan anggaran bulanan keluarga, yang penting bakat menggambar anak bisa tersalurkan. Beberapa perlengkapan yang bisa Anda siapkan antara lain kertas gambar, pensil warna, crayon, cat air, kuas, pensil 2B, penghapus.

 

Jelaskan pada si kecil bahwa mereka bisa menggambar sesuka hati dengan menggunakan media apapun, tidak harus terpatok dengan crayon atau pensil warna saja misalnya. Buah hati Anda bisa menggabungkan media cat air dengan crayon, pensil 2B dan pensil warna, sesuai dengan imajinasi mereka.

 

3. Rekreasi sambil Menggambar

Bakat Menggambar Anak

kebudayaan.kemdikbud.co.id

Ajaklah anak Anda untuk jalan-jalan ke berbagai tempat dan mintalah padanya untuk menggambarkan suasana atau tempat yang sedang Anda sekeluarga kunjungi. Si kecil juga bisa menggambar obyek tertentu yang ia temui selama kunjungannya.

 

Untuk meningkatkan bakat menggambar anak, jangan segan-segan untuk mengajaknya mengamati sebuah obyek lukis dan mendiskusikan sudut pandang karyanya. Hargai apa pun pendapatnya mengenai obyek yang digambar.

 

4. Hargai Hasil Karyanya

 Bakat Menggambar Anak

thecourier.co.uk

Memberikan pujian kepada anak setiap kali hasil karyanya selesai digambar adalah salah satu cara untuk mengasah bakat menggambar anak. Buah hati Anda akan merasa kerja kerasnya dihargai. Anda juga bisa memberikan dukungan dengan cara menanyakan kepada buah hati tercinta maksud dan judul lukisan yang dia gambar.

 

Ayah Bunda juga dapat memajang hasil karya ananda di pintu kulkas, atau memberikan pigura dan memajangnya di ruang keluarga. Dukungan yang baik akan membuat anak Anda selalu termotivasi untuk mengembangkan bakat menggambarnya.

 

5. Buatlah Portofolio Menggambar Anak

Bakat Menggambar Anak

gotomalls.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak perusahaan hingga perguruan tinggi memberikan beasiswa kepada anak-anak berbakat. Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bahkan bisa meloloskan murid berprestasi melalui program PMDK. Bakat menggambar anak adalah salah satunya. Hal-hal yang menjadi bahan pertimbangan instansi-instansi tersebut antara lain prestasi yang pernah diraih serta adanya portofolio bakat anak.

 

Oleh karena itu, ada baiknya mulai dari sekarang Ayah Bunda menyimpan hasil karya buah hati tercinta di folder atau kotak khusus. Ayah Bunda juga bisa memindai hasil karya buah hati dan menjadikannya sebagai data digital sehingga lebih mudah disimpan di media penyimpanan data digital. Data digital ini bisa dipergunakan sewaktu-waktu daripada lembaran kertas di kotak penyimpanan.

 

Demikian 5 cara sederhana yang bisa Ayah Bunda terapkan di rumah untuk meningkatkan bakat menggambar anak. Bimbingan yang baik terhadap bakat menggambar anak dapat melejitkan karir buah hati Anda di masa depan. Selamat mencoba ya!

Be the first to write a comment.

Your feedback