Inilah Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler bagi Anak!

Jessica,
0
Ekstrakurikuler bagi Anak!

Sekolah merupakan tempat proses belajar mengajar berlangsung, baik di dalam kelas ataupun luar kelas. Pelaksanaannya pun ada yang berupa kegiatan intrakurikuler, yang dilakukan sekolah dengan teratur dan terjadwal, dan ada juga kegiatan ekstrakurikuler bagi anak yang diadakan di luar jam pelajaran guna mengembangkan kecerdasan serta bakat anak yang dipilih berdasarkan minat.

Hampir di setiap sekolah memiliki kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung bakat dan minat muridnya untuk menggali potensi yang ada pada diri. Beberapa orang tua mungkin ingin agar anak-anak mereka fokus pada pelajaran sekolah saja. Padahal, kegiatan ekstrakurikuler bagi anak itu memiliki banyak manfaat, lho!

Anak akan belajar membagi waktu

Ekstrakurikuler bagi Anak!

sumber : Futuready.com

 

Ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak akan memiliki kegiatan lain selain rutinitasnya sehari-hari yaitu sekolah. Selain itu, ia juga akan kehilangan waktu untuk belajar serta bermain sehingga anak harus pandai membagi waktu agar tidak mengorbankan hal yang penting, misalnya nilai dan waktu istirahatnya.

Ajarkan pada anak Anda untuk mengetahui mana yang prioritas dan mana yang bukan agar ia tidak terlena pada kegiatan ekstrakurikuler dan melupakan prioritasnya yaitu belajar. Pastikan waktu bermain, belajar, dan istirahatnya tetap tercukupi dan tidak terganggu. Bila anak sudah bisa mengatur jadwalnya dengan baik, anak akan menjadi lebih disiplin dan berkomitmen.

Anak dapat belajar bersosialisasi dengan baik

Ekstrakurikuler bagi Anak!

sumber : marries.co.id

 

Manfaat lain yang didapat dari kegiatan ekstrakurikuler bagi anak adalah anak dapat belajar bersosialisasi, berkomunikasi yang baik, mengetahui cara bersikap dan memperlakukan orang lain. hal ini sesungguhnya sangat penting untuk membentuk karakter dan kepribadian anak menjadi lebih baik.

Selain itu, anak tak hanya berteman dengan teman sekelasnya atau lingkaran pertemanannya saja, tetapi juga murid dari kelas lain, kakak kelas, maupun adik kelas. Ia juga akan memiliki banyak teman dari mengikuti kegiatan ini yang memiliki hobi dan minat yang sama. Asyik kan kalau punya banyak teman?

Dapat mengembangkan minat dan bakatnya

Ekstrakurikuler bagi Anak!

sumber : hallosehat.com

 

Ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, Anda menjadi tahu apa minat serta bakat anak dan ini merupakan saat yang tepat untuk menggali potensinya. Bimbing anak Anda untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Bila anak senang bermain musik, sarankan ia untuk mengikuti kegiatan Seni Tari. Bila ia suka menggambar, ia dapat memilih Seni Lukis. Bila anak senang berolahraga, Anda bisa menyarankannya untuk mengikuti Basket atau Futsal.

Tidak hanya itu, pilihan kegiatan ekstrakurikuler bagi anak yang bisa dipilih antara lain seperti Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera), Basket, PMR (Palang Merah Remaja), Seni Drama, Pencak Silat, Pramuka, English Club dan lain-lainnya.

Anak terhindar dari kegiatan negatif

Ekstrakurikuler bagi Anak!

sumber : educenter.id

 

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, energi anak akan tersalurkan dengan kegiatan yang positif sehingga ia menjadi anak yang aktif dan produktif. Sehingga Anda tak perlu khawatir bahwa ia akan melakukan kegiatan negatif di luar sekolah.

Dengan melakukan kegiatan positif dan teman-teman yang juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut, anak jadi lebih terpantau pula kegiatannya.

Anak terhindar dari stres

Ekstrakurikuler bagi Anak!

sumber : lovepurrscat.blogspot.com

 

Rutinitas sekolah yang harus dijalani anak setiap hari, seperti belajar dan mengerjakan PR, lama-kelamanaan hal ini tentu akan membuat anak Anda menjadi bosan sehingga membuat ia rawan terkena stres. Oleh sebab itu, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ia sukai, ia bisa refreshing sejenak dari kejenuhan rutinitasnya dan melepaskan ketegangan selama jam pelajaran.

Tak hanya itu, pentingnya kegiatan ekstrakurikuler bagi anak lainnya adalah membuat anak menjadi energik sehingga mengurangi kemungkinan terkena obesitas dan anak tidak bermalas-malasan.

Setelah mengetahui manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi anak, Anda akan sadar bahwa kegiatan tersebut sangatlah penting untuk mendukung minat serta bakat sang buah hati. Nah, apakah anak Anda sudah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah?

 

Be the first to write a comment.

Your feedback