Apa itu Virus Corona dan Cara Sembuh Dari Virus Corona?

Rudi,
0
Cara Sembuh Dari Virus Corona

Apa itu Virus Corona?

Virus Corona atau SARS-CoV-2 (Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2) adalah virus yang dapat menyerang saluran pernapasan manusia dan menyebabkan penyakit coronavirus disease 2019 (COVID-19). Virus yang merupakan keluarga Coronaviridae ini awalnya diketahui dapat menyebabkan penyakit pada hewan. Seiring berjalannya waktu, muncullah virus Corona dengan jenis baru yang dapat menular ke manusia.

Saat ini, virus Corona telah menjadi pandemi dan telah menginfeksi 254.494 orang di seluruh dunia. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang disinggahi oleh virus Corona dan telah dinyatakan sebagai wabah oleh Presiden kita. Lebih dari 350 kasus ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, oleh karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menghentikan penyebaran virus ini.

Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan (China) ini memiliki laju penularan yang sangat cepat. Pada manusia virus Corona menyebabkan infeksi saluran pernapasan, umumnya ringan seperti ketika sedang flu. Gejala yang dirasakan oleh penderita adalah demam, batuk dan kesulitan untuk bernapas yang dapat muncul 2-14 hari setelah terpapar. Namun, pada beberapa kasus COVID-19 juga ditemukan komplikasi yang parah, terutama pada pasien lanjut usia (≥65 tahun) dan pasien dengan penyakit kronis atau kondisi medis tertentu yang menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh, seperti pasien diabetes, HIV/AIDS, asma, jantung, gagal ginjal yang membutuhkan dialisis (cuci darah), sirosis hati, dan kehamilan.

Apakah Ada Cara Sembuh Dari Virus Corona?

Ya, tentu saja. COVID-19 memang berbahaya karena penularannya yang sangat cepat. Namun, Anda tidak perlu takut jika terinfeksi virus Corona, karena tingkat kesembuhan dari COVID-19 cukup tinggi, yaitu 90%. Pada umumnya, penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease), sehingga cara sembuh dari virus corona hanya memerlukan daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik. Segera minta pertolongan medis, jika Anda mengalami gejala terinfeksi virus Corona atau memiliki riwayat terpapar oleh seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Bagaimana Cara Mengobati Virus Corona?

Sampai saat ini, WHO (World Health Organization) dan the Centers for Disease Control and Prevention (CDC) belum mengeluarkan pedoman terapi mengenai pengobatan yang digunakan untuk penyakit COVID-19. Virus ini tergolong baru, sehingga peneliti dan tenaga kesehatan melakukan berbagai uji coba untuk menaklukkan virus Corona. Pada tanggal 20 Maret 2020, beberapa peneliti mengeluarkan pernyataan mengenai obat yang dapat membunuh virus Corona, yaitu obat malaria (Choloroquine) dan obat antivirus seperti Osetalmivir atau Atazanavir.

Kabar baik juga datang dari para peneliti yang telah menemukan vaksin untuk mencegah seseorang terinfeksi virus yang mematikan ini, namun vaksin tersebut masih dalam tahap pengujian.

Selain itu, penderita COVID-19 juga akan diisolasi untuk mencegah terjadinya penularan kepada tenaga kesehatan dan lingkungan. Obat analgesik (anti nyeri) dan antipiretik (pereda demam) juga akan diberikan untuk membantu mengatasi gejala yang dialami. Dibutuhkan peningkatan daya tahan tubuh untuk melawan virus ini, sehingga penderita sangat dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, makan makanan bergizi, serta minum air yang cukup.

Jadi, tetaplah waspada dengan wabah yang sedang terjadi di negeri kita ini, namun jangan panik ya! Saring informasi yang Anda terima dengan bijak, penyebaran berita hoax dapat meresahkan masyarakat dan membuat kondisi negara kita menjadi semakin buruk. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebugaran tubuh dengan istirahat yang cukup, olahraga, dan makan makanan yang bergizi, serta jaga kebersihan diri dan lingkungan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bacalah tips agar anak tidak tertular virus corona agar mengerti bagaimana cara untuk menjaga keluarga kita. Hindari keramaian, gunakan masker jika Anda sedang sakit, dan segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami gejala COVID-19.

Semoga artikel mengenai apa itu virus corona dan cara sembuh dari virus corona ini dapat membantu melewati masa-masa ini. Keep safe! 🙂

Be the first to write a comment.

Your feedback