Tips Agar Anak Tidak Tertular Virus Corona

Rudi,
0
Tips Agar Anak Tidak Tertular Virus Corona

Mengapa tips agar anak tidak tertular virus corona ini penting?

Saat ini, pemerintah kita sudah memutuskan untuk meliburkan sekolah dan diam di rumah selama beberapa minggu ke depan untuk memutus penyebaran virus corona atau disebut juga severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Sebagai orang tua, pastinya sangat khawatir terhadap wabah virus yang telah menjadi pandemi ini. Oleh karena itu, orang tua sangat dianjurkan untuk mematuhi program pemerintah untuk belajar, bekerja dan beribadah dari rumah.

Virus corona dapat menular dari manusia ke manusia melalui droplet atau percikan dahak ketika seseorang batuk atau bersin. Hal inilah yang menjadi alasan pemerintah menghimbau masyarakat agar menjauhi keramaian untuk sementara waktu. Penularan COVID-19 ini sangat mudah terjadi, terutama pada orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Lalu, bagaimana agar si kecil tidak terserang oleh virus ini?

Sampai saat ini, masih belum ada vaksin yang dipasarkan untuk mencegah infeksi virus Corona, dan cara terbaik untuk mencegah tertular penyakit ini adalah menghindari paparan virus corona. Para orang tua dan anak diharapkan dapat melakukan tips agar anak tidak tertular virus corona berikut sebagai langkah-langkah pencegahan agar tidak terinfeksi virus corona, yaitu:

  1. Rajin mencuci tangan

    Ajari anak untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. CDC (Centers for Disease Control and Prevention) mengajurkan untuk mencuci tangan minimal selama 20 detik. Anda bisa membantu si kecil untuk menyanyikan lagu ABC sampai selesai.

    Cara mencuci tangan yang benar:

    1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir
    2. Teteskan sabun cair secukupnya
    3. Gosok telapak tangan bersamaan
    4. Gosok punggung tangan (bergantian tangan kanan dan kiri)
    5. Gosok sela-sela jari
    6. Kunci kedua tangan untuk membersihkan bagian belakang jari-jari
    7. Gosok jempol kanan dan kiri
    8. Terakhir, gosoklah bagian ujung jari di telapak tangan

     

    Lalu, kapan harus mencuci tangan?

    Cuci tangan dilakukan setelah selesai dari toilet, sehabis batuk, bersin, sebelum makan dan ketika kembali dari luar rumah. Perlu diingat juga bahwa alkohol tidak dapat membunuh semua kuman dan tidak efektif jika tangan anak terlihat kotor. Jadi, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah cara terbaik untuk menghilangkan semua kuman dari tangan anak.

  2. Hindari menyentuh wajah, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci

  3. Bersihkan area rumah

    Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat lingkungan di rumah bisa menjadi salah satu media penyebaran virus corona, seperti gagang pintu, remot TV, kursi, kamar mandi, meja, mainan anak dan area rumah yang sering disentuh lainnya. Anda bisa membersihkan area-area tersebut dengan cairan disinfektan, yaitu alkohol 70%. Namun, jika Anda kesulitan mendapatkannya, Anda bisa memilih disinfektan lain, yaitu menggunakan cairan pemutih (Bayclin). Caranya mudah, ambil 20 ml Bayclin dan tambahkan 980 ml air bersih. Semprotkan cairan disinfektan pada area yang ingin dibersihkan.

  4. Hindari tempat-tempat umum yang ramai pengunjung

  5. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit

    Jika anak harus keluar rumah, maka hindari kontak dengan orang sakit atau  terlihat sakit. Beri jarak sekitar 2 meter untuk menghindari anak terkena percikan dahak ketika orang tersebut batuk atau bersin.

  6. Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup

Selain itu, orang tua juga harus mengajarkan anak mengenai etika bersin atau batuk. Tutup mulut dan hidung dengan tissue ketika sedang batuk atau bersin dan buanglah di tempat sampah. Jika tidak tersedia, maka gunakan siku bagian dalam. Tidak disarankan menggunakan sapu tangan yang digunakan berulang kali.

 

Semoga tips agar anak tidak tertular virus corona di atas dapat bermanfaat bagi para orang tua untuk menjaga si kecil agar tidak terinfeksi COVID-19. Tetap waspada, namun jangan panik ya! Baca juga tips terpopuler kami: tips memilih sekolah tk di BSD City.

Be the first to write a comment.

Your feedback