Anak Berbakat Menggambar?Dukung dengan Cara Ini

Jessica,
0
Berbakat Menggambar

Sejak kecil, setiap anak dilengkapi dengan bakat di dalam dirinya. Bila dalam perkembangannya, si kecil sering menghabiskan waktu dengan kertas dan pensil lalumengekspresikan perasaannya melalui gambar, bisa jadi anak berbakat menggambar.

Meski terlihat sepele, menggambar ternyata sangat membantu proses tumbuh kembang anak. Selain berperan aktif melatih daya ingatnya, menggambar juga dapat meningkatkan konsentrasi dan mengasah kreativitas si kecil dalam memecahkan masalah.

Ketika mengetahui iaberbakatmenggambar, jangan abaikan hal tersebut. Jika diasah dengan baik, keahlian menggambar dapat menjadi perintis jalan untuknya menekuni profesi menjanjikan di masa depan. Yuk, dukung si kecil dengan cara-cara ini.

Sediakan Fasilitas

Berbakat Menggambar

inspirasi.co

 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan bila yakin anak berbakatmenggambar adalah menyediakan fasilitas yang memadai. Mulai dari kertas gambar, kanvas, pensil, pensil warna, kuas, hingga cat warna.

Pada anak yang masih berusia dibawah 5 tahun, lebih baik berikan pelengkapan gambar pensil warna karena lebih mudah untuk digunakan. Ketika si kecil telah memasuki usia 5 tahun ke atas, Anda bisa memperkenalkannya kepada berbagai jenis cat yang bisa digunakan di media kertas atau kanvas.

Bebaskan anak untuk mengeksplorasi media yang Anda sediakan dengan caranya sendiri. Jangan batasi bahwa ia harus menggambar dengan cara tertentu. Tujuannya, agar anak merasa menggambar adalah kegiatan menyenangkan.

Jangan lupa juga untuk memilih alat-alat gambar yang aman bagi kesehatan anak. Pastikan bahan-bahan pembuatnya telah sesuai dengan standar dan amanuntukanak-anak. Biasanya bila sudah sesuai standar, produsen alat gambar selalu memberi keterangan di kemasan kalau produk tersebut aman digunakan.

Ikutkan ke Kursus Gambar

Berbakat Menggambar

appletreebsd.com

 

Agar kemampuan anak semakin terasah, Anda bisa mengimbaunya untuk mengikuti kursus menggambar. Biasanya tak hanya berbagai metode gambar yang diajarkan, namun juga cara mengatur waktu untuk menyelesaikan sebuah gambar.

Dalam kursus, anak akan bertemu dengan teman-teman baru yang juga berbakat menggambar. Ini akan menjadi motivasinya untuk terus menekuni bakatnya sekaligus mengajarnya untuk bersosialisasi dengan lingkungan baru.

Jelajahi Objek Baru

Berbakat Menggambar

sahabatnestle.co.id

 

Kegiatan menggambar tak harus melulu harus dilakukan di rumah. Anda bisa menjelajahi lingkungan barubersama si kecil agar ia dapat menemukan objek serta bentuk baru untuk digambar. Misalnya ajak anak untuk makan di tempat baru. Jangan lupa bawa serta peralatan gambarnya. Kemudian,Anda bisa memintanya untuk menggambar makanan yang ia pesan.

Selain itu, Anda juga dapat mengenalkan anak kepada objek-objek baru yang belum pernah dilihatnya melalui internet. Hal ini dapat memperluas wawasannya mengenai keanekaragaman bentuk dan pola.

Miliki Proyek Bersama

Berbakat Menggambar

vidio.com

 

Apresiasi bakatmenggambar anak dengan membuat proyek bersama dengannya. Banyak proyek yang bisa dikerjakan bersama meskipun orangtua sendiri tak begitu mahir dalam menggambar.

Beberapa proyek yang bisa dikerjakan yakni menggambar dinding kamar atau menggambar pot tanaman yang masih polos. Dengan begitu, anak akan merasa bakatnya diperhatikan dan dihargai.

Berikan Pujian

Berbakat Menggambar

mommiesdaily.com

 

Memuji karya anak, akan membuatnya semakin percaya diri. Selain dipajang, Anda juga bisa menyimpan koleksi gambar si kecil di dalam folder khusus. Tunjukkan koleksi tersebut kepadanya sewaktu-waktu agar ia bisa melihat bagaimana perkembangan gambarnya.

 

Memiliki anak yang berbakat menggambar, merupakan suatu kebangaan tersendiri. Namun, jangan terlalu memasang target tinggi kepada si kecil sehingga kegiatan menggambar tak lagi mengasyikan. Hindari perbuatan yang mengecilkan hasil karya anak sehingga ia semakin percaya diri untuk mengekspresikan kreativitasnya.

Be the first to write a comment.

Your feedback