Hemat Pangkal Kaya, 7 Cara Hemat Uang Saat Kuliah

Jessica,
0
Hemat Uang Saat Kuliah

Menjadi anak kuliah yang tinggal di kos dan jauh dari orang tua membuat kamu harus teliti dan pintar dalam mengelola keuangan bulanan. Apalagi Jika kamu termasuk orang yang kurang bisa hemat uang. Bisa-bisa uang bulanan kamu sudah habis walaupun belum tanggal tua. Nah, agar uang kiriman orang tua bisa aman sampai akhir bulan, yuk simak beberapa tips hemat uang saat kuliah berikut ini.

Menabung

Hemat Uang Saat Kuliah

economy.okezone.com

 

Salah satu cara hemat uang saat kuliah adalah menabung. Kamu bisa menyisihkan sebagian uang jajan kamu setiap hari. Dana tabungan ini bisa menjadi dana darurat yang sewaktu-waktu bisa mau gunakan jika uang dari orang tua sudah habis sebelum akhir bulan.

Membuat Daftar Prioritas Pengeluaran

Hemat Uang Saat Kuliah

Jurnal.id

 

Sebagai anak kuliah yang  tinggal di kos dan jauh dari orang tua, kamu dituntut untuk bisa berpikir lebih teliti dalam memprioritaskan pengeluaran. Mungkin kamu akan menganggap semua pengeluaran adalah hal penting, termasuk barang dan kebutuhan. Namun, anggapan tersebut ternyata salah karena ada hal yang penting dan sangat penting untuk diprioritaskan dalam hal pemenuhan kebutuhannya. Nah, biar kamu tidak bingung, sebaiknya mulai sekarang kamu membuat daftar pengeluaran yang memang harus kamu prioritaskan terlebih dahulu. Untuk pengeluaran yang tidak mendesak bisa kamu abaikan dahulu, ya.

Jangan Lapar Mata

Hemat Uang Saat Kuliah

yogipurnama.id

 

Salah satu kebiasaan anak kuliah yang harus kamu hindari adalah laper mata. Biasanya kamu akan segera menggunakan uang kiriman orang tua untuk bersenang-senang, seperti membeli aksesori lucu atau pun hanya sekadar nongkrong di kedai kopi bersama teman-teman. Nah, untuk hemat uang saat kuliah, hal-hal yang seperti itu harus dihindari. Tidak mau ‘kan kamu kehabisan uang sebelum akhir bulan?

Kurangi Makan di Luar

Hemat Uang Saat Kuliah

berbagidanjadikaya.blogspot.com

 

Sudah menjadi kebiasaan anak kos untuk jajan atau mencari makan di luar. Nah, mulai sekarang sebaiknya kamu membiasakan diri untuk memasak sendiri di kos. Selain lebih sehat, tentunya kamu bisa menghemat uang bulanan dari orang tua.

Kurangi Kebiasaan Laundry Pakaian

Hemat Uang Saat Kuliah

intanblog.com

 

Sebagai mahasiswa yang tinggal di kos pasti kamu akan lebih memilih memasukkan semua pakaian kotor kamu ke jasa laundry. Selain menghemat waktu, pastinya kamu tidak perlu capek-capek memikirkan untuk mencuci pakaian kotor. Namun, hal ini akan membuat kamu boros. Nah, untuk menghemat uang bulanan, mulai sekarang sebaiknya kamu mencuci pakaian sendiri di kos. Mungkin kamu bisa memanfaatkan jasa laundry sesekali jika memang sangat dibutuhkan sekali.

Kurangi Kebiasaan Nongkrong

Hemat Uang Saat Kuliah

Kinibisa.com

 

Sebagai anak kos, pasti sering sekali merasa sepi dan bosan di kos jika sedang tidak ada jadwal kuliah. Untuk menghilangkan rasa sepi dan bosan, biasanya kamu akan mengajak teman-teman kamu untuk pergi ke mal atau kedai kopi terdekat. Nah, agar hemat uang saat kuliah, hal ini sebaiknya dihindari, ya. Kamu bisa memanfaatkan perpustakaan kampus atau mengikuti kegiatan mahasiswa di kampus untuk mengisi waktu luang kamu.

Kerja Paruh Waktu

Hemat Uang Saat Kuliah

moneysmart.id

 

Jika kamu termasuk anak yang boros dan tidak bisa menyelamatkan uang bulanan, sebaiknya kamu mulai berpikir untuk bekerja paruh waktu. Kamu bisa bekerja sebagai tutor di tempat les bimbingan belajar atau pun bekerja di kedai kopi. Selain untuk mengisi waktu luang, bekerja paruh waktu bisa menambah pundi-pundi tabungan kamu sehingga kamu tidak merasa khawatir akan kehabisan uang di akhir bulan.

Nah, beberapa tips hemat uang saat kuliah di atas bisa mulai kamu terapkan dan kamu jadikan gaya hidup. Selalu ingat pepatah yang mengatakan hemat pangkal kaya agar kamu semakin semangat untuk menabung.

Be the first to write a comment.

Your feedback