5 Alasan Penting Kenapa Seorang Karyawan Harus Belajar Bahasa Mandarin

Jessica,
2
Kesempatan dapat gaji lebih tinggi

Belajar tidak hanya menjadi tugas seorang pelajar. Mereka yang sudah menjadi karyawan pun tetap harus mempelajari hal baru untuk bisa mendapatkan posisi yang lebih baik. Termasuk di antaranya adalah belajar bahasa Mandarin. Bahkan, untuk seorang karyawan, belajar bahasa Mandarin menjadi sebuah keharusan.

Terdapat banyak alasan, kenapa seorang karyawan dituntut untuk bisa berkomunikasi secara lancar dengan bahasa Mandarin. Dari sekian banyak alasan yang ada, berikut ini lima di antaranya yang menjadi alasan utama mengapa seorang karyawan sebaiknya belajar bahasa Mandarin:

  1. Mencari pekerjaan relatif lebih mudah

Mencari pekerjaan relatif lebih mudah

Mencari pekerjaan relatif lebih mudah

Memiliki kemampuan bahasa Mandarin, sama artinya dengan kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih luas. Lihat saja, dalam iklan lowongan yang berseliweran di media cetak ataupun online, banyak yang mensyaratkan para pelamar untuk berkemampuan bahasa Mandarin. Mulai dari iklan lowongan untuk posisi sekretaris, akuntan, bagian keuangan, pemasaran, ekspor impor, hingga posisi direktur umum.

  1. Kesempatan dapat gaji lebih tinggi

Kesempatan dapat gaji lebih tinggi

Kesempatan dapat gaji lebih tinggi

Memiliki kemampuan berbahasa Mandarin juga bisa berdampak pada besaran gaji yang kamu terima loh. Di dunia kerja, orang-orang dengan kemampuan lebih, bisa memperoleh gaji yang juga lebih. Dan, itu tentunya berlaku untuk orang yang punya kemampuan berbahasa asing.

Ditambah lagi, bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa terbesar dunia. Di sisi lain, Tiongkok juga merupakan negara yang besar dan banyak perusahaan Tiongkok yang membuka cabangnya di negara Indonesia. Tentunya, perusahaan-perusahaan ini butuh orang-orang yang punya kemampuan berbahasa Mandarin.

  1. Bahasa Mandarin baik untuk otak

Bahasa Mandarin baik untuk otak

Bahasa Mandarin baik untuk otak

Mempelajari bahasa asing menjadi metode yang bagus untuk mengasah otak. Termasuk di antaranya adalah bahasa Mandarin. Dengan menambah kamus bahasa Mandarin dalam otakkamu, otomatis akan membuat otak lebih sehat. Kamu pun tidak perlu khawatir bakal terserang penyakit Demensia.

Selain itu, dalam sebuah penelitian terungkap, mereka yang memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu adalah sosok yang pintar. Dalam penelitian tersebut diperlihatkan, bagaimana orang berkemampuan bilingual mampu menyelesaikan sebuah teka-teki dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan orang monolingual. Perusahaan mana sih yang tidak ingin mendapatkan sosok karyawan pintar?

  1. Menambah relasi

Menambah relasi

Menambah relasi

Bagi seorang karyawan, belajar bahasa Mandarin juga bisa membuka potensi untuk menambah relasi. Terlebih, bahasa Mandarin saat ini dikenal sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Seperti diketahui, penduduk negara Tiongkok saja, jumlahnya mencapai lebih dari 1 miliar.

Saat ini banyak orang-orang kaya yang berasal dari negara Tiongkokdan mulai melebarkan sayapnya ke pasar internasional. Contoh paling gampang, sebut saja Jack Ma sosok di balik berdirinya grup bisnis Alibaba yang kini dikenal sebagai perusahaan induk Lazada.com. Jadi, siapa sangka kamuyang saat ini bekerja sebagai seorang karyawan bisa naik kelas menjadi pengusaha dan menjalin bisnis dengan pengusaha dari negeri Tiongkok?

  1. Bahasa Mandarin adalah bahasa asing yang menyenangkan

Bahasa Mandarin adalah bahasa asing yang menyenangkan

Bahasa Mandarin adalah bahasa asing yang menyenangkan

Satu hal yang tidak bisa lepas dari bahasa Mandarin, bahasa ini adalah satu bahasa yang menyenangkan untuk dipelajari. Apalagi untuk berbicara bahasa Mandarin, kamu harus melafalkannya dengan nada tertentu. Terlihat sulit, namun di situlah daya tarik yang dimiliki oleh bahasa Mandarin.

Belajar bahasa Mandarin memang tidak menjamin kesuksesan seseorang dalam dunia kerja. Namun, dengan mempelajari bahasa yang satu ini, Anda akan memperoleh peluang yang lebih besar untuk bisa tampil lebih baik dibandingkan orang lain.

Feedback

Your feedback