Ingin Punya Masa Depan Cerah? Inilah 6 Persiapan Karier Untuk Mahasiswa

Jessica,
0
Persiapan Karier Untuk Mahasiswa

Siapa pun pasti ingin memiliki karier yang cemerlang selepas lulus kuliah. Namun nyatanya, tak semua lulusan perguruan tinggi berhasil meraih apa yang mereka cita-citakan. Bahkan, tidak sedikit pula yang merasa bingung ketika harus menghadapi tuntutan di dunia kerja. Anda tentunya tak mau mengalami hal tersebut, bukan? Untuk itu, berikut adalah beberapa tips tentang persiapan karier untuk mahasiswa yang bisa Anda ikuti. Jika Anda memiliki bekal wawasan yang mumpuni, peluang untuk sukses tentu akan lebih besar.

Membangun jaringan di dalam dan di luar kampus

Persiapan Karier Untuk Mahasiswa

yaki-inu.blogspot.com

 

Jadilah mahasiswa yang aktif, baik di dalam ataupun di luar kampus. Dengan demikian, Anda akan memiliki jaringan yang luas. Jaringan tersebut adalah sebuah aset yang sangat berharga untuk karier Anda di masa depan. Pasalnya, Anda tidak akan pernah tahu dari siapa Anda akan mendapatkan informasi atau dukungan terkait pekerjaan yang hendak Anda geluti nantinya. Itulah kenapa membangun jaringan sangat penting untuk masa depan karier seseorang.

Mengambil pekerjaan paruh waktu

Persiapan Karier Untuk Mahasiswa

Papasemar.com

 

Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu. Seperti yang Anda tahu, saat ini hampir semua perusahaan menuntut para pelamar untuk memiliki pengalaman kerja di dalam kualifikasi mereka. Maka cara satu-satunya untuk mendapatkan pengalaman tersebut, ya Anda harus mencoba pekerjaan paruh waktu. Selain menambah nilai Anda di mata perusahaan,  bekerja paruh waktu di sela-sela kegiatan perkuliahan akan membuat Anda lebih terasa secara mental. Alhasil, Anda pun tidak akan mudah stres ketika menemukan masalah di tempat kerja.

Menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris

Persiapan Karier Untuk Mahasiswa

zhzh.info

 

Kemampuan komunikasi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam persiapan karier untuk mahasiswa. Terlepas dari ilmu apa pun yang Anda pelajari, menguasai salah satu bahasa asing (terutama bahasa Inggris) hukumnya wajib. Terlebih di era globalisasi seperti sekarang, batas negara seakan tidak ada. Dengan memiliki modal bahasa asing yang mumpuni, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan tentu akan jauh lebih besar.

Memiliki nilai yang baik

Persiapan Karier Untuk Mahasiswa

news.okezone.com

 

Nilai memang bukan ukuran mutlak untuk menilai kualitas seseorang. Namun, nilai IPK akan tetap menjadi patokan awal ketika sebuah perusahaan hendak merekrut karyawannya. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa nilai IPK tetap berada di angka yang baik atau setidaknya 3,0. Ini merupakan salah satu persiapan karier untuk mahasiswa yang wajib dipenuhi karena nantinya akan menjadi modal dasar untuk berkompetisi di dunia kerja.

Mempunyai keterampilan lain

Persiapan Karier Untuk Mahasiswa

int-studentblog.dtu.dk

 

Menjadi unik itu penting ketika Anda hendak bersaing di dunia kerja. Dalam persiapan karier untuk mahasiswa, Anda sangat disarankan untuk mengasah keterampilan lain. Keterampilan tersebut sebisa mungkin tidak berhubungan dengan studi Anda di kampus. Dengan demikian, Anda akan memiliki modal lebih ketika hendak melamar kerja.

Mengetahui kemampuan diri

Persiapan Karier Untuk Mahasiswa

steemit.com

 

Ada baiknya untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sedini mungkin. Dengan begitu, Anda bisa tahu apa yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan di masa depan. Cobalah ikuti aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan kualitas diri atau yang berkaitan dengan upaya memperbaiki kemampuan berkomunikasi. Jika kemampuan diri Anda terasah dengan baik, Anda tentu memiliki peluang lebih besar untuk sukses di dunia kerja.

Itulah beberapa tips mengenai persiapan karier untuk mahasiswa. Jika Anda mampu melakukan keenam poin di atas, niscaya karier Anda di masa depan akan gemilang. Selain itu, Anda juga perlu membentuk karakter yang baik dan santun. Maka, sebaiknya hindari hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi image Anda di depan umum.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback