Agar Skripsi Tidak Molor. Bagaimana Menyiasatinya?

Jessica,
1
Agar Skripsi Tidak Molor

Setelah selesai menempuh 138 SKS, kini tiba saatnya, bagi mahasiswa strata 1, untuk mengerjakan kewajiban terakhirnya yaitu skripsi. Skripsi merupakan karya ilmiah yang dihasilkan melalui sejumlah penelitian dan dilakukan menggunakan teori dan metodologi yang sudah dipelajari selama masa perkuliahan.

Sayangnya, banyak sekali mahasiswa yang terlalu santai dan mengabaikan hal penting ini. Padahal, skripsi juga merupakan syarat utama untuk lulus dari kampus. Mereka yang terlalu asyik dan terlena dengan kehidupan kampus kemudian tertunda skripsinya.

Agar skripsi tidak molor, mahasiswa seharusnya sudah menyusun rencana penelitian jauh-jauh hari, jika perlu dari hari pertama kuliah. Terlambat jika mahasiswa justru baru mulai menyusun dan merencanakan apa yang hendak diteliti ketika skripsi sudah di depan mata.

Lalu, bagaimana agar skripsi tidak molor dan dapat selesai tepat waktu? Berikut tipsnya:

Niat

Agar Skripsi Tidak Molor

Source: Flickr

Melakukan apa saja memang harus didasari dengan niat. Niat dan tekad yang bulat kemudian membantu Anda untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan tulus. Tanpa adanya niat yang jelas, pekerjaan tentu hanya dikerjakan dengan setengah hati saja.

Agar skripsi tidak molor, tentunya harus ada niat untuk menyelesaikannya dengan baik dari dalam diri Anda. Niat utama menyelesaikan skripsi adalah untuk bisa lulus dari kampus, setelah lulus, Anda juga pasti berniat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai bukan?

Oleh karena itu, sebelum mulai mengerjakan skripsi, niatkan dengan sungguh-sungguh agar skripsi yang Anda kerjakan dapat selesai dengan tepat waktu.

Buat Tenggat dan Hukuman

Agar Skripsi Tidak Molor

Source: Pixabay

Biasanya, pihak kampus juga sudah menentukan tenggat yang harus dipatuhi oleh mahasiswa yang sedang mengambil skripsi. Skripsi yang melebihi tenggat tentu tidak akan diterima oleh pihak kampus.

Skripsi terdiri dari beberapa bab yang membahas masalah-masalah penelitian yang Anda ajukan. Di tiap babnya tentu terdapat kesulitan-kesulitan tersendiri ketika mengerjakannya. Belum lagi revisi yang harus dilakukan atas permintaan dosen pembimbing.

Masalah inilah yang juga sering terabaikan. Agar skripsi tidak molor, Anda juga harus membuat tenggat untuk diri sendiri. Tentukan tenggat untuk mengumpulkan kembali revisi yang diminta oleh dosen pembimbing. Jika tenggat terlewat, berikan sanksi pada diri sendiri karena tidak mampu menaati tenggat yang ada.

Ambil Topik yang Dikuasai

Agar Skripsi Tidak Molor

Source: CSUN Moodle

Skripsi merupakan karya ilmiah berupa penelitian. Anda dituntut untuk meneliti sebuah masalah dan memecahkannya menggunakan metodologi dan teori tertentu yang sesuai dengan masalah yang diteliti.

Sebaiknya, ambillah topik yang memang anda sukai dan kuasai. Jangan memaksakan diri untuk mengambil topik di luar kemampuan. Jangan menggunakan standar tinggi, sadari kemampuan yang Anda miliki.

Dengan mengambil topik yang dikuasai, Anda akan lebih mudah dan lancar dalam menyusun skripsi. Tidak ada kesulitan-kesulitan yang membuat Anda bingung dan tidak mampu menyelesaikannya.

Batasi Dulu Bergaul dengan Teman

Agar Skripsi Tidak Molor

Source: Flickr

Bukan berarti Anda harus memutus hubungan pertemanan dengan semuanya. Sebaiknya, selama menyusun skripsi, bergaulah dengan teman-teman yang juga sama-sama sedang menghadapi skripsi.

Ini akan membantu Anda untuk bisa fokus dan bisa saling bertukar pikiran mengenai skripsi yang sedang dikerjakan. Membatasi pergaulan ini bukan memutus tali silaturahim, tetapi dengan tujuan agar skripsi tidak molor. Setelah semuanya selesai, Anda bisa kembali lagi bergaul dengan teman-teman Anda yang lainnya.

Pilih Lingkungan Kondusif

Agar Skripsi Tidak Molor

Source: Jisc

Dalam menyusun skripsi, Anda juga memerlukan lingkungan yang kondusif, lingkungan yang tenang dan dapat membantu Anda berkonsentrasi dalam menyusun skripsi.

Baca juga:
Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Jika kebetulan Anda tinggal di tempat kos dan kurang kondusif, sebaiknya Anda pindah terlebih dahulu ke lingkungan yang lebih tenang. Suasana yang kurang kondusif justru semakin membuat Anda pusing dan bingung dalam mengerjakan skripsi.

Selain hal-hal di atas, Anda juga wajib untuk berdoa, meminta kepada Tuhan untuk dimudahkan dan dilancarkan dalam penyusunan skripsi. Tidak lupa juga meminta doa restu dari orang tua agar skripsi tidak molor dan selesai tepat waktu.

Feedback

Your feedback