Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Jessica,
5
Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Bagi siswa kelas XII yang hendak melanjutkan belajar ke perguruan tinggi, memilih jurusan kuliah bisa menjadi satu hal yang sangat membingungkan. Jangan sampai kamu salah memilih jurusan kuliah loh, sebab jurusan ini akan menentukan karier kamu ke depannya.

Nah, agar tidak sakah jurusan, sebaiknya kamu mengetahui tips untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.

  1. Memilih Jurusan Kuliah Sesuaikan dengan Bidang yang Kamu Minati

    Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

    Source: Pixabay

    Apa bidang yang kamu minati? Apakah pendidikan, kesehatan, perkantoran, atau yang lainnya? Sebaiknya, kamu mulai bertanya pada diri sendiri mengenai bidang yang diminati. Menjalani perkuliahan yang sesuai dengan minat akan terasa lebih menyenangkan, dibandingkan jika menjalaninya dalam keadaan terpaksa, tidak sesuai dengan minat.

  2. Sesuaikan dengan Bakat yang Kamu Miliki

    Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

    Source: Flickr

    Apakah kamu memiliki bakat tertentu, misalnya dalam bidang kesenian, bahasa asing, atau yang lainnya? Nah, sudah saatnya kamu mengembangkan bakat tersebut di bangku perkuliahan. Akan lebih menyenangkan menjalankan kuliah sambil mengembangkan bakat terpendam yang selama ini dimiliki, bukan?

  3. Sesuaikan dengan Cita-Cita yang Ingin Kamu Capai

    Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

    Source: Pixabay

    Apa cita-cita kamu? Jika bercita-cita menjadi seorang dokter, tentunya kamu harus mengambil jurusan kedokteran. Atau jika bercita-cita menjadi seorang guru, maka kamu bisa berkuliah di jurusan kependidikan. Jurusan kuliah yang sesuai dengan harapan atau cita-cita, kelak akan mempermudah langkah kamu dalam meraih cita-cita tersebut.

  4. Jangan Terbawa Arus

    Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

    Source: Flickr

    Ketika menentukan jurusan kuliah, banyak calon mahasiswa yang tidak benar-benar serius dalam memilihnya. Bahkan, tak jarang mereka hanya ikut-ikutan saja.

    Ada yang mengikuti kehendak orang tua, mengikuti jejak teman, dan ada pula yang hanya terbawa arus atau memilih jurusan secara asal karena bingung dengan jurusan yang harus dipilih.

    Ketika kamu sudah memutuskan untuk menjalani kuliah di satu jurusan, maka selama beberapa tahun ke depan kamu akan berkutat dengan keilmuan berhubungan dengan jurusan tersebut. Siapkah kamu? Maka, pilihlah jurusan yang benar-benar sesuai dengan diri kemamuan, kemampuan, dan kebutuhan kamu.

  5. Tanya Pendapat Orang Terdekat

    Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

    Source: Flickr

    Ketika sudah memiliki beberapa pilihan jurusan kuliah yang menurut kamu bagus, jangan lupa untuk bertanya pada orang di sekitar mengenai peluang kerja yang berkaitan dengan jurusan tersebut.

    Jangan sampai kamu mengedepankan idealisme tanpa mempertimbangkan realita yang akan dihadapi di masa depan.

  6. Siapkan Jurusan-Jurusan Alternatif dan Rencana Tambahan untuk Menghadapi Kemungkinan Terburuk

    Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

    Source: Flickr

    Ketika menyiapkan pilihan jurusan kuliah, jangan hanya memilih satu jurusan saja. Setidaknya siapkanlah 3 alternatif pilihan jurusan. Jangan lupa untuk pertimbangkan minat, bakat, kemampuan, serta peluang kerja dari masing-masing jurusan. Dari alternative tersebut, kamu bisa memilih satu jurusan yang paling cocok dengan diri kamu.

    Ketika kamu tidak memiliki alternatif jurusan, bisa jadi mendekati masa pemilihan jurusan, kamu akan merasa kebingungan. Terlebih jika di tahun tersebut kamu belum cukup beruntung untuk memasuki jurusan tersebut.

    Jika mengalami kegagalan diterima di jurusan yang diinginkan, pikirkanlah, apakah kamu masih akan bertahan mengejar jurusan tersebut, atau beralih ke jurusan alternatif yang lain. Dengan adanya jurusan dan rencana alternatif, kamu bisa lebih fokus dan tidak akan menyia-nyiakan waktu.

  7. Siapkan Jiwa dan Raga untuk Berkomitmen pada Jurusan Tersebut

    Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

    Source: Pixabay

    Ketika kamu sudah memilih satu jurusan, maka kamu harus mengerahkan seluruh tenaga, pikiran, waktu, dan bahkan finansial untuk menjalani pendidikan di jurusan tersebut.

Baca juga:
Tips Mudah Agar Kuliah Tidak Sia-Sia

Nah, itulah 7 tips dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang hendak memasuki bangku perkuliahan. Ingat, kuliah bukan hanya sekedar menuntut ilmu, tapi juga bisa menentukan siapa kamu di masa yang akan datang.

Feedback

Your feedback