Jika Anak Menunjukkan Minat pada Musik, Ini yang Harus Segera Mama Lakukan

Jessica,
0
Minat pada Musik

Salah satu kecerdasan yang dimiliki anak adalah kecerdasan musikal. Anak dengan kecerdasan tersebut mempunyai minat pada musik dengan kemampuan menghafal not dengan cepat, syair lagu, dan juga terampil memainkan alat musik. Kecerdasan musikal juga memungkinkan anak mengembangkan kecerdasan -kecerdasan lain yang mungkin ia miliki.

Kecerdasan lain yang paling erat dengan kecerdasan ini adalah kecerdasan emosi. Sebut saja dampak musik yang dimainkan anak akan menimbulkan efek senang, riang, tenang, dan bahkan puas atau bangga terhadap kemampuannya bermusik. Itu artinya, kecerdasan emosinya akan mendapat rangsangan positif dari kecerdasan musikalnya.

Nah, Mom, Jika anak Anda mulai menunjukkan kecerdasan musikal, ada baiknya Mama segera memperhatikan beberapa hal berikut agar bisa membantu buah hati mengembangkannya:

Kenalkan musik pada anak sedini mungkin

Minat Pada Musik

pixabay.com

Upayakan untuk memfasilitasi dan memprakarsai aktivitas musik buah hati sedini mungkin jika anak menunjukkan minat pada musik. Beberapa ahli menyarankan untuk mengenalkan berbagai aktivitas musik, baik dalam pendidikan maupun dalam bentuk permainan sebelum buah hati memasuki usia 11 tahun.

Banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa penundaan melakukan aktivitas musik berpengaruh terhadap kegagalan menguasai kompetensi musik.

Jika Mama tidak ingin kecerdasan yang luar biasa tersebut hilang dari buah hati, Mama bisa memasukkan putra-putri kesayangan ke Farabi Music School yang berada dalam gedung Educenter BSD. Dipimpin oleh musisi kawakan Indonesia, Dwiki Dharmawan, Farabi Music School memberikan program belajar yang unik untuk buah hati Mama, yaitu penggabungan antara perfoma musik kontemporer dan tradisional.

Sekolah musik ini juga bisa memberikan edukasi secara privat, serta workshop bersama musisi lokal dan internasional yang diadakan setiap bulan. Pengetahuan musik yang akan putra-putri Mama dapatkan juga beragam, mulai dari teori musik kontemporer dan tradisional, pelatihan telinga, studi budaya musik lokal dan internasional, aransemen musik, hingga proses yang terjadi dalam industri musik. Bagaimana, Mom? Menarik, bukan? Info lebih lanjut bisa dilihat di sini ya, Mom!

Berilah motivasi

Minat pada Musik

pixabay.com

Berilah penghargaan setulus mungkin pada anak saat mereka mulai mengekspresikan kemampuan dan minat pada musik. Saat anak-anak dengan suara cadel dan nada sumbang dengan bangga menyanyi, Mama harus tetap memberikan penghargaan terbaik. Anak pada usia pra-sekolah masih menganggap kemampuan bernyanyi mereka sebagai wujud dari jati diri, sehingga kritik terhadap kualitas bernyanyi akan menjatuhkan kepercayaan diri anak-anak.

Ajak nyanyi bersama

Minat pada Musik

pixabay.com

Bernyanyi bersama dengan buah hati juga dapat mengoptimalkan kecerdasan emosi anak. Sekali-kali luangkan waktu untuk menyanyikan lagu kesayangan anak bersama-sama. Momen-momen demikian bukan hanya melatih kemampuan bermusik anak, tetapi juga meningkatkan rasa disayangi pada anak. Anak Mama akan merasa bahwa ketertarikan mereka terhadap jenis musik tertentu dihargai dan kerelaan Mama bernyanyi bersamanya akan menjadi bentuk lain betapa Mama mengasihi dan mencintainya.

Selalu memberi dukungan

Minat pada Musik

pixabay.com

Dukunglah anak jika ia mulai menciptakan lagu-lagunya sendiri. Anak-anak dengan kecerdasan musikal sering kali mengubah beberapa lirik sesuai dengan keinginannya. Jangan pernah mencela ataupun meremehkan kemampuan anak dalam mengubah lirik. Biarkan ia terus berkembang dan raihlah tangannya utuk Mama bimbing menuju kecerdasan musikal yang lebih matang.

Perkenalkan anak pada lagu yang bermuatan nilai-nilai tertentu

Minat pada Musik

pixabay.com

Bimbingan Mama tentu sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kecerdasan musikal pada anak. Mama bisa mengajukan pertanyaan seputar tanggapan anak mengenai musik yang baru saja ia nyanyikan, atau musik seperti apa yang menurutnya bagus. Dengan demikian, anak tidak hanya belajar memainkan musik, tetapi juga mempunyai penghargaan yang tinggi terhadap musik.

Mama juga bisa memperkenalkan lagu bermuatan nilai-nilai tertentu pada anak. Misalnya, mulailah mengajarkan lagu Indonesia Raya. Lewat lagu kebangsaan negara kita, Mama bisa membuka pengetahuan anak tentang konsep negara, serta menanamkan rasa nasionalisme sejak dini. Selain lagu kebangsaan, lagu-lagu tradisional juga tidak kalah penting karena mengajarkannya nilai-nilai budaya suatu daerah.

Demikianlah hal-hal yang harus Mama lakukan ketika anak menunjukkan minat pada musik. Semoga bermanfaat, ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback