6 Cara Menarik Mengenalkan Huruf pada Balita

Jessica,
0
Mengenalkan Huruf pada Balita

Memasuki usia 2 tahun, anak akan mulai pandai berbicara dan mengenal berbagai kosakata baru. Di fase itu adalah waktu yang tepat untuk orang tua mengenalkan huruf pada balita. Selain untuk merangsang kecerdasan otak, mengenalkannya pada huruf adalah langkah awal untuk proses pertumbuhan.

Namun untuk mengenalkan huruf pada balita harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh kesabaran. Karena dengan begitu ia akan menjadi lebih tertarik dan bersemagat dalam menerima setiap materi yang diajarkan. Tentu konsep belajarnya berbeda dibandingkan cara belajar orang dewasa.

Nah, berikut ini beberapa cara menarik yang bisa diterapkan untuk mengenalkan huruf pada balita.

Dari Namanya

Mengenalkan Huruf pada Balita

pexels.com

Cara paling pertama untuk mengenalkan huruf pada balita adalah dengan cara meminta ia untuk mengeja namanya sendiri. Selain mengenalkan huruf, hal ini juga berguna untuk mengenalkan cara menulis namanya sendiri, nama yang biasa ia ucapkan.

Anak cenderung akan tertarik untuk bisa mengeja namanya sendiri. Bahkan setelah bisa menulis namanya sendiri, ia akan penasaran dan mencari tahu huruf-huruf lain untuk membaca setiap tulisan yang ditemui.

Musik, Video atau Buku Cerita

Mengenalkan Huruf pada Balita

pexels.com

Cara selanjutnya yang seringkali digunakan oleh para orang tua adalah dengan musik, film dan buku. saat ini ada banyak media pembelajaran seperti musik atau video yang membantu anak lebih mudah mengerti setiap huruf. Musik dan video yang mengenalkan semua jenis huruf. Anda bisa dengan mudah menemukannya di youtube.

Selain musik dan video, Anda bisa mengenalkan huruf pada balita dari buku cerita bergambar. Dimulai saat Anda membacakan sebuah cerita dan ia mendengarkan. Lama kelamaan ia akan penasaran dan ingin membacanya sendiri. Nah, dari sini Anda bisa mulai mengenalkannya pada huruf.

Bernyanyi Bersama

Mengenalkan Huruf pada Balita

pexels.com

Selain mendengarkannya musik, Anda juga bisa mengajaknya bernyanyi bersama. Ini akan membuat si kecil lebih mudah memahami. Dengan musik biasanya anak-anak akan lebih semangat dalam melakukan sesuatu. Tentu saja, lagu yang dinyanyikan adalah lagu-lagu alfabet yang mengajarkannya untuk mengenal semua huruf.

Bermain Puzzle

Mengenalkan Huruf pada Balita

pexels.com

Bukan hanya merangsang kecerdasan, puzzle juga membantu orang tua untuk mengenalkan huruf pada anak. Untuk itu, Anda bisa membelikannya mainan pazzle berbentuk huruf berukuran besar. Lalu ajak anak untuk bermain bersama mencocokkan setiap kepingan puzzle tersebut.

Manfaatkan Lingkungan Sekitar

Mengenalkan Huruf pada Balita

pexels.com

Lingkungan sekitar selalui bisa menjadi media belajar yang baik. Terutama dalam hal mengenalkan huruf pada balita, Anda bisa menggunakan tulisan baliho, spanduk atau papan nama toko sebagai media belajarnya.

Sambil berjalan-jalan di taman atau saat di luar rumah, Anda bisa mengajak anak untuk membaca satu persatu tulisan yang terlihat. Cepat atau lambat anak akan tertarik, dan justru ia akan semakin antusias bertanya perihal tulisan-tulisan yang baru ditemui di tempat-tempat  baru.

Jadikan Sebagai Rutinitas yang Menenangkan

Mengenalkan Huruf pada Balita

pexels.com

Terakhir, setelah anak sudah mulai tertarik mengenal beragam jenis huruf dan mulai gemar mengeja tulisan, hal yang perlu dilakukan adalah mempertahankan hal tersebut dengan menjadikannya rutinitas yang menyenangkan.

Agar tidak mudah bosan, mengenalkan huruf pada balita harus dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan seperti sambil mengajaknya bermain di taman, rekreasi ke taman hiburan atau bahkan ketika di tengah kemacetan.

Ada banyak cara kreatif orang tua untuk mengenalkan huruf pada balita. Selain cara tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara kreasi sendiri. Namun yang pasti, semua cara tersebut harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Sehingga anak akan lebih mudah memahami.

Be the first to write a comment.

Your feedback