Asyiknya Memasak Bersama Anak Usia TK, 5 Resep Sederhana ini Patut Anda Coba!

0
109
Jagung Susu Keju
Jagung Susu Keju

Hubungan yang dekat dengan anak adalah impian tiap orang tua. Salah satu aktivitas yang bisa Anda coba adalah mengajarkan si kecil belajar masak. Meskipun terlihat sederhana, kegiatan ini ternyata memiliki segudang manfaat. Salah satunya  melatih konsentrasi anak. Kegiatan memasak bersama anak idealnya dimulai ketika anak mulai belajar di taman kanak-kanak. Di usia seperti ini, mereka sedang gemar mengeksplorasi hal-hal baru.

Yuk simak, 5 resep sederhana yang bisa Anda coba bila ingin memanfaatkan libur untuk memasak bersama anak

Bola-Bola Cokelat

Bola-Bola Coklat
Bola-Bola Coklat

Kebanyakan anak usia TK gemar mengonsumsi berbagai olahan cokelat. Sayangnya, camilan cokelat di pasaran kadang memiliki kandungan gula tinggi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan gigi anak. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat sendiri bola-bola cokelat yang lezat.

Bahan yang Anda butuhkan antara lain biskuit, susu kental manis cokelat dan meses cokelat untuk taburan. Pertama-tama, Anda harus menghancurkan biskuit hingga halus. Anda dapat menumbuknya secara manual atau menggunakan blender. Setelah itu, campurkan adonan dengan susu kental manis sesuai selera.

Pastikan tekstur adonan dapat dibentuk. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil lalu balurkan di atas meses hingga seluruh permukaan adonan tertutupi. Masukkan ke dalam lemari es untuk rasa yang lebih renyah. Biarkan si kecil ikut membentuk adonan menjadi bola dan membalurkannya dalam meses. Masak bersama anak dijamin lebih menyenangkan.

Jagung Susu Keju

Jagung Susu Keju
Jagung Susu Keju

Camilan yang satu ini memang akrab dengan anak usia TK karena biasanya dijajakan di kantin sekolah. Namun bila ingin disajikan di rumah, Anda bisa membuatnya bersama si kecil. Bahan serta cara membuatnya pun sangat gampang.

Cukup siapkan jagung manis yang telah direbus kemudian dipipil, mentega, susu serta keju cheddar parut. Kemudian dalam keadaan hangat, Anda bisa meminta si kecil untuk mencampurkan semua bahan dalam wadah. Bila anak menyukai keju, Anda bisa menambahkannya sebagai taburan sebelum dimakan.

Bakso Bakar

Bakso Bakar
Bakso Bakar

Bakso juga tergolong jajanan favorit si kecil. Namun, bakso yang dijual di pinggir jalan sering kali tidak terjamin keamanannya untuk tubuh. Anda bisa membuat bakso sendiri untuk meminimalkan risiko kesehatan yang timbul. Setelah bakso buatan Anda matang, olah kembali menjadi bakso bakar.

Anda bisa melibatkan si kecil untuk memasukkan bakso ke dalam tusuk sate. Ketika sudah matang, balurkan kecap atau saus tomat ke atas bakso sesuai selera anak. Bahannya yang sederhana membuat bakso bakar cocok diterapkan saat memasak bersama anak.

Martabak Telur Sayur

Martabak Telur Sayur
Martabak Telur Sayur

Anak Anda susah makan sayur? Cobalah membuat martabak telur sayur. Anda hanya membutuhkan bahan seperti telur, sayuran seperti wortel, tomat, dan brokoli serta minyak goreng. Anda bisa meminta si kecil untuk mengocok telur sementara Anda yang merajang sayuran dan menggorengnya. Resep ini juga cocok bagi anak yang picky eater.

Es Jelly Buah

Es Jelly Buah
Es Jelly Buah

Anak Anda gemar beraktivitas di luar ruangan? Ajak dia untuk membuat es jelly buah yang bisa ia nikmati usai bermain. Anda hanya perlu menyiapkan jelly, buah, sirop, dan air gula. Pilihlah buah favorit si kecil. Campurkan semua bahan dan masukkan dalam tempat es lolipop. Simpan di kulkas 2 sampai 3 jam agar mengeras. Resep ini tergolong aman untuk praktik memasak bersama anak.

Jika Anda memiliki anak yang sedang bersekolah di TK, jangan ragu mencoba 5 resep sederhana ini. Selain mudah dipraktikkan, bahan-bahannya juga mudah di dapatkan di rumah. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here