Kapan Bayi Mengerti Kata-Kata Anda? 

Vana Vana,
0
Bayi Mengerti Kata

Ketika bayi baru lahir, bayi masih belum bisa mengerti kata – kata, entah ayah, ibu, atau orang lain, dan bayi tersebut hanya bisa menangis, tidur, dan juga menyusu. Kemampuan tersebut akan hadir seiring berjalannya waktu, hal tersebut memang membuat Anda bertanya-tanya kapan bayi akan mengerti apa yang Anda bicarakan atau orang lain bicarakan? Yuk, simak di artikel ini.

Bayi yang masih kecil tentu saja tidak akan pernah membalas perkataan Anda karena mereka belum bisa berbicara, mereka hanya akan bisa berbicara dengan baik, seperti mengucapkan papa atau mama ketika si kecil berusia sembilan hingga dua belas bulan, meski si kecil belum bisa berbicara dengan benar, mereka sebenarnya sudah mengerti atau paham dengan beberapa kata.

Penelitian yang telah dilakukan oleh University of Pennsylvania mengatakan bahwa bayi pada usia enam hingga sembilan bulan sudah mengerti apa yang dikatakan oleh seseorang, dan Dr. Erika Bergeslon, ketua dari penelitian tersebut, “Anak-anak pada usia tersebut memang tidak mengatakan apa-apa, namun mereka bisa menangkap apa yang diucapkan dengan hal-hal yang di lingkungan.”

Untuk mengetahui kapan bayi bisa memahami kata-kata, penelitian tersebut mengamati 33 bayi yang berusia enam hingga sembilan bulan tersebut ke laboratorium, bayi tersebut kemudian akan dibandingkan dengan bayi berusia 10 hingga 20 bulan.

Bayi sendiri dihadapkan dengan pengasuh yang memegang empat gambar berbeda, dua gambar makan dan dua gambar anggota tubuh, mata pengasuh akan ditutup dengan kain untuk tidak ada kontak dengan si bayi.

Si pengasuh akan diminta mengucapkan kata-kata “ini apel” berulang kali, kemudian akan mencoba mengajukan pertanyaan kepada bayi dengan bertanya dimana letak apel dan menunjukkan gambar apel dan gambar lain-nya.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bayi yang berusia enam hingga sembilan bulan tersebut akan mengarahkan pAndangan mereka pada gambar yang diberi nama, seperti apel. Hal ini membuktikkan bahwa ada kemungkinan bayi sudah bisa mengerti apa yang dikatakan oleh seseorang.

Memahami kata dan bahasa adalah bagian dari perkembangan otak si bayi, keterampilan tersebut sudah berkembang sejak bayi berusia satu bulan, tetapi otak bayi hanya memerlukan waktu untuk memilah kata dan suara di sekelilingnya.

Awalnya, bayi akan mengembangkan kemampuan bahasa secara reseptif, yang artinya hanya akan memahami kata-kata tertentu yang memiliki makna, dan seiring berjalannya waktu, hal tersebut akan meningkat menjadi bahasa ekspresif, yang membuat mereka bisa mengucapkan kata-kata yang memiliki makna.

Agar Anda dapat mengerti perkembangan bayi dalam memahami kata-kata, perhatikan beberapa tahap seperti berikut ini:

  • Usia Tiga Bulan: Bayi mulai paham bahwa menangis adalah salah satu cara mereka bisa berkomunikasi dengan orang orang di sekitar mereka.
  • Usia Tiga Bulan Hingga Enam Bulan: Bayi akan mulai merespons ketika ada yang memanggil namanya, bereaksi ketika mendengarkan musik atau suara yang keras dan juga memberi respond kepada suara Anda.
  • Usia Enam Hingga Sepuluh Bulan: Bayi akan mulai mengerti kata-kata sederhana yang digunakan setiap hari, seperti mamam untuk makan, dan juga sudah bisa mengenali siapa mama dan papa yang sering diucapkan orang tua si kecil.
  • Usia Sepuluh Bulan Hingga Dua Belas Bulan: Pada usia ini, bayi tentu saja sudah bisa menggunakan gerak tertentu dari kata yang Anda telah ucapkan, Anda juga mungkin sudah bisa melihat si kecil sudah bisa melambai tangan ketika ada yang mengucapkan selamat tinggal.

Setiap anak tentu saja memiliki perkembangan yang berbeda, tetapi pada umumnya, mereka bisa menguasai keterampilan tertentu pada rentang usia tersebut, membantu bayi untuk meningkatkan hal tersebut adalah untuk memahami kata dan berbicara, Anda bisa mengajak anak Anda ngobrol, bernyanyi, atau juga membaca buku.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback