Inilah 4 Software yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Masa Kini

Jessica,
0
Mahasiswa Masa Kini

Software atau perangkat lunak merupakan program yang dirancang untuk membuat, merekayasa, atau mengembangkan berbagai hal secara digital. Kemampuan untuk menggunakan beragam perangkat lunak mutlak dimiliki oleh mahasiswa masa kini agar lebih mudah menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman.

Saat ini ada banyak software yang mampu mempermudah tugas para mahasiswa. Dengan adanya software-software tersebut, diharapkan mahasiswa dapat menjadi lebih aktif dan produktif dalam menciptakan berbagai karya baru yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Sebagai mahasiswa masa kini, setidaknya ada 4 software yang wajib Anda miliki di komputer atau laptop Anda, yaitu:

  1. Mendeley

Mahasiswa Masa Kini

blog.mendeley.com

Bagi para akademisi, Mendeley adalah software yang harus dimiliki. Perangkat lunak yang satu ini berfungsi untuk memasukan kutipan serta sumber referensi dari tulisan Anda secara otomatis ke dalam tabel daftar pustaka.

Hanya dengan memasukan sejumlah informasi ke dalam software, Mendeley secara otomatis akan membuat format penulisan referensi berdasarkan gaya menulis daftar pustaka yang Anda kehendaki mulai dari APA (American Psychological Association) hingga Harvard.

Kemudahan ini akan memangkas banyak waktu yang biasanya dihabiskan oleh mahasiswa untuk memasukan belasan bahkan puluhan sumber informasi ke dalam daftar pustaka di akhir sebuah jurnal ilmah atau skripsi.

  1. Corel Draw

Mahasiswa Masa Kini

windows10freeapps.com

Bagi Anda yang terbiasa berkecimpung di dunia desain grafis, software Corel Draw tentu sudah tidak asing lagi. Pada dasarnya, Corel Draw merupakan sebuah aplikasi desain berbasis vektor yang dapat digunakan untuk membuat desain mulai dari tingkat pemula hingga lanjutan.

Corel Draw sangat penting untuk dikuasai oleh mahasiswa masa kini. Sebab Corel Draw memiliki sejumlah fungsi yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari seperti mengubah ukuran foto, membuat logo, mendesain warna dan model baju, hingga membuat poster untuk berbagai kegiatan.

  1. Microsoft Excel

Mahasiswa Masa Kini

blogs.msdn.microsoft.com

Software yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi para mahasiswa masa kini. Microsoft Excel pada dasarnya merupakan salah satu varian produk Microsoft Office yang paling sering digunakan selain Microsoft Word dan Power Point.

Sayangnya, kemampuan menguasai Excel biasanya tidak begitu diperhatikan oleh para mahasiswa masa kini. Padahal, fungsi dari Excel merupakan salah satu yang paling aplikatif karena berhubungan langsung dengan ilmu statistika yang memiliki banyak kegunaan baik di kampus maupun di dunia kerja.

  1. Grammarly

Mahasiswa Masa Kini

reddit.com

Zaman sekarang, kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi sebuah keharusan yang tidak boleh disepelekan. Bagi Anda yang masih ragu dengan kemampuan berbahasa Inggris Anda, terutama dalam bentuk tulisan, Grammarly adalah software yang wajib Anda miliki.

Perangkat lunak yang satu ini memiliki kegunaan untuk memeriksa hasil tulisan yang sudah Anda buat. Dengan menyalin tulisan yang Anda buat ke dalam ruang yang telah disediakan, Grammarly secara otomatis akan menandai kesalahan gramatikal pada tulisan Anda.

Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa Grammarly membutuhkan koneksi internet untuk dapat bekerja. Selain itu, Grammarly juga hanya akan mengoreksi kesalahan gramatikal dasar saja. Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Anda harus menggunakan versi premium dari perangkat lunak ini yang tentu saja tidak gratis.

Pada akhirnya, terlepas dari gelar yang didapat oleh para mahasiswa nantinya, keterampilan menggunakan perangkat lunak adalah nilai plus yang mampu membuat mereka lebih mudah dilirik oleh para penyedia lapangan kerja. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk tidak mempelajari keterampilan penguasaan perangkat lunak sekalipun Anda mengambil jurusan kuliah yang tidak ada hubungannya dengan teknologi. Selamat belajar!

Be the first to write a comment.

Your feedback