6 Tips Membangun Jaringan Akademis bagi Mahasiswa

Jessica,
0
Membangun Jaringan Akademis

Bagi mahasiswa, selain membangun jaringan untuk bisnis, membangun jaringan akademis adalah hal yang tak kalah pentingnya. Dunia kampus yang benar-benar berbeda dengan masa sekolah membuat kamu mau tak mau harus aktif untuk mendapatkan sesuatu.

Selain dengan teman, senior dan dosen adalah orang-orang yang harus kamu dekati. Bukan hanya untuk membuat masa-masa kuliahmu menjadi lebih mudah dan menyenangkan, jaringan yang kamu bangun selama kuliah juga pasti akan berguna untuk karirmu di masa depan.

Lantas bagaimana caranya memulai membangun jaringan akademis di kampus? Simak tips berikut ini!

Mulai dari Atasanmu

Membangun Jaringan Akademis

atwm.ac.id

 

Membangun jaringan akademis di kampus bisa kamu mulai dari atasanmu. Atasan di sini bisa komisaris kelas, ketua kelompok, ketua himpunan mahasiswa dan orang-orang yang memiliki pengaruh di kampusmu. Mereka biasanya punya banyak informasi dan sumberdaya yang bisa kamu manfaatkan. Ingat, bangunlah jaringan yang positif dan saling menguntungkan satu sama lain.

Ikut Organisasi

Membangun Jaringan Akademis

idntimes.com

 

Fokus dengan kuliah memang tidak salah. Tapi mencoba mengikuti berbagai kegiatan lain di luar jam belajar bukanlah hal yang salah. Ada banyak organisasi di kampus yang bisa menampung minat dan bakat yang tidak tersalurkan di jurusanmu. Kalau kamu suka menulis, cari tahu apakah kampus punya organisasi jurnalistik yang bisa kamu ikuti. Tidak sedikit mahasiswa yang mendapatkan koneksi dunia kerja dengan membangun jaringan akademis melalui organisasi kampus semacam ini.

Jangan Pasif

Membangun Jaringan Akademis

popbela.com

 

Tunjukkan dirimu di manapun kamu berada. Tidak hanya mampu maju dan berbicara di depan rekan-rekan satu jurusanmu, cobalah untuk tampil sebagai pembicara di forum yang lebih besar. Jika sedang ada konferensi yang dilakukan oleh organisasi jurnalistikmu, manfaatkan kesempatan ini untuk terlibat langsung dengan menjadi panitia, atau sekadar ikut bertanya jika ada sesi tanya jawab yang dibuka.

Cari Orang-orang yang Sevisi Denganmu

Membangun Jaringan Akademis

popbela.com

 

Bergabung dengan organisasi tanpa teman mungkin akan membuatmu merasa cemas. Kamu bisa mencari orang-orang terdekat yang punya kesamaan visi denganmu. Mungkin ada rekan satu kelasmu yang ternyata punya ketertarikan yang sama dengan dunia jurnalistik seperti kamu. Kamu bisa mengajak mereka bergabung dengan organisasi dan memulai aktivitas di sana bersama-sama.

Manfaatkan Internet

Membangun Jaringan Akademis

mitrashare.com

 

Penggunaan internet yang semakin meluas sebenarnya juga membuka kesempatan yang semakin besar bagimu untuk membangun jaringan akademis di kampus. Hampir semua orang punya media sosial, kampus juga biasanya memiliki situs sendiri begitupun semua organisasi yang ada di dalam kampus. Kamu bisa mendapatka banyak informasi hanya dengan menggunakan internet saja.

Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan dengan internet adalah dengan bergabung di forum-forum diskusi. Selain bisa membicarakan mengenai materi kuliah, kamu juga punya kesempatan lebih besar untuk bertemu dengan orang-orang baru yang punya kesamaan minat denganmu. Lebih baik lagi kalau kamu bisa bergabung dengan forum diskusi yang beranggotakan mahasiswa dari universitas lain.

Keep in Touch!

Membangun Jaringan Akademis

idntimes.com

 

Percayalah, mencari kenalan sebanyak-banyaknya jauh lebih mudah daripada mempertahankan mereka tetap berada dalam ruang circle-mu. Banyak orang yang hanya bertukar nama dan nomor telepon tapi tidak pernah benar-benar saling berhubungan satu sama lain.

Kamu bisa memulai dengan menyapa di halaman media sosial milik mereka, mengirim pesan atau email untuk meminta paper yang kamu butuhkan sebagai bahan kuliah. Jangan sampai jaringan yang sudah kamu buat dengan susah payah, hilang begitu saja karena kamu terlalu malas untuk melakukan follow up.

Networking merupakan kunci penting menjalin hubungan baik untuk urusan formal maupun informal. Membangun jaringan akademis di lingkungan kampus merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Selain membantu mahasiswa mendapatkan berbagai keuntungan di bidang akademis, jaringan yang terus dijaga juga akan bermanfaat sampai kamu memasuki dunia kerja.

Be the first to write a comment.

Your feedback