Mahasiswa Baru? Ini Dia Tips Menghadapi Tahun Pertama Kuliah Tanpa Masalah

Jessica,
0
Menghadapi Tahun Pertama Kuliah

Transisi dari masa SMA menuju bangku kuliah bisa jadi hal yang paling kamu nantikan dan kamu takutkan. Rasa penasaran dengan dunia baru bercampur dengan ketakutan tentang bagaimana caramu menghadapi tahun pertama kuliah. Karena di tahun pertama inilah segalanya di tentukan. Seberapa besar kecocokanmu dengan jurusan yang kamu ambil dan seberapa mampu kamu beradaptasi dengan lingkungan yang seba baru.

Saat itulah kamu akan memulai masa kuliah dengan catatan akademis yang bersih, bersama dengan kemandirian dan segudang keputusan yang harus bisa kamu ambil sendiri. Apa yang kamu lakukan selama tahun pertama ini akan memiliki dampak besar selama masa perkuliahan hingga akhir. Lantas bagaimana caranya kamu bisa menghadapi tahun pertama kuliah dengan baik? Simak tips berikut ini!

 

Ikuti Orientasi dan Kenali Lingkunganmu

Menghadapi Tahun Pertama Kuliah

Sumber : anakkampusblogspot

 

Mengenali lingkungan adalah kunci utama agar kamu bisa menghadapi tahun pertama kuliah dengan mulus. Ikuti semua orientasi yang diadakan pihak kampus. Kenali seluruh wilayah kampus hingga teman-teman bahkan petugas perpustakaan. Semakin cepat kamu mempelajari seluruh lingkungan kampus, semakin nyaman perasaanmu dan semakin siap kamu memulai perkuliahan.

 

Mulailah Belajar untuk Teratur

Menghadapi Tahun Pertama Kuliah

Sumber : uvc

 

Pola belajar masa SMA dengan perkulihahan sangat jauh berbeda. Jika di masa SMA guru-guru selalu membimbing dalam setiap tugas, dosen di kampus biasanya akan memberikan tugas selama satu semester penuh. Belilah catatan dan perhatikan kapan tenggat setiap tugas yang diberikan. Jangan sampai kamu gagal menghadapi tahun pertama kuliah karena ketidakteraturanmu.

 

Temukan Tempat Terbaik untuk Belajar

Menghadapi Tahun Pertama Kuliah

Sumber : edin

 

Kuliah adalah tempat belajar yang penuh dengan kemandirian. Untuk bisa belajar mandiri dengan maksimal, kamu harus menemukan tempat belajar yang membuatmu nyaman. Bisa saja kamar kost, ruang baca jurusan atau perpustakaan kampus. Jika sudah waktunya belajar, jauhi sebanyak mungkin gangguan yang mungkin datang.

 

Rajinlah Masuk Kelas dan Jangan Ragu Temui Dosen

Menghadapi Tahun Pertama Kuliah

Sumber : inakoran

 

Meski kedengarannya sangat klise, tapi yang paling penting untuk menghadapi tahun pertama kuliah dengan lancar adalah jangan lewatkan satu kelas kuliahpun. Dengan mengikuti perkuliahan, selain mendapatkan materi kamu juga bisa menanyakan hal-hal yang tidak kamu pahami pada dosen. Jika masih ada yang belum kamu mengerti, jangan ragu untuk menemui dosen yang bersangkutan (tentu saja setelah melalui prosedur yang ditentukan kampus).

Kenali Penasehat Akademismu

Ketika kamu masuk kuliah, kamu akan diberi satu nama dosen yang akan menjadi pembimbing akademismu. Manfaatkan keberadaannya untuk berkonsultasi mengenai kuliahmu termasuk mata kuliah mana yang seharusnya kamu ambil lebih dulu atau tidak. Jika ada masalah, jangan ragu untuk mengutarakan kepada pembimbingmu dan minta bantuannya.

 

Carilah Keseimbangan

Menghadapi Tahun Pertama Kuliah

Sumber : ashwoodrecovery

 

Meskipun masih semester awal, bukan berarti kamu tidak boleh beristirahat. Kampus adalah dunia di mana kehidupan sosial dan akademis bertemu. Jika memang ada waktunya santai, tidak ada salahnya lakukan hobimu seperti menonton film atau hang out bersama teman-teman.

Libatkan Diri dalam Kegiatan Kampus

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh mahasiswa baru, terutama yang harus merantau dan berpisah dari orang tua adalah perasaan tidak betah. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Cobalah untuk mengikuti kegiatan kampus (di luar perkuliahan). Mungkin mendaftar klub drama, jurnalistik, olahraga dan lain sebagainya.

Di sana, kamu bisa menambah kemampuan soft skill-mu, menambah teman baru dan menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap kampus. Dengan cara ini, kamu akan semakin betah berkuliah. Jangan lupa untuk maksimalkan fasilitas yang disediakan kampus untuk mendukung proses belajarmu.

 

Jaga Kesehatan, Istirahat dan Makan yang Cukup

Menghadapi Tahun Pertama Kuliah

Sumber : hellosehat

 

Saran ini juga mungkin terdengar basi tapi seringkali diabaikan. Berkuliah dan bergaullah dengan baik, tapi jangan lupa sisihkan waktu untuk menjaga kesehatan. Seminggu sekali setidaknya berolahragalah agar kamu tetap sehat.

Menghadapi tahun pertama kuliah kadang sudah membuatmu merasa takut duluan. Ikuti langkah-langkah mudah di atas agar langkahmu di tahun-tahun selanjutnya berjalan semakin mudah

Be the first to write a comment.

Your feedback


Deprecated: WP_Query was called with an argument that is deprecated since version 3.1.0! caller_get_posts is deprecated. Use ignore_sticky_posts instead. in /var/www/vhosts/educenter.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5145