6 Cara Membentuk Profesionalitas Sejak Kuliah

Jessica,
0
Membentuk Profesionalitas

Tujuan dari kuliah tidak hanya sekadar menuntut ilmu, akan tetapi juga sebagai satu langkah untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memperoleh pekerjaan bergengsi di perusahaan ternama.

Namun, karena persaingan terus meningkat setiap tahunnya, Anda yang baru saja lulus atau masih menjadi mahasiswa tentunya harus memiliki keunggulan yang dapat dibanggakan ketika melamar pekerjaan. Seperti sikap profesional terhadap pekerjaan dan bertanggung jawab.

Tidak mudah memang membentuk jiwa profesional secara instan, perlu cara untuk memulainya sejak dini. Dan 6 cara berikut dapat membantu Anda dalam membentuk profesionalitas sejak kuliah.

 

Disiplin

Membentuk Profesionalitas

Sumber : widyatama

 

Disiplin merupakan ujung tombak dalam membentuk profesionalitas. Butuh usaha yang besar berkomitmen dalam disiplin. Terutama disiplin waktu. Anda sebagai mahasiswa dapat melatihnya mulai dari datang ke kelas tepat waktu dan mengerjakan tugas sesuai tenggat waktu yang diberikan dosen. Menunda suatu tugas atau kewajiban, berarti Anda telah memberi kelonggaran pada diri sendiri dan akan berpengaruh terhadap pengembangan karier ke depan.

 

Buat Daftar Target

Membentuk Profesionalitas

Sumber : brainrack

 

Jangan ragu menuliskan mimpi-mimpi yang ingin diraih. Tulislah setinggi apa pun cita-cita Anda. Buatlah daftar target yang ingin dicapai. Ketika tujuan sudah jelas, maka motivasi untuk mencapainya pun lebih besar.

Jangan melakukan sesuatu setengah-setengah dan memikirkan langkah selanjutnya di kemudian hari. Buatlah sasaran atau langkah-langkah yang dapat membantu dalam mencapai target yang telah dituliskan. Sebagai mahasiswa, target awal bisa berupa menyelesaikan kuliah lebih cepat atau memperoleh IPK mendekati sempurna.

 

Membangun Karakter

Membentuk Profesionalitas

Sumber : shutterstock

 

Jangan sungkan untuk  ikut organisasi atau sebuah event yang diselenggarakan kampus. Dengan melibatkan diri secara langsung, Anda akan terbiasa bekerja sama dengan banyak orang dan paham cara menyatukan pendapat. Selain itu, Anda juga menjadi lebih berani mengutarakan pendapat dan menyalurkan ide-ide kreatif.

Nantinya, ketika menuliskan pengalaman di CV, Anda dapat menonjolkan diri bahwa sudah memiliki pengalaman dan tentu jadi nilai plus di mata perusahaan.

 

Berikan Hasil Terbaik

Membentuk Profesionalitas

Sumber : popbela

 

Seseorang yang profesional, akan selalu memberikan hasil yang terbaik; berkualitas tinggi, serta memiliki kinerja yang maksimal. Karena itu, biasakan diri Anda untuk mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh. Jangan puas hanya dengan nilai rata-rata tapi berusalah mencoba memberikan hasil lebih dari apa yang diharapkan. Baik itu dalam kegiatan, tugas, proyek, atau dalam apapun itu. Hal ini akan sangat membantu membangun profesionalitas diri, terutama dalam dunia kerja nanti.

 

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Membentuk Profesionalitas

Sumber : rmolsumsel

 

Hubungan kerja sama berjalan lancar karena proses komunikasi yang bagus. Mampu memahami lawan bicara dan tidak menekan keinginan akan membuat lawan bicara senang. Selain itu ketika berhasil menjadi komunikator sekaligus pendengar yang andal, Anda sudah meraih kepercayaan dari lawan bicara. Tentu semua itu sangat berguna dalam membangun profesionalitas.

 

Perhatikan Lingkungan

Membentuk Profesionalitas

Sumber : sahabatpegadaian

 

Faktor lingkungan ikut memengaruhi dalam membentuk profesionalitas seseorang. Jangan bertahan di suatu lingkungan jika suasananya sudah tidak mendukung lagi. Seperti teman-teman di sekitar Anda yang suka malas-malasan dan sering menunda pekerjaan. Tentu, tidak ada salahnya Anda mencari teman baru dan berpindah ke lingkungan yang lebih stabil. Carilah  teman yang memiliki  satu visi untuk menambah semangat dan mampu menjaga sikap disiplin serta komitmen.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda terapkan dalam membentuk sikap profesionalitas. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa memaksimalkan kemampuan ketika kuliah yang kelak akan berguna ketika memasuki dunia kerja.

Be the first to write a comment.

Your feedback