Olahraga Ringan Sebelum Berangkat Sekolah, Kenapa Tidak?

Jessica,
0
Source - pixabay

Olahraga di pagi hari bertujuan untuk menyiapkan tubuh agar tidak terlalu kaget menjalani aktivitas. Olahraga ringan juga bisa menjadi pemanasan sebelum melakukan aktivitas seharian penuh. Hal ini penting untuk siapa saja, tak terkecuali anak sekolah yang menghabiskan waktu dari pagi hingga siang, bahkan kadang hingga sore di sekolah.

Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa manfaat kegiatan olahraga di pagi hari.

1. Menjadikan tubuh lebih bertenaga

Source - pixabay

Source – pixabay

Saat tidur, tubuh dan otot-otot mengalami relaksasi. Maka, saat bangun tidur, tubuh memerlukan penyesuaian untuk aktivitas sehari-hari. Penyesuaian ini bisa dilakukan dengan melakukan olahraga ringan untuk melenturkan otot yang kaku dan menjadikannya siap untuk kegiatan yang lebih berat.

2. Melancarkan metabolisme dalam tubuh

Dengan sedikit gerak tubuh dan olahraga ringan, panas tubuh bisa meningkat. Organ dalam tubuh pun melakukan proses metabolisme dengan lebih baik. Akibatnya, tubuh akan menjadi lebih bertenaga, pencernaan berjalan lebih lancar, dan stamina terjaga lebih lama.

3. Meningkatkan fokus

Source - pixabay

Source – pixabay

Akibat lain dari meningkatnya metabolisme adalah aliran darah ke seluruh bagian tubuh bisa lebih lancar. Akibatnya, kemampuan untuk fokus juga meningkat. Jika hal ini diterapkan pada pelajar, kemampuan belajar, menerima pelajaran, dan kemampuan berpikir juga akan meningkat. Dengan kata lain, olahraga bisa meningkatkan peluang mendapatkan prestasi yang lebih baik.

4. Bangun pagi tak sulit lagi

Salah satu ‘penyakit’ yang umum bagi pelajar adalah sulit bangun pagi. Namun, dengan aktivitas fisik seperti olahraga ringan, tubuh bisa lebih cepat terjaga dan rasa kantuk bisa lebih cepat hilang. Dengan catatan, olahraga yang dilakukan sebatas aktivitas ringan, karena olahraga yang terlalu berat bisa saja menjadikan tubuh kelelahan.

Lalu, aktivitas olahraga ringan seperti apa sajakah yang cocok dilakukan anak sebelum sekolah? Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa dicoba:

  • Senam sederhana
Source - pixabay

Source – pixabay

Senam sederhana seperti pemanasan dan melenturkan tubuh adalah olahraga yang paling ringan. Selain tidak memerlukan peralatan khusus, waktunya bisa diatur sesukanya. Misalnya, luangkan waktu selama 10 menit saja untuk melakukan gerakan-gerakan ringan di teras sembari menghirup udara pagi nan segar. Aktivitas mudah dan singkat ini efektif untuk mempersiapkan tubuh agar siap sekolah seharian.

  • Joging

Lari-lari kecil di pagi hari bermanfaat untuk menyegarkan dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Meskipun hanya sekadar berlari mengelilingi lingkungan sekitar rumah, joging terbukti mampu membuat tubuh mengeluarkan keringat. Bagi yang tinggal di daerah dingin, joging bisa sekaligus bermanfaat untuk menghangatkan tubuh supaya tidak kedinginan saat akan mandi untuk bersekolah.

  • Bersepeda

Bersepeda umum dilakukan sebagai olahraga ringan. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan mengelilingi lingkungan sekitar rumah, atau bisa juga dilakukan ketika berangkat ke sekolah. Selain menyehatkan, bersepeda ke sekolah juga dapat menghindarkan diri dari macetnya kendaraan.

  • Berenang

Jika di rumah ada fasilitas kolam renang, tidak ada salahnya menghabiskan beberapa menit dengan menceburkan diri ke kolam. Tentunya berenang di pagi hari harus didahului dengan pemanasan. Setelah berenang, pelajar bisa langsung mandi dan bersiap berangkat ke sekolah dalam keadaan segar.

Nah, itu tadi manfaat olahraga ringan dan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk menyegarkan diri sebelum berangkat sekolah. Namun, meski olahraga ringan sebelum berangkat sekolah bisa menjadi alternatif menjaga kesehatan, harus diperhitungkan juga waktu dan energi yang dihabiskan untuk melakukannya. Jangan sampai karena terlalu lama berolahraga, energi yang dihabiskan terlalu besar sehingga kelelahan.

Be the first to write a comment.

Your feedback