Masa-masa ketika sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi tak boleh terlewatkan begitu saja. Kamu harus mengisinya dengan segala hal yang bermanfaat. Sayangnya, banyak mahasiswa yang belum memahami pentingnya mengisi sela-sela waktu kuliah dengan hal yang bermanfaat.

Pada akhirnya, banyak mahasiswa yang merasa bahwa kuliah yang selama ini mereka jalani ternyata sia-sia. Mereka tidak mendapatkan pelajaran apapun. Nah, jangan sampai seperti ini, ya. Supaya tidak terjadi hal yang serupa, kamu harus mengetahui tips mudah berikut ini agar kuliah tidak sia-sia:

  1. Cari Teman Sebanyak-Banyaknya

Tips Mudah Agar Kuliah Tidak Sia-Sia
Source: Wikipedia Commons

Cara ini adalah cara jitu agar kuliah tidak sia-sia. Teman yang cukup banyak akan membuat pengetahuan kamu bertambah. Namun, hati-hati dalam berteman, ya. Sebaiknya, bertemanlah dengan orang-orang yang tepat. Jika Anda salah memilih teman selama duduk di bangku perguruan tinggi, maka kamu sebenarnya sedang merugikan diri kamu sendiri.

  1. Jangan Sungkan! Mulailah Menjalin Hubungan Baik dengan Dosen-Dosenmu

Tips Mudah Agar Kuliah Tidak Sia-Sia
Source: Wikimedia Commons

Eits, tips ini bukan untuk caper (cari perhatian) atau “menyuap” dosen, lo. Menjalin hubungan baik dengan dosen wajib kamu lakukan supaya bisa mengetahui tipe dosen-dosen tersebut. Bukankah setiap dosen memiliki watak dan cara mengajar yang berbeda?

Dengan menjalin hubungan baik dengan para dosen, kamu tidak akan kuliah sia-sia. Kamu justru sedang mengepakkan sayap menjadi orang yang lebih diterima di kampus.

  1. Ikut Organisasi atau Kegiatan Mahasiswa? Oke juga!

Tips Mudah Agar Kuliah Tidak Sia-Sia
Source: Wikipedia Commons

Menjalani kuliah jangan hanya pergi ke kampus, pulang, lalu tidur. Manfaatkan waktu luang dengan bergabung ke organisasi atau kegiatan mahasiswa yang kamu sukai. Jika Anda berbakat dan berminat dalam hal olahraga atau bela diri, kegiatan semacam sepak bola, basket, atau taekwondo akan sangat berguna, lo.

Nah, agar kuliah tidak sia-sia, sebaiknya cari tahu minat dan bakatmu, lalu kembangkan melalui kegiatan atau organisasi di kampus. Namun, jangan bergabung dalam terlalu banyak organisasi, ya. Hal ini justru akan membuat kuliahmu lama selesai.

  1. Menjalani Kuliah Sambil Berbisnis? Kenapa Tidak?

Tips Mudah Agar Kuliah Tidak Sia-Sia
Source: Pixabay

Jika kamu memiliki jiwa wirausaha, tak ada salahnya mencoba untuk berbisnis di sela waktu kuliah. Namun, meski berbakat dalam hal ini, jangan sampai terlena, ya. Tugas utama kamu saat masih berada di bangku perkuliahan adalah BELAJAR, bukan BERBISNIS. Ini prinsip, lo. kamu harus memegang prinsip ini agar kuliah tidak sia-sia.

  1. Bertanggungjawablah!

Tips Mudah Agar Kuliah Tidak Sia-Sia
JPhotoStyle.com

Sebagian mahasiswa semangat mengikuti perkuliahan saat masih di semester-semester awal. Namun, di semester-semester selanjutnya, mereka mulai malas dan menjalani perkuliahan dengan seenaknya. Hal ini jangan dicontoh, ya.

Agar kuliah tidak sia-sia, maka kamu harus fokus dan bertanggung jawab dengan pilihan yang telah diambil. Ketika sudah memutuskan untuk menjalani hidup sebagai seorang mahasiswa, maka jangan pernah melupakan tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa.

Banyak hal yang bisa lakukan. Anda bisa mulai menjalin hubungan baik dengan dosen, memperbanyak teman, mengerjakan tugas dengan baik, selalu berangkat kuliah tepat waktu, dan belajar dengan sungguh-sungguh. Jangan khawatir, jerih payah yang kamu lakukan selama di bangku perkuliahan akan terbayar lunas dengan apa yang akan dapatkan di masa depan.

Baca juga:
Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Nah, itulah tadi 5 cara mudah agar kuliah tidak sia-sia. Jangan sampai masa kuliah kamu tidak bermanfaat atau terbuang percuma, ya. Selain mengetahui tips di atas, Ada tips pendidikan lain yang bisa kamu lihat di tautan INI.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY