5 Manfaat Membacakan Cerita Dongeng untuk Anak Sebelum Tidur

0
173
Source - mimipipi
Source - mimipipi

Apakah Anda pernah membacakan cerita dongeng untuk anak Anda sebelum tidur? Jika jawabannya tidak pernah, coba mulai dari sekarang meluangkan waktu 15 menit saja untuk membacakannya satu cerita dongeng sebelum anak tidur. Karena dengan membacakan dongeng, terdapat banyak manfaat di baliknya bagi tumbuh kembang sang anak. Berikut ini akan dipaparkan 5 manfaat membacakan cerita dongeng kepada anak sebelum ia jatuh terlelap dalam tidurnya.

 

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Source - pixabay
Source – pixabay

 

Anak yang sering dibacakan cerita dongeng sebelum tidur akan lebih cepat dalam mempelajari bahasa baru, yang kemudian bisa meningkatkan fungsi kerja otak kanannya, di mana otak kanan adalah tempat mengembangkan kreativitas dan imajinasi seseorang. Tingkat kreativitas dan imajinasi yang tinggi mampu menghasilkan hal-hal yang bersifat inovatif dan orisinal.

Tetapi, kemampuan berbahasa pada anak perempuan dan laki-laki berbeda. Anak perempuan jauh lebih peka dalam mempelajari bahasa, sementara anak laki-laki kemampuan belajar bahasanya mulai berkembang pesat pada usia 2,5-3,5 tahun. Selain itu, dongeng juga dapat membantu anak belajar cara berkomunikasi dengan baik dan benar di lingkungan bermainnya.

 

2. Menanamkan Sifat Baik

source - pixabay
source – pixabay

 

Anak-anak pada umumnya senang mendengarkan cerita dongeng yang dibacakan oleh orang tuanya. Mereka sering penasaran dengan karakter favorit mereka dalam cerita dongeng tersebut. Dengan menceritakan dongeng yang bertema kebajikan di dalamnya, anak Anda pun akan mencontoh kebajikan seperti dalam cerita itu. Masa anak-anak adalah masa kepolosan di mana mereka masih mencari tahu mana yang benar dan mana yang salah. Di masa-masa inilah Anda harus terus berusaha menanamkan sifat baik pada diri anak Anda, agar kelak ia menjadi anak yang mau berbakti kepada orang tuanya.

 

3. Meningkatkan Daya Ingat dan Kemampuan dalam Mendengarkan

Source - pixabay
Source – pixabay

 

Ada beberapa anak yang sulit berkonsentrasi mendengarkan sesuatu dalam waktu lama. Akibatnya, anak tersebut cenderung lebih suka berbicara daripada mendengarkan perkataan orang lain. Dengan Anda rajin membacakan cerita dongeng kepada anak sebelum tidur, anak akan belajar mendengarkan orang lain dengan benar. Bahkan kegiatan mendengarkan itu juga diikuti pemahaman yang kemudian membuat anak dapat fokus dalam waktu lama terhadap sesuatu.

Ketika anak dapat berkonsentrasi, hal ini juga akan meningkatkan daya ingatnya. Dongeng pun menjadi salah satu sarana efektif bagi anak-anak untuk mempelajari nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di masyarakat kita. Untuk mengetes daya ingat sang anak, sesekali cobalah menyuruhnya untuk mengulang kembali dongeng yang telah Anda ceritakan kepadanya dari awal sampai akhir.

 

4. Memperluas Wawasan Tentang Budaya Negara Lain

Source - pixabay
Source – pixabay

 

Anda harus menceritakan dongeng-dongeng yang berasal dari negara lain supaya anak mengetahui bagaimana uniknya budaya dari berbagai negara di dunia. Melalui dongeng, anak memperoleh gambaran tentang dunia luar. Hal ini tentu saja semakin menambah wawasan sang anak menjadi lebih luas.

 

5. Membantu Proses Belajar

Source - mimipipi
Source – mimipipi

 

Ketika anak memasuki dunia sekolah, kerja keras Anda selama ini dalam membacakan cerita dongeng sebelum tidur akan membuahkan hasil yang baik. Siapa yang menyangka, dongeng dapat membantu proses belajar sang anak di sekolah. Karena selama Anda membacakan dongeng, anak terus belajar memahami isi cerita sehingga ketika berada di sekolah pun ia lebih baik dalam memahami isi materi pelajaran yang diberikan oleh guru.

Itulah dia 5 manfaat utama membacakan cerita dongeng kepada anak sebelum tidur. Belum terlambat bagi Anda yang masih memiliki balita di rumah untuk mulai membacakan dongeng pengantar tidur, agar anak Anda bisa merasakan manfaat baik seperti yang telah dijelaskan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here