Pertama Kali Ngekos? Ini yang Harus Anak Siapkan

Jessica,
0
Pertama Kali Ngekos

Alangkah bahagianya saat anak diterima kuliah di universitas unggulan. Sayangnya, karena letak kampus jauh sekali alias di luar kota, mau tidak mau anak harus tinggaldi rumah kos selama kuliah di sana. Orang tua pasti banyak yang cemas ketika anak pertama kali ngekos. Amankah di sana tanpa pengawasan mereka?

Sebenarnya, mengatasi perasaan cemas orang tua saat anak pertama kali ngekos tidak serumit persiapan anak untuk ngekos itu sendiri. Nah, bila ini pertama kalinya mereka harus tinggal jauh dari rumah, inilah yang harus anak siapkan:

Minimal tiga bulan sebelum semester pertama, mereka harus latihan di rumah.

Pertama Kali Ngekos
gousto.co.uk

Ciptakan simulasi agar mereka berlatih mandiri sebelum pertama kali ngekos. Misalnya: bagi yang terbiasa dilayani, sekarang harus mengerjakan tugas rumah tangga mereka sendiri. Mereka harus belajar berbelanja, memasak, mencuci pakaian, danmasih banyak lagi. Termasuk juga menghemat pengeluaran bulanan mereka.

Riset rumah kos yang aman di lokasi.

Pertama Kali Ngekos
Quipper.com

Semakin dekat rumah kos ke kampus, semakin aman bagi anak. Mengapa? Selain lingkungan lebih terjaga, anak tidak perlu terlalu jauh pergi ke kampus agar tidak telat kuliah. Selain itu, rumah kos yang hanya untuk penyewa satu gender (misalnya: khusus laki-laki/perempuan) juga mengurangi kemungkinan pergaulan bebas.

Lebih baik lagi bila rumah kos dekatdengan klinik, warung, hingga pos keamanan. Anak tidak perlu terlalu jauh mencari dokter bila kebetulan sedang sakit atau berbelanja keperluan bulanan.

Mencari pekerjaan paruh-waktu atau freelance.

Pertama Kali Ngekos
washingtonexaminer.com

Berhubung anak akan jauh dari orang tua untuk pertama kalinya, sekalian saja ajak mereka untuk belajar mencari uang sendiri. Tentu saja, karena kuliah harus tetap jadi fokus utama, pekerjaan mereka cukup paruh-waktu atau freelance saja.

Misalnya: menjadi penulis konten di media digital, menjaga warung di lokasi kosan saat sedang tidak kuliah, hingga mencoba berjualan pernak-pernik.

Menetapkan jadwal komunikasi yang konsisten.

Pertama Kali Ngekos
utahpeoplespost.com

Meskipun percaya dengan anak saat mereka pertama kali ngekos, tidak ada salahnya menetapkan jadwal komunikasi yang konsisten sesuai kesepakatan bersama. Misalnya: video call setiap dua minggu atau sebulan sekali. Hal ini untuk mengingatkan anak bahwa mereka masih dipantau oleh Anda meskipun jauh.

Siap dengan hukuman orang tua bila melanggar salah satu kesepakatan selama mereka ngekos.

Pertama Kali Ngekos
berkshireeagle.com

Ini memang tidak ideal, karena orang tua mana yang tega membuat anak mereka susah?Namun, anggap saja ini sebagai pembelajaran mereka untuk hidup mandiri sekaligus bertanggung jawab.

Misalnya: anakt erbukti boros dan sudah meminta uang bulanan sebelum waktunya. Anda bisa memberi hukuman tanpa perlu terlalu menyusahkan anak. Misalnya: mengisi pulsa ponsel mereka setengah harga dari biasanya.

Siap konsisten menjaga kebersihan kamar.

Pertama Kali Ngekos
scienceabc.com

Anak bisa disuruh pulang setiap libur semester. Sebelum semester baru dimulai, Anda dapat mengunjungi rumah kos mereka untuk mengecek segala sesuatu. Misalnya :apakah anak tetap rajin menjaga kebersihan kamar? Apakah mereka mencuci pakaian sendiri dan tidak membayar jasa laundry terdekat?

Untuk orang tua: Tetaplah menjalin komunikasi baik dengan pihak administrasi kampus.

Kadang anak suka lupa saat jauh dari orang tua. Padahal, bila mereka nekat membolos atau bermasalah, orang tua tetap bisa tahu. Menjalin komunikasi yang baik dengan pihak administrasi kampus adalah salah satu cara tetap mengawasi mereka.

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk memulai hidup mandiri. Jadikan pengalaman pertama kali ngekos anak sebagai pelajaran berharga menjelang masa dewasa. Saat mereka sudah bekerja dan tinggal sendiri nanti, mereka yang akan merasakan manfaatnya.Yang pasti, mereka juga akan membuat Anda merasa bangga.

Be the first to write a comment.

Your feedback