7 Tips Maksimalkan Dana Kuliah bagi Mahasiswa

Jessica,
0
Maksimalkan Dana Kuliah

Bukan hanya sekadar menghemat untuk mengurangi beban orang tua, mengelola keuangan juga sangat penting bagi mahasiswa untuk melatih kemampuan manajemen. Selain menghabiskan pengeluaran dalam jangka panjang, ada masa-masa tertentu ketika biaya yang harus kamu bayar lebih tinggi dari biasanya. Sebelum awal perkuliahan dimulai, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk maksimalkan dana kuliah yang kamu punya.

Rajin Mencari Diskon untuk Mahasiswa

Maksimalkan Dana Kuliah

dagangadil.com

 

Tidak hanya ongkos, ada banyak diskon khusus mahasiswa yang bisa kamu dapatkan. Perusahaan-perusahaan elektronik produsen laptop hingga ponsel juga kadang memberikan harga khusus bagi kamu yang menunjukkan kartu mahasiswamu. Ini merupakan salah satu cara untuk maksimalkan uang kuliah kamu semester ini.

Bersenang-senang, Tapi…

Maksimalkan Dana Kuliah

campusrec.fsu.edu

 

Tugas utamamu di kampus memang untuk belajar. Tapi tidak ada yang melarang untuk mencari hiburan. Tentu saja tanpa harus mengabaikan misi untuk maksimalkan dana kuliah kamu.

Untuk yang suka olahraga, banyak kampus menyediakan fasilitas seperti kolam renang, gym, lapangan sepakbola atau basket hingga menyediakan perlengkapannya. Ini tentu saja menjadi opsi yang bagus daripada kamu harus membayar biaya bulanan untuk keanggotaan sebuah fitness club. Jika kamu hobi menonton pertunjukan teater atau suka membaca, kampus juga pasti punya sarana untuk memfasilitasi hobimu itu.

Memasak

Maksimalkan Dana Kuliah

besthealthmag.ca

 

Jika di asrama atau rumah kost kamu menyediakan dapur, maka memasak bisa jadi salah satu cara maksimalkan dana kuliah yang ada. Ketimbang harus makan di luar setiap hari, memasak sendiri benar-benar terbukti bisa memangkas banyak pengeluaran. Selain itu, makanan yang dimasak sendiri tentu saja jauh lebih sehat ketimbang harus berlangganan junk food.

Pangkas Pengeluaran untuk Buku Kuliah

Maksimalkan Dana Kuliah

fakingnews.com

 

Banyak mahasiswa setuju bahwa buku literatur adalah hal yang paling banyak menguras uang kuliah. Mengingat ada banyak buku yang mungkin hanya akan kamu gunakan selama satu semester saja, sebaiknya kamu pintar-pintar mencari solusi selain membeli.

Perpustakaan kampus adalah tempat yang menyediakan hampir semua buku kebutuhan mahasiswa. Kamu juga bisa meminjam buku milik kakak senior atau memanfaatkan situs-situs penyedia bahan kuliah gratis dan legal seperti gutenberg.org, freebookspot.es dan lain sebagainya.

Jangan Malas Bergerak

Maksimalkan Dana Kuliah

today.uic.edu

 

Jika kamu tinggal di sekitar kampus, bersepeda adalah salah satu opsi yang bagus untuk berangkat kuliah. Selain lebih sehat, bersepeda juga bisa mengurangi biaya yang harus kamu keluarkan untuk transportasi.

Jangan malas mencari informasi organisasi keolahragaan di kampus seperti klub renang atau komunitas bersepeda. Selain bisa berolahraga, kamu bisa menemukan rekan-rekan yang satu minat denganmu.

Belanjalah dengan Cerdas

Maksimalkan Dana Kuliah

masihmikirinnamanya.blogspot.com

 

Belanja tanpa rencana adalah salah satu penyebab orang-orang sering ‘kebobolan’ saat masuk ke supermarket. Sebelum kamu berangkat, coba pikirkan apa yang ingin kamu beli dan apa saja yang sudah habis. Dengan membuat catatan, kamu jadi tahu apa prioritasmu dan kamu bisa menghindari membeli barang-barang yang tidak berguna. Perencanaan belanja ini akan sangat membantumu untuk maksimalkan dana kuliah yang ada.

Perhatikan dengan Baik Pengeluaranmu

Maksimalkan Dana Kuliah

studybreaks.com

 

Sembari mencari berbagai penawaran khusus mahasiswa dan menghemat pengeluaran, jangan lupa mencatatnya dalam buku khusus. Kamu bisa mencatatnya secara manual atau menggunakan aplikasi pengatur keuangan. Catat sekecil apapun uang yang kamu keluarkan dan lakukan evaluasi setiap minggu. Dari sini kamu bisa memperoleh gambaran sebera efisienkah caramu maksimalkan dana kuliah.

Faktanya kuliah memang tidak murah tapi bukan berarti kamu tidak bisa menyiasati pengeluaranmu. Dengan beberapa tips di atas, rajin melakukan riset dan berpikir kreatif, kamu pasti bisa maksimalkan dana kuliah tanpa harus kehilangan masa-masa indah di kampus. Yang terakhir, jangan lupa menabung di awal bulan dan disiplinlah. Selamat mencoba!

Be the first to write a comment.

Your feedback