Kuliah Sambil Kerja? Jangan Ragu, Simak 6 Tips ini

Jessica,
0
Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja? Kenapa tidak. Selain dapat pengalaman baru, Anda juga akan mendapatkan penghasilan dari keringat sendiri. Jangan ragu, karena banyak mahasiswa yang pernah melakukannyadan mampu lulus tepat waktu, bahkan berprestasi.

Namun tunggu dulu, kuliah sambil kerja bukan sesuatu yang bisa dsepelekan. Kalau Anda tidak bisa mengatur waktu dan menjaga kesehatan dengan baik,akibatnya akan fatal. Kuliah bisa keteteran dan kesehatan bermasalah. Nah, untuk mengantisipasinya, berikut ini 6 tips yang perlu Anda perhatikan agar dapat kuliah sambil kerja tanpa mengorbankan kuliah.

Memilih Pekerjaan Sesuai Passion

Kuliah Sambil Kerja

idntimes.com

 

Sebelum memilihkuliahsambilkerja, pastikan bahwa pekerjaan yang Anda ambil adalah yang Anda inginkan dan tidak bentrok dengan jadwal kuliah. Jangan sampai nantinya pekerjaan itu justru akan membuat Anda stres dan mengganggu kuliah.

Anda bisa memilih pekerjaan sesuai hobi atau pekerjaan yang berhubungan dengan kuliah. Seperti hobi fotografi sebagaipekerjaan sambilan atau mungkinguru les kalau Anda dari jurusan pendidikan guru.

Mengatur Jadwal Harian

Kuliah Sambil Kerja

jurusankuliah.info

 

Saat sudah mantap memutuskan akan kuliah sambil kerja, hal pertama yang harus diperhatikan adalah manajemen waktu. Tidak mampu mengatur waktu bukan hanya akan berdampak pada kuliah, tapi pekerjaan dan kesehatan. Makan dan istirahat yang tidak teratur, tugas kuliah dan pekerjaan terabaikan. Di kelas ketinggalan lalu datang kerja sering terlambat hingga kesehatan yang menurun, tentu Anda tidak ingin seperti ini.

Pastikan Anda dapat mengatur waktu dengan baik, sehingga tidak ada yang keteteran. Bahkan Anda juga perlu mengatur waktu untuk sesekali liburan sehingga terhindar dari stres akibat aktivitas yang padat.

Menentukan Prioritas

Kuliah Sambil Kerja

kinibisa.com

 

Memilih kuliah sambil kerja, itu artinya Anda sudah siap dengan risiko nyaris tidak memiliki waktu luang. Waktu luang mungkin saja tetap ada, tapi jelas tidak sebanyak teman Anda yang tidak kerja. Jalan-jalan ke mal atau sekadar nongkrong tidak bisa dilakukan kapan saja karena ada prioritas yang harus diutamakan.

Salah satu yang harus diprioritaskan tentu saja tugas kuliah. Biasakan untuk tidak menunda-nunda waktu. Semakin cepat Anda menyelesaikannya maka akan semakin baik.

Istirahat yang Cukup

Kuliah Sambil Kerja

k-link.co.id

 

Kerja sambil kuliah tidak berarti waktu istirahat harus terkuras. Istirahat tetap adalah hal yang penting. Istirahat yang kurang akan berdampak pada kesehatan, dan akan membuat kuliah dan pekerjaan Anda tidak maksimal. Setidaknya, luangkan waktu 8 jam sehari untuk tidur.

Manfaatkan Waktu Kerja Sebaik Mungkin

Kuliah Sambil Kerja

dbs.com

 

Kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Banyak orang setuju dengan hal itu. Ketika teman seusia Anda masih asyik kuliah dan mungkin minta uang jajan dari orang tua, Anda sudah bisa mandiri dan mengerti bagaimana kerasnya dunia kerja. Dengan pengalaman seperti ini, Anda akan ditempa dan semakin dewasa.

Jangan lupa juga untuk menjalin hubunan dengan siapa saja. Dunia kerja juga bisa menjadi tempat Anda menambah relasi yang mungkin saja akan berguna di masa depan. Mungkin saja orang tua siswa les Anda saat ini ternyata adalah rekan bisnis Anda di masa depan. Who knows?

Refreshing!

Kuliah Sambil Kerja

shutterstock.com

 

Jangan sepelekan liburan. Meskipun sederhana, nyatanya ini sangat penting. Setelah lelah bekerja dan mengerjakan tugas kuliah selama seminggu, manfaatkan weekend Anda untuk liburan seutuhnya. Sesekali badan dan pikiran juga perlu dimanjakan.

Tidak melulu ke pantai atau ke tempat yang jauh, liburan di rumah juga bisa. Anda bisa memanfaatkan waktu dengan membaca buku, jalan pagi atau sekadar berkumpul dengan orang-orang terdekat. Manfaatkan me time Anda sebaik mungkin.

Nah, apa Anda sudah siap memilih kuliah sambil kerja?

Be the first to write a comment.

Your feedback