Yuk, Simak Keterampilan Kerja yang harus Dimiliki sebelum Lulus Kuliah!

Jessica,
0
Keterampilan Kerja

Sudahkah kamu menyiapkan diri untuk bersaing di dunia kerja? Ketatnya persaingan di dunia kerja pertanda bahwa kamu harus lebih terdepan dalam menguasai banyak keterampilan kerja. Hal ini bertujuan agar perusahaan tempat kamu melamar kerja mempertimbangkan dan memilih kamu untuk bekerja di sana. Berikut ini adalah beberapa keterampilan kerja yang harus kamu asah dan dimiliki sebelum lulus kuliah.

  1. Menggunakan komputer

Keterampilan Kerja

Pixabay.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu syarat untuk melamar kerja di posisi tertentu di sebuah perusahaan adalah kemampuan menggunakan komputer. Dunia kerja tidak bisa dipisahkan dari komputer dan koneksi internet. Untuk itu, kamu diharuskan menguasai minimal program microsoft office agar bisa bekerja. Perusahaan akan lebih mempertimbangkan pelamar yang memiliki kemampuan menggunakan beberapa program yang dibutuhkan untuk mendukung pengoperasian data di perusahaan.

  1. Menguasai bahasa asing

Keterampilan Kerja

spunout.ie

Keterampilan kerja lainnya yang harus kamu kuasai sebelum lulus kuliah adalah keterampilan menggunakan bahasa asing. Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang wajib kamu kuasai. Menguasai bahasa asing lain seperti Bahasa Mandarin akan menjadi nilai tambah saat kamu melamar pekerjaan. Oleh karena itu, kamu harus tekun belajar dan menguasai bahasa asing tersebut. Kemampuan berbahasa asing kamu juga harus dibuktikan dengan adanya sertifikat supaya perusahaan tempat kamu melamar lebih percaya dengan kemampuanmu dalam berbahasa asing.

  1. Memiliki kemampuan mengetik cepat

Keterampilan Kerja

Futureloka.com

Keterampilan lain yang harus kamu miliki sebelum lulus kuliah yang dibutuhkan di dunia kerja adalah kemampuan mengetik cepat. Kemampuan mengetik cepat sangat dibutuhkan jika kamu akan bekerja di perusahaan.

Kebanyakan atasan akan menyuruh kamu untuk menulis laporan atau menyiapkan bahan untuk presentasi dalam tenggat waktu yang singkat. Kemampuan mengetik cepat akan membantumu menghemat waktu dan membuat kamu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Kuasai kemampuan ini sebelum kamu lulus kuliah dan jangan lupa tuliskan ini di resumemu.

  1. Memiliki kemampuan mengedit dan membuat desain

Keterampilan Kerja

microcyber2.com

Banyak perusahaan yang mencari karyawan yang memiliki kemampuan untuk mengedit gambar dan membuat desain. Tidak ada salahnya menambahkan kemampuan mengedit dan membuat desain ini dalam keterampilan kerja yang kamu miliki.

Jika kamu menguasai keterampilan ini, kamu berpotensi untuk dapat diterima kerja di banyak perusahaan, seperti perusahaan yang bergerak di bisnis startup sampai perusahaan berskala multinasional. Jadi, kuasai kemampuan kerja ini supaya mudah diterima kerja.

  1. Menguasai bahasa pemrograman

Keterampilan Kerja

TeknoJurnal.com

Dunia kerja sekarang ini sangat bergantung pada perkembangan teknologi dan internet. Jika kamu memang kuliah di jurusan teknologi informasi, kamu harus benar-benar menguasai bahasa pemrograman (coding). Selain itu, kamu juga harus selalu memperbarui keterampilan kamu dengan ilmu pendukung yang bisa membantu kamu tetap melek terhadap perkembangan dunia industri kreatif digital. Kamu bisa mengikuti pelatihan atau seminar-seminar yang berhubungan dengan bahasa pemrograman dan pengembangan aplikasi-aplikasi pada telepon pintar.

  1. Menguasai keterampilan berbicara di depan umum

Keterampilan Kerja

SmallBizClub.com

Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) sangatlah penting dalam menunjang penampilan ketika kamu mencari kerja. Dengan memiliki keterampilan ini, kamu akan lebih percaya diri. Kemampuan berbicara di depan umum sangat membantu ketika kamu akan mempresentasikan sebuah produk atau menawarkan klien untuk berinvestasi di perusahaanmu bekerja. Asah terus kemampuan berbicara kamu saat kamu masih kuliah.

Keterampilan kerja mana yang sudah kamu kuasai? Jika masih banyak keterampilan yang belum kamu kuasai, pelajari terus saat masih kuliah. Keterampilan-keterampilan ini akan menjadi modal utama kamu dalam mencari kerja saat lulus kuliah nanti.

Be the first to write a comment.

Your feedback