Mau Dapat Kursus Gratis Bidang Apa Saja dari Universitas Ternama Dunia? Kunjungi Situs Berikut!

Jessica,
0
Source - digit.hbs

Belajar di universitas ternama dunia tentunya menjadi impian banyak orang. Siapa sih yang tidak ingin belajar di kampus terbaik yang alumninya telah menjadi para pemimpin, pebisnis, ilmuwan, penemu, dan orang-orang terkaya dunia? Tak perlu risau kalau Anda belum mendapat kesempatan itu. Sekarang Anda dapat mengikuti kursus gratis yang diselenggarakan oleh universitas-universitas tersebut.

Kursus ini tersedia secara online dan dikenal luas dengan sebutan MOOC (massive open online course). Kursus bisa diakses dari mana saja, termasuk Indonesia. Melalui kursus tersebut, Anda akan mendapat gambaran seperti apa materi yang diberikan saat kuliah di luar negeri.

Tertarik mengambil kursus gratis berbahasa Inggris tersebut? Langsung saja kunjungi situs-situs berikut.

1. EdX

Source - techspot

Source – techspot

 

Situs kursus gratis yang pertama adalah EdX yang diluncurkan pada tahun 2012 oleh dua universitas ivy league di Amerika Serikat, Harvard dan MIT. Reputasi kedua universitas tersebut tak perlu diragukan lagi. Keduanya merupakan universitas yang berulang kali menempati peringkat pertama dalam berbagai daftar peringkat universitas terbaik dunia.

Pada tahun 2017, EdX telah menawarkan lebih dari 1.300 kursus di bidang ilmu sosial dan humaniora, ilmu alam, matematika, komputer, teknik, dan banyak lainnya. Kursus gratis ini tidak hanya berisi kuliah melalui video dan materi, tetapi juga forum diskusi atau bahkan ujian. Yang menarik, Anda dapat mengambil kursus yang telah selesai dengan cara mempelajari arsip kursus bersangkutan.

Kursus di EdX disediakan oleh puluhan universitas ternama dunia. Selain Harvard dan MIT, telah bergabung universitas kenamaan lain dari Amerika, Eropa, Australia, dan Asia. Tertarik untuk bergabung dengan 10 juta orang lainnya yang telah belajar di situs ini? Segera saja daftarkan diri Anda ke Edx.org!

 

2. Coursera

Source - digit.hbs

Source – digit.hbs

 

Selain EdX, situs kursus gratis berskala internasional yang paling populer adalah Coursera. Dibangun pada tahun 2012 oleh dua profesor komputer Universitas Stanford, Coursera sampai saat ini telah menawarkan lebih dari 2.000 kursus dalam berbagai bidang. Situs ini didukung oleh 149 universitas terbaik dunia dari 29 negara, di antaranya Universitas Yale, Manchester, Utrecht, dan  Tokyo.

Kursus di Coursera dilakukan oleh pengajar melalui video, tulisan yang biasanya bisa diunduh secara gratis, dan forum diskusi. Kalau mendaftar kursus secara gratis, Anda tidak akan mendapat sertifikat di akhir kursus. Namun, kalau Anda membayar antara 22-99 USD, Anda akan diberi sertifikat lulus kursus.

Pada tahun 2017, telah ada lebih dari 25 juta orang terdaftar sebagai pelajar di situs ini. Kalau Anda mau ikut bergabung dengan mereka, caranya mudah. Kunjungi Coursera.org, buat akun secara gratis, dan daftarkan diri Anda ke kursus yang diminati.

 

3. FutureLearn

Source - britishcouncil

Source – britishcouncil

 

FutureLearn dibuat tahun 2013 dan dimiliki sepenuhnya oleh Open University, Inggris. Melalui situs ini, universitas tersebut menawarkan pembelajaran inovatif dan mendalam dalam berbagai bidang. Kursus di situs ini cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan karier atau memperdalam pengetahuan di bidang Anda.

Open University juga bekerja sama dengan lembaga lain dalam menyediakan kursus gratis, misalnya dengan Universitas Leeds, UNSW Sydney, dan RMIT. Setelah mengikuti kursus, Anda dapat membayar sertifikat lalu mengikuti ujian. Jika lulus, Anda akan mendapatkan sertifikat terakreditasi.

Yang menarik, Open University juga banyak menawarkan e-book gratis sehingga FutureLearn pun semakin lengkap. Langsung saja kunjungi Futurelearn.com kalau Anda tertarik. Telah ada hampir 6 juta pelajar lain di sana.

Itulah ketiga situs yang menjadi platform kursus gratis dari universitas ternama dunia. Kalau Anda merasa kemampuan bahasa Inggris Anda belum memadai, Anda juga dapat meningkatkan kemampuan di situs tersebut. Jangan lewatkan kesempatan berharga ini ya!

Be the first to write a comment.

Your feedback