Ketika Remaja Masuk SMP, Yuk Lakukan 6 Hal Ini Untuk Mendukungnya

Jessica,
0
Ketika Remaja Masuk SMP

Ketika remaja masuk SMP, ada banyak perubahan yang akan terjadi pada diri mereka. Anak Anda kemungkinan besar akan mengalami fase pubertas yang membuat kehidupannya berubah. Seperti yang diketahui, masa pubertas adalah fase yang melelahkan dan  penuh drama. Tanpa dukungan yang baik, seorang remaja bisa saja kehilangan rasa percaya diri dan semangat untuk menikmati masa sekolah. Tentu saja, peran orang tua sangat diperlukan dalam hal ini. Berikut adalah enam hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukungnya.

Rutin hadir pada rapat wali murid

Ketika Remaja Masuk SMP

econ.uzh.ch

 

Ketika remaja masuk SMP, orang tua perlu terlibat dalam kegiatan akademis anak. Menghadiri rapat wali murid adalah cara termudah untuk mendapatkan informasi seputar kehidupan anak di sekolah. Kegiatan ini umumnya diadakan satu atau dua kali dalam setahun, terutama saat pembagian rapor.

Sering berkomunikasi dengan guru konseling di sekolah

Ketika Remaja Masuk SMP

steemit.com

 

Jika Anda ingin terus memantau aktivitas anak di sekolah, tak ada salahnya untuk meminta bantuan guru konselingnya. Cara ini juga efektif untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak di sekolah. Apakah dia bisa mengikuti pelajaran dengan baik? Apakah dia aktif bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya? Dengan demikian, Anda pun bisa lebih memahami apa yang diinginkannya. Jika orang tua dan anak memiliki komunikasi yang baik, segala jenis kenakalan remaja pasti dapat dicegah.

Meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekolahnya

Ketika Remaja Masuk SMP

videoblocks.com

 

Meski tampaknya sepele, hal sederhana ini memiliki dampak besar bagi anak Anda. Dia akan merasa bahwa Anda benar-benar memperhatikannya sampai ke detail kecil. Perhatian itu tentu akan membuat dia merasa lebih dekat dengan Anda.

Mendampinginya saat mengerjakan pekerjaan rumah

Ketika Remaja Masuk SMP

Wrightslaw.com

 

Berbeda saat dia masih di sekolah dasar. Ketika seorang remaja masuk SMP, pekerjaan rumah yang mereka terima akan menjadi lebih intens. Akibatnya, anak Anda akan menghabiskan waktu lebih lama untuk mengerjakan tugasnya di rumah. Cara paling mudah untuk membantunya adalah memastikan anak Anda memiliki tempat yang tenang, terang, dan bebas gangguan ketika belajar. Kemudian duduklah bersama anak Anda untuk berbicara tentang pelajaran mereka di sekolah.

Memberikan nutrisi yang tepat untuk tubuhnya

Ketika Remaja Masuk SMP

marthastewart.com

 

Sarapan bernutrisi adalah bahan bakar bagi anak Anda di sekolah. Sediakan makanan kaya energi karena remaja butuh asupan nutrisi yang tepat selama masa pertumbuhan. Berilah dia sarapan sehat yang kaya biji-bijian, serat, dan protein. Anda juga bisa membawakannya bekal untuk disantap saat jam istirahat. Dengan menjaga asupan nutrisi anak setiap hari, Anda dapat membantunya untuk meningkatkan memori otak. Hal itu nantinya akan berpengaruh terhadap seberapa cepat dia mencerna pelajaran.

Mengajarkan keterampilan manajemen waktu kepada anak

Ketika Remaja Masuk SMP

duniaku.net

 

Manajemen waktu yang baik dapat menjadi kunci keberhasilan anak saat menimba ilmu di sekolah menengah pertama. Ketika remaja masuk SMP, dia akan dihadapkan pada banyak kegiatan, baik itu yang terkait langsung dengan akademik ataupun aktivitas ekstrakurikuler di luar kelas. Karena keterampilan manajemen waktu tidak secara eksplisit diajarkan di sekolah, anak dapat memperoleh ilmu itu dari orang tua mereka. Anda bisa membantunya untuk mengatur tugas dan mengelola waktu. Dengan demikian, anak Anda tidak akan keteteran ketika harus mengikuti banyak kegiatan di sekolah.

Inilah enam hal yang sebaiknya dilakukan orang tua ketika remaja masuk SMP. Tak seperti di sekolah dasar yang penuh keceriaan anak-anak, kehidupan SMP bisa dibilang sebagai awal dalam masa pubertas remaja. Untuk itu, anak Anda sangat membutuhkan dukungan kedua orang tuanya. Selain dapat mendorongnya untuk lebih berprestasi di sekolah, dukungan Anda akan membuatnya jadi lebih percaya diri.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback