Ini Dia Deretan Cara Seru Membuat Anak Cinta Buku

Jessica,
0
Anak Cinta Buku

Buku adalah jendela dunia, pepatah ini memang benar adanya. Membaca buku dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Sayangnya, di era modern saat ini, banyak anak yang enggan membaca buku dan lebih tertarik pada gawai. Padahal ketika mereka menggunakan gawai, biasanya mereka lebih tertarik kepada permainan yang dapat menghabiskan waktu. Nah, bagaimana caranya agar anak cinta buku dan tidak ketergantungan pada gawainya?

Ciptakan Suasana Membaca yang Menyenangkan

Anak Cinta Buku

sumber : review.bukalapak.com

 

Suasana membaca yang menyenangkan dapat memengaruhi minat baca pada anak. Anda bisa menyediakan ruang baca yang nyaman atau meja baca yang dapat menunjang kegiatan membaca buku mereka. Anda juga perlu menemani atau mendampingi anak ketika mereka belajar atau membaca buku agar terbentuk kedekatan emosional dan kasih sayang saat mereka membaca.

 

Sediakan Buku Digital

Anak Cinta Buku

sumber : pixabay

 

Tidak bisa dimungkiri jika di era digital seperti saat ini, gawai memang sangat menarik bagi anak-anak bahkan orang dewasa. Untuk membuat anak cinta buku, Anda perlu menyediakan fasilitas yang membuat kegiatan membaca menjadi lebih menarik. Salah satu caranya yaitu menyediakan buku digital yang bisa mengeluarkan suara dari pen.

Penggunaan buku digital ini cukup menarik bagi anak, karena dia bisa mendengar aneka suara dan bunyi yang menarik dari pen yang dapat menunjang visualisasi bacaan yang mereka baca. Buku digital ini juga bermanfaat bagi balita yang belum bisa membaca agar nantinya menjadi anak cinta buku.

Biasakan Membaca Buku Setiap Hari

Anak Cinta Buku

sumber : hellosehat.com

 

Biasakan membaca buku setiap hari agar anak nantinya tumbuh menjadi generasi yang menyukai buku. Anda bisa membacakan buku dongeng atau cerita sebelum tidur ketika mereka masih balita. Sementara ketika mereka sudah masuk bangku sekolah, Anda bisa menemani mereka membaca setiap sore atau malam hari untuk membangun kebiasaan menyukai buku.

Kaitkan Cerita Buku dengan Kehidupan Nyata

Anak Cinta Buku

sumber : bukalapak.com

 

Saat membaca buku, kaitkan cerita di dalam buku dengan kejadian atau kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membuat anak lebih mudah mengerti isi buku dan membuatnya lebih menyukai kegiatan membaca.

Sediakan Buku yang Bervariasi

Anak Cinta Buku

sumber : lilchelstuff.blogspot.com

 

Buku yang bervariasi dengan berbagai tema juga dapat menunjang kecintaan anak terhadap buku dan meningkatkan minat baca. Anda perlu menyediakan buku yang bervariasi agar anak tidak mudah bosan dan pengetahuannya pun semakin luas.

Gunakan Permainan untuk Menarik Minat Baca Anak

Anak Cinta Buku

sumber : kompasiana.com

 

Anak-anak sangat suka bermain. Anda pun dapat memanfaatkan permainan untuk mendidik anak agar menyukai buku dan kegiatan membaca. Misalnya, Anda bisa menggunakan dadu yang bertuliskan seri judul seri buku. Setelah dadu dilempar, akan muncul judul buku yang akan Anda baca bersama anak. Cukup mudah dan menarik bukan?

Permainan sederhana lainnya yang bisa Anda coba untuk membuat anak cinta buku adalah permainan ular tangga yang dimodifikasi. Anda bisa menempelkan judul buku pada papan ular tangga. Nantinya satu di antara judul buku tersebut yang terpilih saat permainanlah yang akan Anda baca bersama buah hati tercinta.

Berikan Penghargaan Jika Anak Selesai Membaca Buku

 Anak Cinta Buku

sumber : pixabay.com

 

Memberikan penghargaan saat anak berhasil membaca satu buku, dapat memotivasi anak untuk membaca buku-buku yang lain. Misalnya, Anda bisa memberikan satu bintang setiap kali anak selesai membaca satu buku, jika dia berhasil mengumpulkan sekian bintang maka Anda akan memberikan es krim atau mainan kesukaannya. Penghargaan tersebut bisa membuat anak termotivasi sehingga tumbuh menjadi anak yang menyukai buku.

Ternyata membuat anak cinta buku cukup mudah kan? Selamat membaca bersama buah hati Anda.

Be the first to write a comment.

Your feedback