Daftar Kesalahan Mahasiswa yang Membuatnya Tidak Lulus Tepat Waktu

Jessica,
0
Tidak Lulus Tepat Waktu

Setiap mahasiswa tentu ingin lulus kuliahtepat waktu dan meraih gelar sarjana segera mungkin, namun tidak sedikit mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu. Hal ini sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, namun banyak diantaranya karena kesalahan mahasiswa itu sendiri. Berikut daftar kesalahan mahasiswa yang membuat masa studinya memanjang dan tidak lulus sesuai waktu yang diharapkan:

Suka Menunda Tugas

Tidak Lulus Tepat Waktu

popbela.com

 

Salah satu penyebab mahasiswa tidak lulus tepat waktu adalah kegemarannya menunda tugas. Tugas yang dikerjakan secara terburu-buru  saat mendekati tenggat waktu, tentu hasilnya berbeda dengan tugas yang dikerjakan secara maksimal jauh hari sebelumnya. Jika nilai tugasnya kurang, nilai mata kuliah tentu juga terpengaruh. Jika nilai mata kuliah kurang dari batas kepatutan maka mahasiswa wajib mengikuti semester pendek untuk memperbaikinya.

Tidak Memperbaiki Nilai yang Kurang di Semester Awal

 Tidak Lulus Tepat Waktu

hipwee.com

 

Nilai mata kuliah yang kurang sebaiknya diidentifikasi sejak semester awal dan segera diperbaiki. Kebanyakan mahasiswa enggan memperbaiki nilai pada semester awal karena menganggapnya terlalu dini. Namun seiring dengan berjalannya waktu, terkadang mereka terlena dan tidak memperbaiki nilai tersebut. Akhirnya, saat menjelang kelulusan dan ada nilai mata kuliah yang kurang dari batas kepatutan maka mahasiswa harus memperbaikinya terlebih dulu. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan membuatnya tidak lulus tepat waktu.

Terlalu Sibuk Berorganisasi

 Tidak Lulus Tepat Waktu

liputan6.com

 

Berorganisasi dan mengikuti ekstrakurikuler kampus dapat memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa. Berorganisasi dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk bekerja di dalam tim, kemampuan adaptasi, memupuk rasa percaya diri dan kemampuan bernegosiasi. Namun, jika terlalu sibuk berorganisasi dan tidak mampu memanajemen waktu dengan baik, nilai mata kuliahnya dapat terancam. Terkadang mahasiswa terlalu fokus pada kegiatan organisasinya, akibatnya nilai mata kuliah dan prestasi akademiknya terabaikan. Jadi, boleh saja berorganisasi, bagus malahan asalkan bisa  membagi waktu dengan baik dan efektif.

Sibuk Pacaran atau Hangout Bersama Teman

Tidak Lulus Tepat Waktu

hipwee.com

 

Memiliki kekasih hati saat menduduki bangku kuliah merupakan sesuatu yang wajar. Namun, terkadang kesibukan melalukan aktivitas bersama pacar seperti jalan-jalan, nonton dan lainnya yang terlalu sering dapat mengganggu konsentrasi belajar. Belum lagi agenda jalan-jalan atau hang out bersama  teman-teman yang kadang sangat menyita waktu. Jadi, usahakan memiliki waktu yang berimbang antara belajar, bermain, dan jalan bersama pacar.

Enggan Konsul ke Dosen Pembimbing

 Tidak Lulus Tepat Waktu

duniadosen.com

 

Saat memasuki semester akhir dan berhadapan dengan tugas akhir atau skripsi, mahasiswa harus sering konsultasi ke dosen pembimbing. Pada masa inilah godaan malas sangatlah besar karena sudah tidak ada lagi jadwal kelas yang terjadwal, semua proses tergantung dari kemauan mahasiswa sendiri.

Dosen pembimbing skripsi yang didapat terkadang juga merupakan dosen yang sibuk, jadi mahasiswa harus rajin dan sabar untuk berkonsultasi. Jangan patah semangat jika saat konsultasi banyak revisi yang didapat, percayalah jika diperbaiki dengan semangat dan benar, suatu saat dosen pembimbing akan memberikan tanda persetujuan untuk ujian akhir.

Tidak Memiliki Target yang Jelas

Tidak Lulus Tepat Waktu

steemkr.com

 

Memiliki target yang jelas saat kuliah seperti IPK minimal yang ingin didapat dan berapa tahun maksimal masa studi yang akan ditempuh, sangatlah penting. Target ini dapat membantu mahasiswa mencapai prestasi akademik yang lebih baik dan tidak mudah teralihkan oleh hal-hal lain. Disiplin terhadap target yang dibuat dan pandai mengelola waktu merupakan kunci sukses mahasiswa yang ingin menghindari tidak lulus tepat waktu.

Demikian beberapa kesalahan mahasiswa yang membuatnya tidak lulus tepat waktu. Semoga bermanfaat.

Be the first to write a comment.

Your feedback