5 Strategi Mendapatkan Modal Usaha untuk Mahasiswa

Jessica,
0
Modal Usaha untuk Mahasiswa

Mahasiswa identik dengan jiwa muda yang penuh dengan kreativitas. Tidak heran jika saat ini sedang tren bisnis baru yang digarap oleh anak muda yang masih menyandang status mahasiswa. Namun, membangun bisnis ketika menyandang status mahasiswa memang tidak mudah, terutama dalam hal mendapatkan modal. Pasti akan banyak sekali yang menanyakan bagaimana cara mendapatkan modal usahanya? Hal tersebut beralasan karena mayoritas mahasiswa masih mengandalkan uang kebutuhan sehari-hari dari orangtuanya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa? Yuk, simak artikel berikut ini.

Menyisihkan Sebagian Uang Bulanan

Modal Usaha untuk Mahasiswa

fromallcorners.com

 

Jika kamu sudah mempunyai rencana untuk membangun sebuah bisnis, mulai dari sekarang kamu bisa menyisihkan uang bulanan sedikit demi sedikit untuk modal usaha kamu. Uang dari orang tua merupakan satu-satunya sumber dana kamu saat ini untuk modal usaha. Kamu bisa menyisihkan sekitar 10 persen sampai 20 persen dari uang bulanan untuk ditabung. Agar uang usaha kamu aman, sebaiknya pisahkan dari rekening pribadi, ya.

Bekerja Paruh Waktu

Modal Usaha untuk Mahasiswa

beautynesia.id

 

Cara lain mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa adalah bekerja paruh waktu. Kamu bisa bekerja menjadi tutor di tempat les bimbingan belajar atau bekerja di kedai kopi atau restoran cepat saji. Selain itu, kamu juga bisa bekerja untuk dosen kamu dengan mengerjakan proyek-proyek penelitian dari dosen tersebut. Jadi, kamu tidak hanya akan mendapatkan uang tetapi juga kamu akan menambah ilmu baru.

Join Modal dengan Teman

Modal Usaha untuk Mahasiswa

Sipolos.com

 

Tren membangun bisnis di kalangan anak muda adalah mereka membangunnya dengan cara berkelompok. Mereka akan brainstorming bisnis apa yang akan mereka bangun, target penjualan hingga target audiens bisnis mereka. Selain itu, biasanya mereka sudah pernah berbagi dalam membangun bisnis mereka, misalnya yang kuliah bisnis akan memegang peran sebagai “kepalanya” dan yang kuliah di pemasaran akan memegang peran sebagai marketing. Nah, kamu bisa mengajak teman-teman kamu untuk join modal usaha. Biasanya mereka akan mengajak orang tua untuk menjadi investor dalam membangun bisnis mereka.

Mengikuti Kompetisi Wirausaha untuk Mahasiswa

Modal Usaha untuk Mahasiswa

twitter.com

 

Di Indonesia banyak sekali anak muda kreatif yang penuh dengan ide-ide bisnis. Sehingga saat ini setiap tahun banyak universitas yang mengadakan kompetisi wirausaha untuk menumbuhkan semangat jiwa-jiwa wirausahawan di kalangan mahasiswa. Nah, kamu bisa mengikuti ajang kompetisi ini untuk menuangkan ide-ide bisnis yang kamu miliki. Selain itu, kompetisi ini bisa menjadi ajang untuk membuktikan apakah ide bisnis kamu bisa diterima di masyarakat. Jika kamu keluar sebagai pemenang, biasanya kamu tidak hanya akan mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa, tetapi juga akan menjadi wakil Indonesia untuk ajang kompetisi yang lebih tinggi lagi tingkatannya, misalnya tingkat antarnegara.

Mengajukan Proposal kepada Investor

Modal Usaha untuk Mahasiswa

Jurnal.id

 

Salah satu cara mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa adalah mengajukan proposal bisnis kepada investor. Saat ini banyak BUMN atau pebisnis senior yang peduli terhadap wirausahawan kecil yang baru merintis bisnis. Nah, kamu bisa mengajukan proposal bisnis kamu kepada investor untuk mendapatkan modal usaha kamu. Namun, sebelum mengajukan proposal, pastikan kamu sudah memikirkan dengan matang terkait ide bisnis kamu, ya. Hal ini akan sangat memengaruhi tingkat kepercayaan calon investor dalam mengeluarkan sejumlah dana untuk usaha kamu.

Jika kamu memang serius ingin membangun sebuah bisnis, rencanakan dan perhitungkan dengan matang dari sekarang. Selain itu, kunci utamanya adalah jangan mudah menyerah dalam membangun sebuah bisnis. Nah, semoga kelima cara di atas bisa memudahkan dalam mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa.

Be the first to write a comment.

Your feedback