Peran Guru dan Orang tua dalam Pendidikan

Jessica,
0
Peran Guru dan Orang tua

Sebagai orang tua, tentunya Anda menyadari pentingnya pendidikan bagi masa depan anak. Karena alasan tersebut, menyekolahkan anak dengan biaya tinggi pun tidak menjadi masalah, yang penting anak berhasil dan menjadi orang sukses. Tahukah Anda? Keberhasilan pendidikan pada anak bukan hanya tanggung jawab pihak sekolah saja. Namun, diperlukan peran guru dan orang tua untuk mencapai keberhasilan program pendidikan tersebut.

Peran Guru dan Orang tua yang Wajib Anda Ketahui

Peran Guru dan Orang tua

kaaffah.xyz

 

Kolaborasi peran guru dan orang tua dalam pendidikan anak akan membuat hasil yang dicapai lebih maksimal. Adapun tugas masing-masing peran, antara lain:

Orang tua

Peran Guru dan Orang tua

se-lesprivat.weebly.com

 

Setiap orang tua bertanggung jawab terhadap pendidikan dan kesehatan anak di rumah. Untuk itu, orang tua memegang peranan penting dalam mendampingi dan mendidik anak di kehidupan sehari-hari. Tugas orang tua dalam pendidikan anak, antara lain:

  1. Mengontrol jam belajar anak di rumah

Sebagai “guru” di rumah, orang tua diharapkan mampu mengontrol waktu dan cara belajar anak di rumah, mengingatkan anak untuk belajar secara rutin setiap hari, bukan hanya ketika ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, serta meminta anak mengulang pelajaran yang diberikan guru di sekolah.

  1. Memantau kemampuan akademik

Secara berkala, orang tua memeriksa nilai ulangan dan tugas anak.

  1. Memperhatikan kepribadian anak
Peran Guru dan Orang tua

nmbreakthroughs.org

 

Sikap, moral, dan tingkah laku anak menjadi tanggung jawab orang tua. Kepribadian anak di rumah juga akan memengaruhi bagaimana dia bersikap di sekolah.

  1. Membantu anak mengenali dirinya sendiri

Tugas orang tua untuk membantu anak mengenali bakat dan minatnya, membantu anak untuk mengembangkan potensi dirinya, membantu anak merancang masa depan, mendengarkan isi hati dan pikiran anak, membiarkan dia mengambil pilihan hidupnya, membangun mengarahkan anak agar tidak salah mengambil pilihan tanpa menggurui, dan memberikan dukungan moril pada apapun pilihannya.

  1. Menjadi teman curhat bagi anak
Peran Guru dan Orang tua

smartprofinancial.com

 

Ketika remaja, anak sangat membutuhkan dukungan, bimbingan, perhatian, masukan, saran, dan nasihat dari orang tua dibandingkan dari teman-temannya. Karena anak merasa seharusnya memang orang tua yang paling mengenal mereka dan orang tua adalah tempat paling aman untuk menumpahkan segala keluh kesah. Oleh karenanya, perhatian Anda akan sangat berarti bagi anak dan membangun kedekatan yang intim dengan anak.

Pada praktiknya dalam kehidupan sehari-hari, orang tua rentan melakukan kesalahan dalam mendidik seorang anak. Sebagai orang tua, sebaiknya hindari melakukan kesalahan mendidik anak berikut ini:

  • Menumbuhkan rasa takut dan minder pada anak.
  • Mendidik anak menjadi sombong dan tidak bisa menghargai orang lain.
  • Menuruti apapun permintaan anak.
  • Mengajarkan anak berfoya-foya.
  • Mengabaikan anak.
  • Terlalu kaku dan keras pada anak.
  • Pelit dan kurang memberikan kasih sayang sehingga anak mencari pelampiasan di luar.
  • Hanya memperhatikan kebutuhan jasmani anak tanpa mengindahkan kebutuhan rohaninya dan terlalu percaya pada anak.

 

Peran Guru

Peran Guru dan Orang tua

krjogja.com

 

Sebagai tenaga pendidik, tugas utama guru adalah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi masa depan anak. Di samping itu, seorang guru juga diharapkan mampu memberikan pendidikan moral dan sopan santun kepada anak, menanyakan ketika anak mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar, memberikan motivasi belajar, memberikan arah kegiatan belajar, memberikan fasilitas untuk proses belajar anak, dan sebagai penengah terhadap kesulitan belajar maupun bergaul yang mungkin dihadapi anak di sekolah.

Selain perannya terhadap murid, guru juga wajib memberikan laporan perkembangan anak kepada orang tuanya dan berdiskusi dengan orang tua jika ada masalah yang berkaitan dengan anak di sekolah. Ada baiknya jika guru juga melakukan kunjungan ke rumah secara berkala agar tahu bagaimana perkembangan anak didiknya di rumah.

Agar peran guru dan orang tua berfungsi dengan optimal, diperlukan kerja sama yang baik antara keduanya. Selalu komunikasikan kemajuan pendidikan anak Anda dengan bertanya pada guru di sekolahnya, ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback