5 Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

Jessica,
0
Cara mengenali bakat

Bagaimana sih cara mengenali bakat anak sejak dini? Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mengetahui bakat dan minat anak? Bunda, yuk cari tahu cara dengan melalui 5 tips berikut ini.

Melalui Tes Minat dan Bakat

Cara Mengenali Bakat

sumber : vebma.com

 

Tes minat dan bakat menjadi cara paling umum untuk mengetahui potensi anak yang terpendam. Melalui tes minat bakat, anak akan dilihat bagaimana kemampuan dan potensi kecerdasan umum seperti penalaran atau kemampuan berpikir logis. Nah, dari  kemampuan berpikir logis itu nantinya akan diarahkan lagi apakah kelebihan si kecil ada pada kemampuan berhitung ataukah sosial.

Untuk anak usia dini, biasanya tes minat bakat dilakukan dengan banyak cara yang menarik perhatian mereka. Misalnya dengan menggambar, menjawab pertanyaan verbal, bermain puzzle, dan pemahaman soal jumlah/angka. Oh iya Bunda, ada kalanya hasil tes berbeda dengan kemauan anak. Oleh sebab itu, perlu serangkaian usaha lagi agar mengetahui bakat anak yang sebenarnya.

Konsultasi dengan Psikolog

Cara Mengenali Bakat

Sumber : hellosehat.com

 

Siapa bilang konsultasi dengan psikolog hanya dilakukan untuk mereka yang memiliki masalah kepribadian? Kalau ingin tahu cara mengenali bakat anak, Bunda juga bisa berkonsultasi melalui psikolog. Bisa dibilang cara ini merupakan langkah lanjutan setelah anak melakukan serangkaian tes minat dan bakat.

Ya, agar hasil tes minat dan bakat benar-benar valid, ada baiknya hasil tes minat dan bakat tersebut didiskusikan bersama psikolog. Tak hanya mengetahui soal bakat dan minat anak, Bunda juga bisa cari tahu bagaimana kepribadian si kecil. Dengan mengetahui bagaimana karakter anak, ke depannya, Anda bisa menentukan metode apa sih yang pas untuk mendidik mereka.

 

Biarkan Anak Bersosialisasi

Cara Mengenali Bakat

Sumber : duniaanak.wordpress.com

 

Cara mengetahui bakat anak selanjutnya yakni dengan mengajak mereka bersosialisasi dengan orang lain khususnya dengan teman sebayanya. Berikan kesempatan agar anak-anak saling berkomunikasi. Saat berinteraksi dengan teman sebaya biasanya si kecil sangat terbuka untuk menunjukkan kemampuannya. Metode ini juga menjadi langkah yang tepat agar anak bisa saling  bercerita tentang hal-hal yang disukai atau yang tidak disukai.

Karena bakat tidak selalu berhubungan dengan kemampuan akademis, bisa jadi bakat anak lebih mengarah ke hal-hal yang bersifat sosial seperti kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang. Sebagai catatan, ketika membiarkan anak bermain dengan teman sebayanya, mereka juga harus berada dalam pengawasan. Karena teman tak selamanya membawa dampak baik.

 

Beri Kebebasan Memilih

Cara Mengenali Bakat

Sumber : shopee.co.id

 

Memberikan ruang agar anak bebas memilih sesuatu yang diinginkannya menjadi salah satu cara mengenali bakat anak. Di luar sana, banyak orang tua yang salah kaprah dengan bakat si kecil, bahkan cenderung memaksa mereka untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan orang tua tanpa bertanya terlebih dahulu kepada anak.

Sebisa mungkin hindari hal yang seperti itu, ya Bunda. Lebih baik, biarkan mereka bebas memilih, melakukan, dan memainkan hal-hal yang disukainya. Selama aktivitas yang mereka lakukan masih wajar dan berdampak positif, maka tak ada salahnya untuk melarang mereka. Namun, bila kegiatan yang digemari justru membawa dampak negatif, sebaiknya beri penjelasan yang baik agar mereka tak melakukan hal itu lagi.

 

Konsultasi Dengan Guru

Cara Mengenali Bakat

Sumber : ncld.org

 

Oh iya, selain berkonsultasi dengan psikolog, Bunda juga bisa, lho berkonsultasi dengan guru kelas si kecil sebagai cara mengenali bakat mereka. Saat si kecil berada di sekolah, otomatis pengawasan orang tua akan semakin minim. Namun, sebagai gantinya gurulah yang akan menjaga dan mendidik mereka setiap harinya saat di sekolah.

Anda bisa bertanya tentang kelemahan dan kelebihan yang mungkin tak pernah ditunjukkan si kecil saat mereka berada di rumah. Dengan  mengenali karakter anak lebih jauh, Anda turut memahami bakat apa yang sebenarnya mereka miliki. Terlebih, dengan berkomunikasi dengan guru kelas juga menjadi cara untuk mengetahui perkembangan keseharian anak di sekolah.

 

Itulah 5 langkah sederhana sebagai cara mengenali bakat anak sejak dini. Semoga dengan mengenali bakat mereka sejak kecil bisa membantu Anda untuk merencanakan masa depan mereka.

Be the first to write a comment.

Your feedback