Tahukah Anda Akibat Jajan Sembarangan di Luar Kantin Sehat Sekolah?

Jessica,
0
Akibat Jajan Sembarangan

Bisa dibilang bahwa keberadaan makanan mampu meningkatkan potensi kemampuan anak baik di dalam dunia akademis maupun dunia non-akademis. Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak, maka dibangunlah sebuah tempat agar mereka bisa menikmati aneka kudapan yang sehat dan tentu saja aman yang dikenal dengan istilah kantin sehat. Namun, pada kenyataannya, para pelajar kecil tersebut masih saja membeli makanan di luar sekolah. Akibat jajan sembarangan, anak-anak mengalami berbagai macam keluhan kesehatan. Hal ini tentunya juga membawa dampak buruk bagi kembang tumbuh mereka.

Menyebabkan Sakit Perut

Akibat Jajan Sembarangan

Sumber : tigakali.com

 

Seperti yang kita tahu bahwa makanan di luar kantin sehat sekolah tidak begitu higienis atau bersih. Apa yang dimakan anak-anak tadi bisa saja mengandung zat perwarna berbahaya atau sudah dihinggapi lalat yang berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit. Dengan adanya faktor tersebut, bakteri dan kuman bisa saja berkembangbiak lebih cepat. Akibat jajan sembarangan, sudah pasti, anak-anak akan mengalami sakit perut. Gejala yang ditimbulkan bisa saja mulas, panas, hingga tidak enak badan.

Terkena Gangguan Pencernaan

Akibat Jajan Sembarangan

Sumber : autoimuncare.com

 

Selain sakit perut, dampak dari suka jajan sembarangan di luar kantin sehat sekolah, sudah pasti adanya gangguan pencernaan dalam perut. Jika dibiarkan begitu saja, penyakit infeksi usus, kanker, dan peradangan organ dalam  bisa muncul kapan saja. Pada dasarnya,  makanan yang disajikan di luar sekolah kebanyakan mengandung zat yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal yang memprihatinkan adalah ketika para pedagang makanan curang memalsukan makanan sehingga kerugian (dalam hal ini kesehatan) yang ditimbulkan sangat fatal bagi anak-anak.

Membuat Anak Malas untuk Melakukan Sesuatu

Akibat Jajan Sembarangan

Sumber : wajibbaca.com

 

Akibat jajan sembarangan pula, anak-anak juga menjadi malas untuk melakukan berbagai macam  kegiatan baik sekolah atau rumah. Anak menjadi sering mengantuk dan cepat lelah akibat sesuatu hal yang dimakannya di luar kantin sehat sekolah. Kenapa para pelajar kecil menjadi seperti itu karena adanya pengaruh  cacing-cacing yang berasal dari lalat. Beberapa makanan yang disinyalir membawa kuman di antaranya adalah gorengan tidak bersih yang menggunakan minyak berkali-kali dalam proses penggorengan dan aneka kue yang terpapar langsung oleh udara kotor. Kedua jenis makanan  tersebut memengaruhi kesehatan dan perilaku anak.

Mengakibatkan Flu, Demam, dan Batuk

Akibat Jajan Sembarangan

Sumber : jualvitabumin.blogspot.com

 

Perlu Anda pahami bahwa sakit flu, demam, dan batuk tidak hanya ditimbulkan akibat perubahan kondisi cuaca yang tidak menentu saja, namun pada kenyataannya, faktor makanan dan minuman pun bisa menjadi ancaman serius yang tidak bisa diremehkan. Ambil saja contoh es lilin dan es dawet yang sering beredar di jalanan luar sekolah. Biasanya, pedagang nakal tidak menggunakan air bersih dalam proses pengolahannya sehingga banyak bakteri yang berkembang biak di dalamnya.

Hati-Hati dengan Zat Karsinogenik

Akibat Jajan Sembarangan

Sumber : hellosehat.com

 

Dilihat secara sekilas, memang makanan dan minuman di luar sekolah tersebut tampak berwarna-warni dan begitu menarik. Namun, tahukah Anda bahan yang digunakan untuk makanan dan minuman tersebut tidak terlepas dari zat kimia buatan manusia dan zat berbahaya yang bersifat karsinogenik atau pembawa sel kanker. Akibat jajan sembarangan, anak-anak juga bisa terkena penyakit yang tidak diharapkan kehadirannya di kemudian hari. Maka dari itu, langkah pencegahan sedari dini perlu dilakukan sebelum semuanya terlambat.

Mengajari anak untuk tidak membeli dan mengonsumsi makanan dan minuman di luar kantin sehat sekolah adalah hal yang bijak. Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak dampak kesehatan yang bisa memengaruhi prestasi sang anak akibat jajan sembarangan.

Be the first to write a comment.

Your feedback