Ingin Sukses di Bangku SMA? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Ya!

Jessica,
0
Sukses di Bangku SMA

Sebagai seorang pelajar tentunya Anda ingin sukses di bangku SMA, bukan? Sayangnya, kebanyakan pelajar hanya sebatas menginginkan hal tersebut, tetapi kurang diimbangi dengan niat dan tindakan yang tepat. Namun, Anda tak perlu khawatir karena hal tersebut lazim dialami sebagian besar pelajar. Yang paling penting adalah mengubah diri ke arah yang lebih baik agar sukses di bangku SMA.

Nah, bagi Anda yang ingin meraih masa depan cerah, pastikan untuk menghindari kebiasaan buruk penyebab ketidaksuksesan di bangku SMA. Adapun kebiasaan buruk tersebut, antara lain sebagai berikut.

Sering Telat

tips belajar menyenangkan

Sumber : tribratanewsbantul.com

 

Jika Anda ingin sukses di bangku SMA, Anda wajib untuk selalu datang ke sekolah tepat waktu. Jika Anda memiliki kebiasaan sering telat dan tergoda melakukannya hingga akhir masa sekolah, jangan harap Anda akan mendapatkan hasil yang cemerlang.

Ingat, sering telat hanya menyebabkan banyak kerugian pada diri Anda sendiri. Tidak hanya tertinggal mata pelajaran, Anda pun akan dicap sebagai anak yang tidak bertanggung jawab. Sering telat pun mengindikasikan bahwa Anda bukanlah orang yang disiplin. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan lebih dari sekadar niat, tapi juga tindakan.

Ubah kebiasaan telat Anda dengan tidur di bawah jam sepuluh malam. Hindari kebiasaan bermain game atau menonton televisi hingga larut. Begadang tanpa tujuan yang jelas hanya membuang waktu. Lebih baik gunakan waktu tersebut untuk belajar.

Tidak Mengerjakan PR

Sukses di Bangku SMA

Sumber : berita.baca.co.id

 

Jangan anggap remeh tugas yang diberikan oleh guru. PR merupakan kewajiban Anda sekaligus sebagai sarana untuk mengukur kemampuan dan tingkat tanggung jawab Anda. Jika dulu Anda malas mengerjakan PR, mulailah untuk mengerjakannya dengan sungguh-sungguh sesuai kemampuan Anda. Jangan ragu untuk bertanya pada guru atau teman jika merasa kesulitan.

Menyontek

Sukses di Bangku SMA

Sumber : beritagar.id

 

Kebiasaan buruk yang menjangkiti sebagian besar pelajar adalah kebiasaan menyontek. Ada banyak alasan pelajar melakukan tindakan ini, mulai dari malas berpikir hingga takut nilai anjlok. Menyontek tidak hanya buruk dan membuat Anda gagal menjadi pelajar sukses, melainkan juga akan membuat Anda tidak percaya pada kemampuan diri sendiri.

Sangat penting untuk menghentikan kebiasaan menyontek. Jangan biasakan berbuat curang. Mulailah jujur pada diri Anda sendiri. Kerahkan kemampuan Anda, berapa pun nilai yang Anda dapat merupakan hasil kerja keras Anda. Dengan mengetahui nilai Anda sesungguhnya, Anda akan lebih mudah meningkatkan kemampuan diri dengan belajar mandiri, kelompok, maupun mengikuti bimbingan belajar.

Melanggar Aturan

Sukses di Bangku SMA

Sumber : bbmessaging.com

 

Jika Anda ingin sukses di bangku SMA jadilah anak yang patuh, tidak melanggar aturan yang diterapkan sekolah. Melanggar aturan sekali atau dua kali adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda terus menerus sengaja melakukannya, masa depan Anda terancam.

Ingat, setiap pelanggaran memiliki poin hitungan. Di mana semakin banyak Anda melanggar aturan semakin tinggi risiko skorsing. Tak menutup kemungkinan Anda akan di drop out. Agar terhindar dari hal buruk tersebut, patuhi segala peraturan yang ada.

Bolos

Sukses di Bangku SMA

Sumber : batampos.co.id

 

Terkadang menjadi pelajar sangat membosankan dengan beban tugas dan pelajaran yang membuat kepala pusing. Ada sebagian pelajar yang menghibur diri dengan bermain musik atau game, ada pula yang melarikan diri dengan cara membolos sekolah. Jika Anda ingin sukses di bangku SMA, pastikan untuk selalu menghadiri kelas.

Membolos kelas hanya akan merugikan diri Anda. Anda akan ketinggalan materi pelajaran. Belum lagi akan dicap sebagai pembuat onar. Sesulit apa pun pelajaran yang Anda dapatkan, yakinlah bahwa Anda dapat menguasainya. Sikap positif merupakan salah satu tips sukses paling mujarab.

Nah, itulah sejumlah cara mudah yang dapat Anda terapkan agar sukses di bangku SMA. Selalu utamakan kejujuran demi masa depan yang cerah. Selamat berjuang!

Be the first to write a comment.

Your feedback