Dapat 5 Pertanyaan Unik bin Aneh ini saat Wawancara Kerja? Temukan Jawabannya!

Jessica,
0
Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan langkah untuk membuktikan diri Anda layak pada perusahaan yang akan merekrut. Bila Anda salah menjawab pertanyaan, bisa jadi jalan untuk menjadi bagian dari perusahaan impian hanya tinggal kenangan. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh pewawancara. Bukan hanya pertanyaan umum, tetapi juga pertanyaan unik yang dirasa aneh seperti berikut.

  1. Jika bisa, Anda ingin menjadi superhero seperti apa?

Wawancara Kerja

bizjournals.com

Kaget sudah pasti akan Anda rasakan begitu mendapat pertanyaan yang dicetuskan pertama kali oleh At&T, salah satu perusahaan telekomunikasi multinasional Amerika. Pilihan superhero Anda akan menjadi penentu kelayakan Anda menjadi bagian dalam perusahaan.

Ketika pewawancara memberikan pertanyaan seperti itu, bukan ingin melihat kekaguman Anda akan kekuatan superhero yang dipilih dan ingin menjadi seperti superhero tersebut. Akan tetapi, ingin mengetahui bagaimana kepribadian Anda berdasarkan latar belakang superhero tersebut.

Contoh saja, bila Anda memilih Superman, maka pewawancara dapat melihat bila Anda seorang yang supel dan mampu bekerjasama dengan tim, selayaknya Superman yang masih mampu membaur dengan manusia dan melihat kebaikan mereka.

2. Ada berapa ekor sapi di Kanada?

Wawancara Kerja

flairtales.com

Pertanyaan aneh serta unik ini, pertama kali dikeluarkan oleh Google ketika wawancara kerja terhadap salah satu calon pelamar untuk menempati jabatan local data quality evaluator. Beruntungnya, bila Anda mendapatkan pertanyaan ini, jangan takut untuk salah menjawab, sebab tidak ada jawaban benar.

Tujuan pertanyaan tersebut diberikan dalam wawancara kerja ialah untuk melihat seberapa cepat Anda berpikir dalam mengakali jawabannya. Gunakan kalimat perbandingan dengan menebak angka yang dirasa masuk akal. Contoh, pakailah jawaban ‘jika luas Kanada setara dengan United States, maka jumlah sapi di Kanada sekitar 6 juta.’

Anda dapat menggunakan jawaban lain yang serupa untuk membuat pewawancara tertarik.

3. Pernahkah Anda mencuri pulpen?

Wawancara Kerja

jambidaily.com

Jiffy Software dalam mencari kandidat terbaik software architect, memberikan pertanyaan ini dalam wawancara kerja untuk melihat kepribadian calon karyawan. Tujuan pertanyaan tersebut bukan untuk menuduh. Akan tetapi melihat kejujuran serta keberanian Anda dalam mempertanggung jawabkan kesalahan yang telah dilakukan.

Bila Anda menjawab, ‘pernah meskipun tidak sengaja’, sudah bisa dipastikan tidak akan ada panggilan kedua untuk wawancara kerja tahap selanjutnya. Anda sudah tereliminasi dari daftar karyawan perusahaan impian tersebut lantaran tidak berani mempertanggungjawabkan kesalahan yang telah dilakukan. Bila memang tidak pernah mencuri, jawablah dengan jujur dan jelaskan alasannya secara detail. Buat pewawancara tertarik untuk merekrut Anda.

4. Ceritakan, apa isi lemari Anda!

 Wawancara Kerja

kaskus.co.id

Ketika mendapatkan pertanyaan aneh ini, jangan dipikir pewawancara ingin mengetahui barang-barang yang tersimpan dalam lemari Anda. Pewawancara hanya ingin melihat bagaimana respons Anda. Gugup ataukah tenang.

Selain itu, pewawancara juga ingin melihat kemampuan Anda dalam mengorganisasi barang pribadi. Pewawancara pun dapat mengetahui kepribadian serta sifat yang dimiliki. Seorang high profile ataukah low profile. Sesuai dengan karakter yang Anda tampilkan ataukah tidak.

5. Bagaimana cara Anda menimbang seekor gajah tanpa timbangan?

Wawancara Kerja

youthmanual.com

Bingung, sudah pasti. Mengingat tidak mungkin menebak dengan pasti berat gajah tanpa adanya timbangan. Akan tetapi, yang diinginkan oleh pewawancara ketika memberi pertanyaan tersebut ialah kreativitas Anda dalam mencari cara yang berbeda dari cara biasa. Pewawancara pun ingin mengetahui penilaian Anda ketika menemukan data yang tidak lengkap.

Amannya, Anda dapat menggunakan perhitungan debit air untuk menjawab pertanyaan tersebut. Misal, gajah dimasukkan ke dalam kolam yang berisi air penuh. Sebelum gajah dimasukkan, tentu debit air harus diukur terlebih dahulu, setelahnya ketika gajah sudah berada di dalam kolam, jumlah air yang tumpah dan tersisa pun harus diukur. Dari situlah dapat diperkirakan berapa kira-kira masa gajah tersebut.

Itulah 5 pertanyaan unik bin aneh yang mungkin saja Anda temui ketika wawancara kerja. Siapkan diri dan semoga beruntung.

Be the first to write a comment.

Your feedback